Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP

Nutia Rahmatin, Dewi Pramita, Sirajuddin Sirajuddin, Mahsup Mahsup

Abstract


Abstrak: Bahan  ajar yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 3 Mataram dalam pembelajaran matematika adalah buku siswa dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Pembelajaran matematika yang mendorong kemampuan pemecahan masalah masih kurang dan belum  dapat dikembangkan. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar  modul  matematika dengan menggunakan metode CPS  merupakan suatu solusi yang tepat  untuk  membantu  siswa dan guru  dalam  pembelajaran matematika yang bertujuan untukmeningkatkan kemampuan siswa dalam bentuk kreative dan  dalam memecahkan  masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Dengan Metode CPS Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VIII SMP. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas kelayakan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan modul dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Define, Design, Develop, and Disemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan (1) aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total penilaian validator adalah 3,92. (2) Aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata total nilai siswa81,8 dan angket respon siswa dengan persentase sebesar 100% dan (3) aspek keefektifan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu 100%.

 

Abstract: The teaching materials used by teachers in SMP Negeri 3 Mataram in mathematics learning are student books and LKS (Student Worksheets). Mathematical learning that encourages problem solving skills is still lacking and cannot be developed. Therefore, the need for the development of mathematics module teaching materials using the CPS method is an appropriate solution to help students and teachers in mathematics learning that aims to improve students' abilities in creative form and in solving problems.  This study aims to produce a Learning Problem Model with CPS Subjects in Building Space in Class VIII. In addition, this study was also conducted to determine the quality of the LKS feasibility based on the aspects of validity, practicality and effectiveness.  This type of research is module development research with the development model used in this study is 4-D (Define, Design, Develop, and Disemination) developed by Thiangarajan, Semmel and Semmel. The results of this study indicate that the quality of the products based on (1) the validity aspect meets the valid criteria with the average of the total validator assessment is 3.92. (2) Practical aspects meet the practical criteria with an average total score of 81.8 students and student response questionnaires with a percentage of 100% and (3) effectiveness aspects meet the effective criteria with classical completeness of student learning outcomes that is 100%.


Keywords


Modul, Model Four-D, Creative Problem Solving (CPS), Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung. Yrama Widya.

Dwi Ivayana Sari, dkk. (2016).Efektivitas Model Pembelajaran Creative ProblemSolving(CPS) Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII MtsNurul Huda. Jurnal Apotema, 2(2), 76-85.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: PanduanPraktisBagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahardika, I Ketut; Maryani; Murti, Selly Candra Citra. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Disertai LKS Kartun Fisika Pada Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 231-237.

Moh. Agung Arif Z, Abdillah. (2018). Pengembangan Modul Belajar Mandiri LaTeX Beamer Sebagai Alternatif Media Presentasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2), 138-143.

Muhamad Syazali. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple 11 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91-98.




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

_______________________________________________

_______________________________________________

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: