Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Bersahabat di Kelas IV SD

Annisa Luthfiani, Sony Irianto, Ana Andriani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika dan sikap bersahabat di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 42 siswa yang terbagi menjadi 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen prestasi belajar siswa melalui pretest dan posttest sedangkan instrumen sikap bersahabat didapatkan dengan angket menggunakan skala Likert. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan, dimana t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar siswa dengan t-hitung = 3,399 ≥ t-tabel = 1,684; (2) terdapat pengaruh antara pendekatan matematika realistik terhadap sikap bersahabat siswa dengan t-hitung = 2,160 ≥ t-tabel = 1,684.

Abstract: This research aimed to find out the effect of realistic mathematics approach towards the students' learning achievement and friendly behavior on the fourth grade of Elementary School. This was a quasi-experimental research with Nonequivalent (pre-test and post-test) Control Group Design. The samples of this research were 42 fourth graders of Elementary School taken from two classes consisting of 20 students of the experiment class and 22 students of the control. The data of students'learning achievement were collected using pre-test and post-test, while the data of students' friendly behavior were collected using a questionnaire of Likert scale. To test the hypothesis of this study using the right t-test, where t-count was bigger than t-table so Ho will be rejected and Ha will be accepted. The results showed that: (1) there was an effect between realistic mathematics approach and the students' learning achievement with t-count = 3.399 t-table = 1.684; (2) there was an effect between realistic mathematics approach and students' friendly behavior with t-count = 2.160 t-table = 1.684.

Keywords


Pendekatan Matematika Realistik; Prestasi Belajar; Sikap Bersahabat.

Full Text:

PDF

References


Agus, R. N. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JIP STIKIP Kusuma Negara, 7(2), 77–90.

Ardana, N. M. S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Melalui Pembelajaran RME Pada Materi Trigonometri. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 166-169. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.724

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295-300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Bilda, W. (2016). Pendidikan Karakter Terencana Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 46–53.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. In SAGE Publication.

Hidayati, K. (2013). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SD Negeri 179 Palembang. Jurnal Cendekia, 11(1), 163–181.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.

Melkior, W. (2016). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDK Ngedukelu Kacamatan Bajawa Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 23–32.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.8484

Natalia, S. (2017). Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(1), 81–96.

Supardi, S. U. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan, 2, 244–255.

Sugiman, & Aziz. (2015). Analisis Kesulitan Kognitif Dan Masalah Afektif Siswa Sma Dalam Belajar Matematika Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162–147.

Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta

Sukri, Y. F., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 227-235. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6503

Tiurlina. (2016). Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Dan Pengajaran Remedial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemetika di SDN 7 Serang. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 128-134. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2844

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Kompetensi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

_______________________________________________

StatCounter

JTAM Visitors

_______________________________________________

Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) Editorial Office: