PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Febblina Daryanes, Hesty Marwani Siregar, Fitri Aldresti, Darmawati Darmawati

Abstract


Abstrak: Analisis situasi pada sekolah mitra yaitu SMAN 1 Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau menunjukkan para siswa masih berada pada kategori Lower Order Thinking Skills (LOTS). Masih banyak guru menggunakan instrumen evaluasi berupa soal yang hanya ada di buku paket dan tingkatan soal C1-C3. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun instrumen evaluasi berbasis HOTS. Mitra pada kegiatan pengabdian ini yaitu SMAN 1 Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, yang terdiri dari 34 orang guru. Kegiatan terdiri dari (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan; dan (3) Evaluasi. Untuk mengukur ketercapaian tujuan kegiatan yang dilakukan digunakan instrumen soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan nilai rerata pretest yang awalnya 40 meningkat menjadi 83. Seluruh peserta (100%) memperoleh peningkatan skor nilai pretest-posstest. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun soal berbasis HOTS.

Abstract: Analysis of the situation at the partner school, SMAN 1 Tambang, Kampar Regency, Riau Province, showed that the students were still in the Lower Order Thinking Skills (LOTS) category. There are still many teachers who use evaluation instruments in the form of questions that only exist in textbooks and level questions C1-C3. This service activity aims to improve the knowledge and skills of teachers in preparing HOTS-based evaluation instruments. Partners in this service activity are SMAN 1 Tambang, Kampar Regency, Riau Province, which consists of 34 teachers. Activities consist of (1) Preparation; (2) Implementation; and (3) Evaluation. To measure the achievement of the objectives of the activities carried out, pretest and posttest questions were used. Based on the results obtained that there was an increase in the mean value of the pretest which was initially 40 increased to 83. All participants (100%) obtained an increase in the score of pretest-posttest scores. It can be concluded that training activities can improve the ability and skills of teachers in preparing HOTS-based questions.


Keywords


Competency Improvement; Question; Training; Evaluation Instrumen; Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in developing higher-order thinking based online test instrument for biology teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching Ans Assesing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. In Journal of the American Statistical Association (Vol. 51, Issue 275). Addison Wesley Longman, Inc.

Ayuningtyas, N., & Rahaju, E. B. (2013). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Mathedunesa, 2(2), 1–9.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview, Theory Into Practice. Theory Into Practice, 41(4), 212–218.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Inggris, P. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. PRODIKMAS: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 54–60. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674

Nugroho, R. A. (2018). HOTS: Higher order thinking skills. Grasindo.

Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Soal Higher Order Thinking Skills. MaPan, 7(2), 281–290. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a8

Pramujiyanti Khotimah, R., Setyaningsih, N., & Sutarni, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Rahayu, S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengembangan Soal High Order Thinking Skill untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 127–137.

Rohmah, S. N., & Khasanah, U. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Kabupaten Bantul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 859–864. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/14222

Sa’adah, S. I., Rasmiwetti, R., & Linda, R. (2019). Pengembangan Soal Hots Dengan Wondershare Quiz Creator Sebagai Media Display Pada Materi Stoikiometri Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 177–188. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469

Selamat, I. N., & Priyanka, L. M. (2020). Pelatihan pembuatan soal HOTS bagi guru-guru sd negeri no 1 dan 2 Dausa kecamatan Kintamani. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 1, 626–634.

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis HOTs Menggunakan Socrative di MA Nurul Iman Mahato. Jurna Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1213–1218. https://doi.org/10.30653/002.202164.810

Suhaimi, Wahdini, E., & Amberansyah. (2022). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru Sdn Banjarmasin Utara. Refleksi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6.

Triatmaja, A. K., Wahyuni, M. E., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 45. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.45-51

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bagi Guru-Guru MGMP IPS Kabupaten Malang Pelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73–79.

Wulandari, W., Marhami, M., Rohantizan, R., & Muliana, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Dan Kreativitas Guru Smp Melalui Pelatihan Pembuatan Soal-Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(2), 321–332.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Febblina Daryanes, Hesty Marwani Siregar, Fitri Aldresti, Darmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: