PEMBERDAYAAN SANTRI PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK KIMIA INDUSTRI RUMAH TANGGA PADA PONDOK PESANTREN USSYAQUL QURAN, KENDAL

Muhammad Muhammad, Mokh Sya'roni, Nida Alkhawa, Titik Rahmawati, Ella Izzatin Nada

Abstract


Abstrak: Pondok Pesantren di Indonesia sudah banyak melakukan pengembangan. Namun sayangnya tidak sedikit santri putri di banyak pesantren tidak mendapatkan pendidikan kewirausahaan. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk membawa wawasan gender di pondok pesantren sekaligus membekali santri putri dengan keterampilan dan kewirausahaan sehingga berkontribusi secara ekonomi kedepannya. Program ini menggunakan metode Participatory action reseacrh (PAR) dan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pembuatan produk rumah tangga dan melewati beberapa tahapan; pemetaan dan identifikasi masalah, focused group discussion, persiapan kegiatan, sosialisasi program, pelaksanaan kegiatan, dan monitoring evaluasi. Kegiatan ini melibatkan tim pengabdian, LPPM UIN Walisongo Semarang, Pengasuh dan Jajaran Pengurus, dan 20 peserta santri putri Pondok Pesantren Usysyaqul Quran. Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara partisipatif, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan, sikap belajar, dan keterampilan membuat beberapa produk rumah tangga pada santri peserta. Kedepan tentunya perlu adanya pelatihan-pelatihan lanjutan seperti branding dan pemasaran.

Abstract: Islamic boarding schools in Indonesia have done a lot of development. Unfortunately, many female students in Islamic boarding schools do not get entrepreneurship education. Therefore, it aims to bring gender insight into Islamic boarding schools as well as equip female students with skills and entrepreneurship so that they can contribute economically in the future. This program used participatory action research (PAR) and was carried out in the form of training on making household products and went through several stages; mapping and problem identification, focused group discussions, activity preparation, program socialization, activity implementation, and evaluation monitoring. This activity involved the community service team, LPPM UIN Walisongo Semarang, caretakers, Board and 20 female student participants of Pondok Pesantren Usysyaqul Quran, Kendal.. Based on participatory monitoring and evaluation, it can be concluded that this activity, in addition to being successful in making several household products, has also brought about changes in the form of increased knowledge, skills and learning attitudes of female students at the Usysyaqul Qur'an Islamic Boarding School, Kendal. In the future, surely, there is a need for further training such as branding and marketing.


Keywords


household product; islamic boarding schools; female students.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahmat, M. M. (2019). Model Partisipasi Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Abidin, Z. (2020). Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 203–216. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07

Ahmadi, Nufida, B. A., Dahlia Rosma Indah, M. R. B., Khery, Y., Putra, A., Cahayani, L., & Zaenudin, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Kimia Rumah Tangga Untuk Menumbuhkan Motivasi Kewirausahaan Siswa MAN 1 Selong. Jurnal Abdi Mas TPB, 4(2), 157–162.

Aini, E. Z. (2021). Manajemen Pondok Pesantren dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4750–4756. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1543

AS, A. P., Baihaqi, B., Devira, M., & ... (2021). Eksistensi Objek Wisata Hutan Manggrove Dan Hutan Kota Bagi Peningkatan Pendapatan Pokdarwis Kota Langsa. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(6), 4–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5450%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5450/pdf

Basuki, H. (2021). Pembiasaan Jiwa Entrepreneurship dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren. Jihbiz Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Perbankan Syariah, 5(1), 57–78. https://doi.org/10.33379/jihbiz.v5i1.867

Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal for Business and Entrepreneur, 1(1), 7–22.

Elwardah, K. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Produksi Ekonomi Kreatif (Studi Pengolahan Pelepah Pisang Pada Mega Souvenir Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 23. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2986

Firmansyah, K., Fadhli, K., & Rosyidah, A. (2020). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28–35.

Ghofur, A., Asiyah, N., & Shofiyullah, M. (2016). Pesantren Berbasis Wirausaha (Pemberdayaan Potensi Enterpreneurship Santri di Beberapa Pesantren Kaliwungu Kendal). Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(2), 19. https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.744

Halim. (2005). Menggali Potensi Ekonomi Pondok Pesantren. Pustaka Pesantren.

Handoko. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan Di Era 5.0. Prosiding Fakultas Agama Islam.

Hidayat, S., Djumena, I., & Darmawan, D. (2018). Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Pembuatan Keset dari Limbah Kain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23385

Hidayati, S. (2018). Pelatihan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Putri Taruna Alquran Yogyakarta sebagai Wadah Pengembangan Potensi Santri. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–14.

Hubeis, A. (2010). Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. IPB Press.

Kim, B. C., Lee, G., Murrmann, S. K., & George, T. R. (2012). Motivational effects of empowerment on employees’ organizational commitment: A mediating role of management trustworthiness. Cornell Hospitality Quarterly, 53(1), 10–19. https://doi.org/10.1177/1938965511426561

Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi. Jurnal Administrasi Publik, 1(4), 9–14.

Ndou, V., Schiuma, G., & Passiante, G. (2019). Towards a framework for measuring creative economy: evidence from Balkan countries. Measuring Business Excellence, 23(1), 41–62. https://doi.org/10.1108/MBE-03-2018-0013

Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren : Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 1, 77–99.

Omar, K. M. (2021). Measuring the Entrepreneurship Characteristics and Its Impact on Entrepreneurial Intentions. Open Journal of Business and Management, 09(02), 672–687. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92035

Prayitno, P. (2016). Pemberdayaan Sumber Daya Santri Melalui Entrepreneurship di Pondok Pesantren Al-Asyriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor. Jurnal Quality, 4(2).

Rahman, S. A., & Husin, H. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 6(2), 1829–1836. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2371

Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752

Ramdani, D., Hidayat, D. N., Sumarna, A., & Santika, I. (2020). Ideal Character of Muslim Generation of Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 171–182. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.644

Robe’nur, K. (2022). Upaya Pemberdayaan Kewirausahaan Santri. Margin : Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1(2).

Sabdarini, I. T. (2019). Creative Economy Review. Badan Ekonomi Kreatif.

Susanti, A., Istiyanto, B., & Pamikatsih, T. R. (2021). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Pondok Pesantren Ad-Dhuha di Masa Pandemi. Jurnal Abdidas, 2(4), 790–800. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.367

Wijaya, N. K., & Aini, S. (2020). Pemberdayaan Santri Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif “Kimi Bag” Di Pondok Pesantren Al Qohar Klaten. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1), 23. https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.5124




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad, Mokh Sya’roni, Nida Alkhawa, Titik Rahmawati, Ella Izzatin Nada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: