PEMANFAATAN RASCH MODEL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PESERTA PENGKADERAN FORMAL
Abstract
Abstrak: Selama ini, instrumen penilaian yang dibuat oleh Tim Instruktur untuk mengukur kemampuan peserta pengkaderan formal Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) masih secara konvensional. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah agar Tim Instruktur terampil melakukan pengukuran kemampuan peserta pengkaderan formal IMM dengan memanfaatkan Rasch Model dan menggunakan aplikasi ministep atau winstep. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan baik secara teori maupun praktik. Mitra adalah Tim Instruktur IMM Kabupaten Jember sebanyak 20 orang. Kegiatan pelatihan rasch model ini memberi kontribusi peningkatan kemampuan Tim Instruktur rata-rata sebesar 40,83 dengan skala 0 sampai 100. Sebelum dilakukan pelatihan kemampuan rata-rata peserta sebesar 29,17. Setelah diberikan pelatihan kemampuan peserta meningkat menjadi rata-rata sebesar 70.
Abstract: So far, the assessment instruments made by the Instructor Team to measure the abilities of the formal cadre participants of the Muhammadiyah Student Association (IMM) are still conventional. The purpose of this service activity is for the Instructor Team to be skilled at measuring the abilities of IMM formal cadre participants by utilizing the Rasch Model and using the ministep or winstep applications. This activity is carried out by providing training both theoretically and practically. Partners are the Jember Regency IMM Instructor Team of 20 people. This Rasch model training activity contributed to increasing the ability of the Instructor Team on average by 40.83 on a scale of 0 to 100. Prior to the training, the average participant ability was 29.17. After being given training the ability of the participants increased to an average of 70.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanti, D. (2017). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 248. https://doi.org/10.22146/jpsi.17801
Aulia, S. (2021). Muhammadiyah Dalam Menjalankan Pengkaderan Di Masa Pandemi Covid-19 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/96497/5 Januari 2023
Aziz, R. (2015). Aplikasi Model RASCH dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 29. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402
Azizah, S. W. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen Tes Pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50
Basor, J. (2021). Determinisme Teknologi: Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan Purwokerto (Issue IMM) [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto]. https://repository.uinsaizu.ac.id/11118/5 Januari 2023
Gunasti, A., Sanosra, A., Umarie, I., & Rizal, Nanang Saiful, Muhtar, M. (2022). Pendampingan Pengelolaan Kotoran Hewan Menjadi Pupuk Organik Dan Biogas Di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Panti. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1141–1148. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8812
Harahap, A. F. H. (2021). Sejarah Pembentukan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Di Kota Medan [UINSU]. http://repository.uinsu.ac.id/14451/11 Februari 2023
Harianti. (2017). Strategi Komunikasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Dalam Pembinaan Anggota Pada Komisariat Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar (Issue IMM) [UIN ALAUDDIN MAKASSAR]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/19469/11 Februari 2023
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Ilham Putri Handayani, Mutia Miftahul Jannah, M. S. A. (2021). Materi Karakter Islami Pada Darul Arqam Dasar (Dad) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Imm). Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan Volume, 13(2), 1–9. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/609
Lestari, M. D. (n.d.). Perkaderan Intelektual Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo Muflihah. 15(1). http://etheses.uinmataram.ac.id/1953/
Muhtar, Amri Gunasti, A. S. (2022). Pkm Kelompok Kreatif Tukang Bangunan Desa Sukogidri Dengan Keterampilan Membuat Tulangan Beton Dari Bambu. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1000–1011.
Nurhaijah. (2021). Strategi Dakwah Imm Terhadap Kaderisasi Di Komisariat Dakwah Dan Komunikasi Uin Alauddin Makassar [UIN-Alauddin]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/21178/
Palimbong, J., Mujasam, M., & Allo, A. Y. T. (2019). Item Analysis Using Rasch Model in Semester Final Exam Evaluation Study Subject in Physics Class X TKJ SMK Negeri 2 Manokwari. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 1(1), 43–51. https://doi.org/10.37891/kpej.v1i1.40
Pratama, I. A. (2022). Bentuk dan Konstruksi Pendidikan Politik pada Organisasi Mahasiswa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kota Pangkalpinang Imam Alfikri Pratama. Tawshiyah, 17(1), 34–46.
Pribadi, I. (2016). Peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Dalam Membentuk Perilaku Beragama Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Voice Of Midwifery, 05(07), 39–54. https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/VoM/article/view/15
Sarlina, S. F., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2711–2722. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.941
Setiawati, F. A. (2013). Perbandingan Karakteristik Psikometrik Penskalaan Tipe Thurstone Paired Comparison dan Likert dengan Teori Klasik dan Modern: Studi pada Instrumen Multiple Intelligences [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/13405/1/disertasi-farida agus setiawati-09701261005.pdf/12 Februari 2023
SOMAWINATA, R. A. (2017). Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran [UNPAS]. http://repository.unpas.ac.id/30528/11 Februari 2023
Subhan, M. (2020). Strategi Komunikasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Dalam Mempertahankan Eksistensi Organisasinya Di Kampus Uin Mataram [Universitas Islam Negeri Mataram]. http://etheses.uinmataram.ac.id/1953/
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian. Alfabeta.
Sumintono, B. (2016). Aplikasi Pemodelan Rasch pada asesmen pendidikan: Implementasi penilaian formatif (assessment for learning). Makalah Dipresentasikan Dalam Kuliah Umum Pada Jurusan Statistika, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 17 Maret 2016., March, 1–19. http://eprints.um.edu.my/15876/1/ITS_rasch_model_asesment_for_learning.pdf/11 Februari 2023
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Komunikata.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. In B. Trim (Ed.), AplikAsi RascH pemodelAn Pada Assessment Pendidikan (I). Trim Komunikata. https://eprints.um.edu.my/14228/11 Februari 2023
Susdelina, Sukma Adi Perdana, F. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, VI(1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574
Umarie, I., & Gunasti, A. (2009). IbM Anggota PKK Melalui Penerapan Teknologi Budidaya Sayur Secara Vertikultur di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jurnal Pertanian, 1(1), 14–26.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Amri Gunasti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: