AKTIVASI BRANDING PADA MINIMARKET LOKAL
Abstract
Abstrak: Toko ritel tradisional dianggap tidak memenuhi standar minimum dalam manajemen toko sehingga konsumen lebih memilih toko ritel modern. Surya Mart adalah salah satu toko ritel yang terletak di Desa Pajang, Kecamatan Laweyan, Kabupaten Surakarta dibawah naungan organisasi muhammadiyah. Saat ini Surya Mart mengalami permasalahan dalam tata peniagaan. Performa yang kurang begitu bagus yang berdampak pada pendapatan penjualan mereka. Oleh karena itu, di perlukannya strategi branding yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan penjualan sehingga menjadi toko ritel yang mampu bersaing di pasar terbuka dan menjadi pilihan konsumen. Pengabdian ini bertujuan membuat branding toko Surya Mart menjadi lebih maksimal dan terstandar. Metode pada pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan: (1) Tahap pelatihan; (2) tahap bimbingan teknis; dan (3) tahap pendampingan. Mitra pengabdian adalah pengelola toko Surya Mart yang berjumlah empat orang. Hasil kegiatan ini mencakup pembuatan desain, layout toko, logo dan tagline, lampu, serta seragam. Kemudian juga memanfaatkan akun Instagram sebagai salah satu bentuk branding menggunakan media digital. Setelah diadakannya kegiatan optimasi branding, toko Surya Mart mengalami peningkatan penjualan sebesar 21,49% dari bulan-bulan sebelumnya.
Abstract: Local retail stores are considered not to meet the minimum standards of in-store management, so consumers prefer modern retail stores. Surya Mart is a retail store in Pajang Village, Laweyan District, Surakarta Regency, under the auspices of muhammadiyah. Currently, Surya Mart is also needing help with in-store management. That problem affects the decreasing trend in sales revenue. Therefore, a branding strategy is needed, which is expected to increase competitiveness and sales so that it becomes a retail store that can compete in the open market and becomes the choice of consumers. This service aims to build Surya Mart store branding to be better known and standardized. The implementation method for this service is divided into three stages: (1) the training stage; (2) the technical guidance stage; and (3) mentoring stage. The object of this empowerment program is the manager of Surya Mart, which totals four people. The results of this activity include making designs, store layouts, logos and taglines, lights, and uniforms. Then, Surya Mart has also utilized an Instagram account as a branding and marketing medium. After the branding optimization activities were held, the Surya Mart store experienced an increase in sales of 21.49% from the previous months.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afifah, P. (2019). Strategi Pelayanan Pada Industri Ritel Dalam Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Studi Pada Pengusaha Ritel Modern Sumber Alfaria Trijaya Tbk Di Lampung Timur) (Vol. 7, Issue 2).
CEIC. (2022). Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel.
Chaidir, M., Teguh Prakoso, C., & Boer, K. M. (2018). Pengaruh Tagline Iklan Yamaha “Semakin Di Depan” Terhadap Kesadaran Merek Pada Masyarakat Kecamatan Samarinda Ulu Di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Unmul, 6(1), 391–402.
Davis Mersey, R., Malthouse, E. C., & Calder, B. J. (2010). Engagement with Online Media. Journal of Media Business Studies, 7(2), 39–56. https://doi.org/10.1080/16522354.2010.11073506
Fauziah, & Jumiati. (2020). Efektivitas Peran Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang Dalam Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Di Kelurahan Purus Kota Padang. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik, 2(4), 2338–7378. http://jmiap.ppj.unp.ac.id/index.php/jmiap/article/view/249/142
Jogiyanto. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis.
Kotler, Philip (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat
Nasrullah, R. (2015). Riset Khalayak Digital: Perspektif Khalayak Media Dan Realitas Virtual Di Media Sosial Public Digital Research: Media Perspective And Virtual Reality In Social Media.
Setiawan. (2022). Terkuak! Alasan Tak Ada Alfamart di Padang. CNBC INDONESIA.
Sya’idah, E. H., Jauhari, T., Fauzia, I. N., & Safitri, M. N. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 204–216. https://doi.org/10.32503/JMK.V5I3.1106
Trimintarsih, T., & Triharso, A. (2020). Analisis Pengaruh Store Layout Dan Kualitas Pelayanan.
Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM). (2018). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. (n.d.). Retrieved July 3, 2023, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Widiastuti, N. (2021). Seragam Kerja Sebagai Corporate Identity Dalam Meningkatkan Sikap Kerja Karyawan Radio Rase Fm (Vol. 3, Issue 1).
Yolanda, & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality Terhadap Revisit Intention Konsumen Pada Golden Cafe dan Resto. Jurnal Universitas Negeri Padang, 3(4), 584–597. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wafiatun Mukharomah, Candra Kusuma Wardana, Laila Oshiana Fitria A’zizah, Novel Idris Abas, Ovi Itsnaini Ulynnuha, Fuad Hudaya Fatchan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: