SOSIALISASI PENANGANAN KESEHATAN MENTAL SISWA PADA GURU BK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LAYANAN BK DI SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Remaja merupakan individu yang rentan terhadap masalah kesehatan mental. Masalah kesehatan mental yang tidak ditangani dapat berdampak pada kinerja akademik yang buruk dan menyebabkan putus sekolah. Oleh karena itu, masalah kesehatan jiwa remaja harus diperhatikan dan diatasi sedini mungkin. Peran guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah sangat vital dalam pencegahan masalah kesehatan jiwa pada siswa. Kegiatan ini bertujuan memberikan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan guru BK dalam menangani masalah kesehatan mental siswa di sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh lima orang guru BK di SMA Kota Padang. Kegiatan yang dilakukan meliputi mengukur pengetahuan guru BK tentang masalah kesehatan mental siswa (pretest), brainstorming pengalaman guru BK dalam menghadapi masalah siswa di sekolah, memberikan edukasi, dan mengukur pengetahuan kedua (post-test). Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya perbedaan rerata pengetahuan guru BK yang signifikan antara pretest dan post-test (p = 0,035). Perbedaan rata-rata pengetahuan guru BK antara pretest dan posttest adalah -1,60, artinya terjadi peningkatan rata-rata skor pengetahuan guru BK sebesar 1,60 setelah mengikuti kegiatan sosialisasi.
Abstract: Adolescents are individuals who are prone to mental health problems. Mental health problems that are left untreated can impact poor academic performance and lead to dropping out of school. Therefore, adolescent mental health problems must be considered and addressed as early as possible. The role of Counseling Guidance teachers in schools is vital in preventing mental health problems in students. This activity aims to increase the knowledge of counseling teachers in handling students' mental health problems at school. These activity was attended by five counseling teachers at Padang City High School. The activities included measuring the counseling teacher's knowledge regarding students' mental health problems (pretest), brainstorming the counseling teacher's experience in dealing with student problems at school, providing education, and measuring the second knowledge (post-test). These activity results showed a significant mean difference in the counseling teachers' knowledge between the pretest and post-test (p = 0.035). The mean difference in counseling teachers' knowledge between the pretest and post-test was -1.60, meaning that there was an increase in the mean scores counseling teachers' knowledge score of 1.60 after participating in socialization activities.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
El Fish, R. (2014). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. IDEA Press.
Evans, K., Nizette, D., & O’Brien, A. (2017). Psychiatric and Mental Health Nursing (C. Hunter & Poll Leanne, Eds.; 4 th). Elsevier.
Hartati, B., Sarfika, R., & Putri, D. E. (2019). Implementasi Pendidikan Kesehatan dengan Metode Brainstorming terhadap pengetahuan Remaja tentang Tumbuh Kembang di Pauh Kota Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(1), 14–23.
Malvika Sharma, Bratati Banerjee, S. G. (2017). Assessment of Mental Health Literacy in School-going Adolescents. J. Indian Assoc. Child Adolesc. Ment. Health, 13(4), 263–283.
Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Nurjati Press.
NAMI. (2016). Mental Health Facts & Teens. . dari National Alliance on Mental Illness:
Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling: Konsep, Teori, dan Aplikasinya (R. Hidayat, Ed.). Lumbago Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Nurul Fathonah, Feri, Kameliawati., Didi, Suswant., & Aprilia, Triaristina. (2019). Program Usaha Kesehatan Jiwa Sekolah sebagai Upaya Pencegahan Bullying Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SMA Muhammadyah Gadingrejo. Khatulistiwa, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 182–190.
Pribadi, T., Elliya, R., Furqoni, D. P., Ernita, C., Desmonika, C., Sari, N., & Erlianti, F. (2022). Penyuluhan Kesehatan tentang Kesehatan Jiwa pada Remaja. Journal of Public Health Concerns, 2(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.56922/phc.v2i1.169
Pribadi, T., Elliya, R., Furqoni, P. D., Ernita, C., Desmonika, C., Novita Sari, E., & Erlianti, F. (2022). Penyuluhan Kesehatan Tentang Kesehatan Jiwa pada Remaja. Journal of Public Health Corcens, 2(1), 1–9.
RISKESDAS. (2018). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Sarfika, R., Afriyeni, N., Hermalinda, H., & Fernandes, F. (2020). Pemberian Rational-Emotive Behavior Therapy dan Assertive Training Sebagai Upaya Mengurangi Perilaku Agresif pada Remaja di Pauh Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(1), 54–63.
Steel, J., Twagira, F., Seekles, M. L., & Obasi, A. I. (2022). Promotive, preventive, and treatment interventions for adolescent mental health in sub-Saharan Africa: A protocol for two scoping reviews including systematic analyses of intervention effectiveness. PLoS ONE, 17(12 December). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0279424
Suhertina. (2015). Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (D. H. Ichsan, Ed.). CV Mutiara Pesisir Sumatera.
Syarqawi, A. (2018). Bimbingan Konseling sebagai Upaya dan Bagian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 169–181.
Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling Disekolah dan Madrasah. PT Raja Grafindo.
WHO. (2021). Adolescent Mental Health.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rika Sarfika, Mahathir Mahathir, Hema Malini, Nursyirwan Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: