SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN USAHA KATERING PANTI ASUHAN
Abstract
Abstrak: Panti Asuhan Mawaddah Warohmah Malang memiliki unit usaha katering. Saat ini bergabung dengan nama Farhan Catering. Sampai saat ini unit usaha katering ini memiliki cukup banyak pelanggan. Disamping harganya yang relatif murah, katering tersebut menjual banyak macam menu yang terbilang lengkap. Mitra pengurus catering terdiri dari 9 orang. Namun manajemen usahanya masih secara konvensional dan belum memanfaatkan aplikasi IT. Sehingga solusi yang ditawarkan dengan membuat website farhan catering untuk mendukung usaha tersebut. Tujuan sistem informasi akan memudahkan promosi produk terbaru dan penjelasan tentang pemesanan katering, diharapkan dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan pada unit usaha katering tersebut. Metode yang dilakukan yaitu observasi lapangan, pengumpulan data, analisis dan perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian. Evaluasi sistem menggunakan black box testing berfokus pada input dan output perangkat lunak tanpa mengetahui proses internal di dalam sistem. Hasil pembuatan website dan manual book petunjuk penggunaan wesbite telah diserahkan kepada ketua panti asuhan selaku pengelola Farhan Catering. Setelah menggunakan selama 2 bulan terdapat peningkatan penjualan 52.93% di Farhan catering.
Abstract: The Mawaddah Warohmah Orphanage in Malang has a catering business unit, currently operating under the name Farhan Catering. Up to this point, this catering business unit has garnered a considerable number of customers. Apart from its relatively affordable prices, the catering service offers a wide variety of menus that are considered comprehensive. The catering management team consists of 9 people. However, the management of the business is still conventional and has not yet utilized IT applications. Therefore, the proposed solution is to create a Farhan Catering website to support the business. The goal of the information system is to facilitate the promotion of new products and provide explanations about catering reservations, with the expectation of enhancing marketing and sales for the catering business unit. The methodology employed includes field observation, data collection, system analysis and design, system implementation, and testing. The system evaluation utilizes black box testing, focusing on the input and output of the software without delving into the internal processes within the system. The results of creating the website and the user manual book have been handed over to the head of the orphanage who manages Farhan Catering. After using the website for 2 months, there has been a remarkable increase of 52.93% in sales for Farhan Catering.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Agustin, W., Adlan, R., & Efendi, Y. (2018). Pembangunan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru. It Journal Research And Development, 3(2), 9–18. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1893
Alfarizi, S., Mulyawan, A. R., & Basri, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Uml (Unified Modelling Language) Pada Cv Harum Catering Karawang. Dalam Ijns.org Indonesian Journal on Networking and Security (Vol. 7, Nomor 4). 27-31.
Bagaskoro, E. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Catering Berbasis Website Pada Rahayu Catering Madiun. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 5, No. 1, pp. 359-366).
Fairuuz Azhar, B., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Daily Catering Senjani Kitchen berbasis Progressive Web App dengan Metode Waterfall (Vol. 5, Nomor 11). 4783-4790.http://j-ptiik.ub.ac.id
Hidayat, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Catering Berbasis Web (Studi Kasus : Rumah Makan Ndek Ranto). JTIK), 12(2), 12–21. http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JTIKP
Ilham, M., Khoiri, A., & Monalisa, S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Catering Berbasis Customer Relationship Management Pada Ria Catering. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 5(2), 145–152.
Larasati Amalia, E., Mentari, M., Ayu Lestari, V., Ulfa, F., Nur Wijayaningrum, V., Safitri, W., Yukafi Ridlo, N., Argyanti Ardyningrum, N., Teknologi Informasi, J., & Negeri Malang, P. (2021). Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Usaha Katering Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang. Dalam Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat (JPPKM) (Vol. 8, Nomor 2).
Lutfiyah, L., & Saryoko, A. (2021). E-Marketplace Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Catering Untuk Wilayah Jakarta. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, 23(1). https://doi.org/10.31294/p.v23i1.9121
Muryani, S., & Safika, D. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Pada Cantika Catering Berbasis Web. Jurnal Teknik Komputer, 5(2), 147-154.
Nasihin, I. & F. (2021). Pelatihan Penyusunan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 1071–1087.
Selvia Garvina, R., & Delianti, V. I. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Catering Berbasis Web Menggunakan YII 2 Framework (Studi Kasus : PT. Anugrah Agung Citratama Catering). Dalam Journal of System and Computer Engineering (JSCE) ISSN (Vol. 2, Nomor 2). 128-140.
Supriyanta, & Masturah, I. (2019). Perancangan Sistem Informasi Jasa Katering Berbasis Website. 7(1), 2019. Bianglala Informatika, 7(1), 9-15.
Wahyu Wibowo, D., Larasati Amalia, E., Mentari, M., Yuli Ananta, A., Shulhan Khairy, M., Ulfa, F., Zari Annisa, M., Abdurrafie, I., Alfyrdhousi Redhysyahputra, I., Teknologi Informasi, J., & Negeri Malang, P. (2019). Buku Kas Berbasis Website Pada Usaha Katering Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Malang. 80-87
Wananti, E., Irmayani, W., & Penulis, N. (2023). Aplikasi Pengolahan Data Pemesanan Jasa Catering pada CV. Sumber Rejeki Abadi Pontianak. Dalam Jurnal Sistem Informasi Akuntansi 26 (Vol. 4, Nomor 1). 26-32 http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/justian
Widodo, A., Setyorini, R., Pangarso, A., Umbara, T., Yunan, A., Nur Hasanah, Y., Adolf Telnoni, P., Indah Mega Mandasari, R., & Aji, P. (2022). Pengembangan toolkit standarisasi UMKM katering dan kuliner bagi UMKM food community Bandung. Riau Journal of Empowerment, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.31258/raje.5.1.25-36
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Endah Septa Sintiya, Irsyad Arif Mashudi, Dhebys Suryani, Ekojono, Dodit Suprianto, Erfan Rohadi, Sely Ruli Amanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: