PENGENALAN DAN PELATIHAN KENDALI ROBOT REMOTE CONTROL BERBASIS MIKROKONTROLER PADA SISWA SMK
Abstract
Abstrak: Internet of Things (IoT) merupakan salah satu paradigma teknologi yang dikembangkan dalam revolusi industri 4.0. Tujuan pengenalan dan pelatihan kendali robot remote control berbasis mikrokontroler pada siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal guna meningkatkan hardskill, pengetahuan dan ketrampilan siswa dibidang kendali robot remote control. Metode pelaksanaan dengan diadakan workshop dan pelatihan tentang Internet of Things, komponen pembentuk IoT, Project kendali robot remote control dan demo kendali robot remote control. Kegiatan PKM ini dilakukan oleh 4 dosen dan 2 mahasiswa Prodi D3 Teknik Komputer, PKM ini diikuti 41 siswa dari jurusan permesinan dan jurusan elektro siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal. Dalam mengikuti workshop dan pelatihan ini evaluasi untuk mengetahui siswa dalam mengetahui mengenai perkembangan teknologi IoT system kendali robot remote control berbasis mikrokontroler dilakukan post-test diakhir kegiatan PKM. Pada pelatihan ini peserta kegiatan mempunyai ilmu yang baru dan dapat mengetahui mengenai perkembangan teknologi khususnya penggunaan teknologi IoT, dimana hasil post-test yang didapat 98% siswa paham dalam mengikuti wokshop penguasaan teknologi IoT berbasis mikrokontroler guna meningkatkan softskill.
Abstract: Internet of Things (IoT) is one of the technological paradigms developed in the industrial revolution 4.0. The purpose of the introduction and training of microcontroller-based remote control robot control for SMK Negeri 3 Tegal City students is to improve the hard skills, knowledge and skills of students in the field of remote control robot control. The method of implementation is by holding workshops and training on the Internet of Things, components that form IoT, remote control robot control projects and remote control robot control demos. This PKM activity was carried out by 4 lecturers and 2 students of D3 Computer Engineering Study Program, PKM was attended by 41 students from the machining department and electrical department of SMK Negeri 3 Tegal City. In participating in this workshop and training, an evaluation to find out students in knowing about the development of IoT technology microcontroller-based remote control robot control system was carried out post-test at the end of PKM activities. In this training, activity participants have new knowledge and can find out about technological developments, especially the use of IoT technology, where the post-test results obtained 98% of students understand in participating in the workshop on mastering microcontroller-based IoT technology to improve soft skills.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Basit, A., & Budihartono, E. (2023). Robot Panen Hidroponik Berbasis Human Following. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 12(1), 83–91. https://doi.org/10.34010/komputika.v12i1.9028
Basit, A., Budihartono, E., & ... (2022). Upaya Meningkatkan Ketertarikan Siswa Di Bidang Robotika Melalui Pelatihan Dasar Robotika. Jurnal Abdimas PHB …, 5(4), 782–789. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/4345
Budihartono, E., Nugraha, P. P., & ... (2021). Peningkatan Softskill Siswa Melalui Implementasi IoT Berbasis Arduino Bagi SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. JMM (Jurnal …, 5(5), 2259–2265. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5251
Budihartono, E., Rakhman, A., & Supriyono, D. K. (2022). Monitoring Suhu dan Kelembaban Tanah pada Budidaya Porang Berbasis Arduino Perancangan perangkat keras terdiri dari sistem kontrol yaitu Arduino yang. 11(1).
Budihartono, E., Sabanise, Y. F., & Arif Rakhman. (2021). Monitoring Kualitas Air pada Budidaya Hidroganik Berbasis Arduino. Smart Comp, 10(2), 2–5.
Ciptadi, P. W., & Hardyanto, R. H. (2018). Penerapan Teknologi IoT pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino dan Blynk Android. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 29–40.
Fauzi, A., Maulana, A., Firmansyah, Pernando, F., & Heristian, S. (2019). Pelatihan Perancangan Alat Berbasis Arduino Uno. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusa Mandiri, 1(1), 1–6.
Imelda, Rohmawati, T., Sujana, A. P., & Sitanggang, A. S. (2019). Pkm Penerapan Teknologi Mobile Dalam Jasa Travel Berbasis Smart City. 04(01), 364–371.
Manfaluthy, M., & Ekawati, R. (2019). Pelatihan Internet of Things (IoT Trainer) Berbasis ESP8266 pada SMK Al-Muhadjirin Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September.
Miftahul, H., Firdaus, F., & Derisma, D. (2016). Pengontrolan Kecepatan Mobile Robot Line Follower Dengan Sistem Kendali PID. TELKA - Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi Dan Kontrol, 2(2), 150–159. https://doi.org/10.15575/telka.v2n2.150-159
Mukti, A., Nurhayati, O. D., & Widianto, E. D. (2015). Rancang Bangun Sistem Kontrol Robot Line Follower Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 536. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.536-543
Nehru, N., Aldi, A., & Basuki, F. R. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Elektronika Dasar Ii Materi Robotika Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Pengetahuan. EduFisika, 4(02), 1–16. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.5875
Nuryanto, N., & Badaruddin, M. (2019). Implementasi Pendidikan Soft Skills dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 183. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1725
Priyono, M., Sulistyanto, T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., & Asrori, W. (2015). Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang. SMARTICS Journal, 1(1), 20–23.
Romadhon, A. S., Adiputra, F., Informasi, P. S., Teknik, F., Trunojoyo, U., Telang, J. R., & Kamal, P. O. B. O. X. (2018). Robot Line Follower Pemisah Benda Menggunkan Sensor Warna TCS 3200. 6(3), 144–151.
Rosa, M. R., Romdlony, M. Z., & Afifah, K. (2022). Pelatihan Robotika Dasar Menggunakan Makeblock Di Ma Ishlahul Amanah. Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 1(2), 119–120. https://doi.org/10.25124/cosecant.v1i2.17519
Sanjaya, L., Marwoto, B., & Budiarto, K. (2019). Evaluation of In Vitro Culture Medium for Conservation of Chrysanthemum Varieties under Different Storage Environment. Buletin Plasma Nutfah, 25(1), 33. https://doi.org/10.21082/blpn.v25n1.2019.p33-42
Senantias, P., & Surabaya, S. P. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Era Revolusi Iindustri 4.0 Utilization of Learning Techlogy in the Era of Industrial Revolution 4.0 Saiful Ulum , 2 Suhartono , 3 Evi Sistiyarini A . Analisis Situasi Perkembangan teknologi dari tahun-ketahun men. 1(1), 1333–1342.
Sitorus, M. B., Gifson, A., Mangapul, J., & Aziz, H. (2020). Pelatihan Mikrokontroler Dalam Pengenalan Robotika Sebagai Respon Revolusi Industri 4.0 Di SMK Media Informatika Dasana Indah Tengerang. Terang, 2(2), 144–150. https://doi.org/10.33322/terang.v2i2.989
Yaspin Yolanda, W. A. (2018). Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat Pelatihan Robotik Line Follower Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar SMA / SMK Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas Yaspin Yolanda , Wahyu Arini. 1(1), 1–11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eko Budihartono, Lukmanul Khakim, Nurohim, Achmad Sutanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: