PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TUMBUH KEMBANG PADA ANAK USIA SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Usia sekolah merupakan periode perkembangan penting bagi individu. Di Usia ini, seorang anak akan menghadapi tantangan baru dalam berbagai aspek kehidupannya. Anak usia sekolah harus dibekali dengan pengetahuan tentang tumbuh kembang agar memiliki kesiapan optimal dalam menghadapi tugas tumbuh kembang. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang anak usia sekolah kepada siswa SDN X Tambang. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan ceramah, kuiz, dan diskusi. Mitra kegiatan ini adalah Sekolah Dasar Negeri X Tambang, Pesisir Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 61 siswa dari kelas 3 hingga kelas 6 yang didampingi oleh guru kelas masing-masing. Pengetahuan peserta tentang tumbuh kembang usia sekolah sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan diukur menggunakan kuesioner. Data pengetahuan diolah secara komputerisasi untuk mengetahui perubahan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa skor rerata pengetahuan peserta sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebesar 3,87 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebesar 4,51. Ada perbedaan signifikan antara pengetahuan peserta sebelum dengan sesudah diberikan pendidikan kesehatan (p = 0,001; nilai selisih mean = -0,64). Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah tentang tumbuh kembang di usia mereka.
Abstract: School-age is an important developmental period for individuals. At this age, a child will face new challenges in various aspects of his life. School-age children must be equipped with knowledge about growth and development to have optimal readiness in dealing with developmental tasks. This activity aimed to provide health education to school-age children to increase participants' knowledge about growth and development functions at their age. This activity method uses a lecture, quiz, and discussion approach. The partner for this activity is SDN X Tambang, Pesisir Selatan. This activity was attended by 61 students from grades 3 to 6 accompanied by their respective class teachers. Participants' knowledge about school-age growth and development before and after providing health education was measured using a questionnaire. Knowledge data is processed computerized to determine participant knowledge changes before and after providing health education. Based on the results of the data analysis, it is known that the average knowledge score of participants before being given health education was 3.87, and after being given health education was 4.51. There was a significant difference between participants' knowledge before and after being given health education (p = 0.001; mean difference = -0.64). The results of this activity show that health education can increase school-age children's knowledge about growth and development at their age.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
A’yun, S. Q., Suminar, E., & Maulani, F. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 6-12 https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2289
BPS. (2023). Badan Pusat Statistik.
Dapo pendidikan. (2023). Data Pokok Pendidikan IV Jurai Pesisir Selatan. https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/3/080609
Hartati, B., Sarfika, R., & Putri, D. E. (2019). Implementasi Pendidikan Kesehatan dengan Metode Brainstorming terhadap pengetahuan Remaja tentang Tumbuh Kembang di Pauh Kota Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(1), 14–23.
Hening Prastiwi, M. (2019). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jiksh, 10(2), 242–249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162
Hermawati. (2020). Hubungan Pola Asuh Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 8(1), 29–33.
Hidayati, I. R., Pujiana, D., & Fadillah, M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Bahaya Merokok Kelas XI SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 12(2),125–135. http://journals.ums.ac.id/index.php/JK/article/download/9769/5093
Keliat, B. A., Helena, N., & Farida, P. (2011). Manajemen Keperawatan Psikososial dan Kader Kesehatan Jiwa (CMHN). EGC.
Malfasari, E., Herniyanti, R., Devita, Y., Adelia, G., & Putra, I. D. (2020). Pendidikan kesehatan jiwa pada tahap perkembangan usia sekolah. Jurnal Masyrajat Mandiri, 4(6), 1066–1071.
Pangaribuan, H., Supriadi, S., Arifuddin, A., Jurana, J., Supetran, I. W., Patompo, F. D., & Lenny, L. (2022). Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(1), 52–67. https://doi.org/10.56338/jks.v5i1.2187
Sacco, R. G. (2013). Re-Envisaging the Eight Developmental Stages of Erik Erikson: The Fibonacci Life-Chart Method (FLCM). Journal of Educational and Developmental Psychology, 3(1), 140-146. https://doi.org/10.5539/jedp.v3n1p140
Statistik., B. B. P. (2022). Data Anak Usia Sekolah Dasar di Indonesia.
Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3), 96–101.
Sunoto, I., Julizal, J., & Lukman, L. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Monitoring Pertumbuhan Anak sebagai Alat Deteksi PertumbuhanRancang Bangun Aplikasi Sistem Monitoring Pertumbuhan Anak sebagai Alat Deteksi Pertumbuhan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 18–24.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia sekolah Dasar. IAIN Syekh Nurjati Cirebon Journals, 3(2), 197-211. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/ibtida/article/view/880
Ulfa, A. F., Kurniawati., Pujiani., Masruroh., Ghofar, A., Muniroh, S., Zuliani., Zulfikar., & Rahmawati. (2023). Screening Pertumbuhan Perkembangan dan Parenting Tumbuh Kembang Pada Usia Pra Sekolah. Dedikasi Saintek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–44. https://akper-sandikarsa.e-journal.id/JIKSH
Ulfa, M., & Naimah. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Umboro, R. O., Ulandari, A. S., & Ramdaniah, P. (2022). Peningkatan Kesadaran Menjaga Kesehatan Diri Dan Lingkungan Pada Anak Usia Sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2027. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11488
Yunika, R. P., Umboro, R. O., Apriliany, F., & Al Fariqi, M. Z. (2022). Konseling, Informasi, Dan Edukasi Kesehatan Reproduksi Pada Remaja. Jurnal LENTERA, 2(2), 205–212. https://doi.org/10.57267/lentera.v2i2.195
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rika Sarfika, Nindy Eka Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: