SEKOLAH PEREMPUAN UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSIAL PENDAPATAN PEREMPUAN DAN MENSUKSESKAN PROGRAM 5000 PEREMPUAN DI DESA BULUAGUNG KABUPATEN TRENGGALEK

Laily Novitasari, Ella Rahma Nura Aziza, Puput Ariani, Annisa Aina Anjani, Ari Metalin Ika Puspita

Abstract


Abstrak: Desa Buluagung merupakan desa yang berada di Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Jumlah masyarakat yang belum atau tidak bekerja yaitu 1.314 orang dan didominasi oleh perempuan sebanyak 990 orang. Faktor penyebab tingginya angka pengangguran di Desa Buluagung meliputi minimnya lapangan pekerjaan dan keterampilan. Tujuan sekolah perempuan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para perempuan di Desa Buluagung Untuk mengembangkan UMKM dan mampu meningkatkan pendepatan serta mensukseskan program 5000 Perempuan Kabupaten Trenggalek. Pelaksanaan program kegiatan PPK Ormawa di Desa Buluagung, melalui beberapa metode, yaitu survei, observasi, wawancara, FGD. Hasil dari kegiatan meliputi (1) Perempuan di Desa Buluagung mampu mengembangkan usaha sendiri yaitu dengan lahirnya 50 UMKM perempuan baru; (2) Kapasitas dan kapabilitas pemberdayaan perempuan di dalam UMKM semakin meningkat yaitu sebanyak 85 %; (3) Keberhasilan program pemerintah Kabupaten Trenggalek yaitu Program 5000 perempuan; (4) Pengetahuan pelaku UMKM perempuan meningkat yaitu berkisar 90 %; dan (5) Terbentuknya paguyuban UMKM.

Abstract: Buluagung Village is a village in Karangan District, Trenggalek Regency. The number of people who have not or are not working is 1,314 people and is dominated by 990 women. Factors causing the high unemployment rate in Buluagung Village include the lack of job opportunities and skills. The aim of this women's school is to increase the capacity and capability of women in Buluagung Village to develop MSMEs and be able to increase income and make the 5000 Women program in Trenggalek Regency a success. Implementation of the Ormawa PPK activity program in Buluagung Village, through several methods, namely surveys, observations, interviews, FGDs. The results of the activities include (1) Women in Buluagung Village were able to develop their own businesses, namely the birth of 50 new female MSMEs; (2) The capacity and capability of empowering women in MSMEs increased by 85%; (3) The success of the Trenggalek Regency government program, namely 5000 women program; (4) Knowledge of female MSME actors increased to around 90%; and (5) Formation of MSME associations.


Keywords


Empowerment Women Program; 5000 Women Program; All Girls' School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Asman, N. (2020). Studi Kelayakan Bisnis: Pedoman Memulai Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit Adab.

Dhohiri, T. R. (2007). Sosiologi Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Yudistira.

Emilda, E., Wulandari, T., & Lazuarni, S. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Jamu Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Kemasan, Merek, dan Label. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1249

Graha, A. N. (2011). Peranan UKM Menjalin Kemitraan Guna Memperluas Jaringan, Pengembangan Media dan Sarana Berbisnis. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 7(1), 1–23.

Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 17(2), 258–265.

Marthalina, M. (2018). Pemberdayaan perempuan dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan, 43–57. https://ejournal.ipdn.ac.id/JPDPP/article/view/862

Naninsih, N., Alam, S., & Indriasari, D. P. (2022). Pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran melalui Digital Marketing. YUME: Journal of Management, 5(2), 479–490. https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.2672

Riswani, R., Diniaty, A., Rohani, R., Ernita, M., Afrida, A., & Hermansyah, H. (2021). Pemberdayaan Psikologi dan Keterlibatan Perempuan dalam Pengelolaan Bina Keluarga Remaja (BKR) di Wilayah Perbatasan. Sosial Budaya, 18(2), 97. https://doi.org/10.24014/sb.v18i2.15655

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Sugarda, Y. B. (2020). Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion sebagai Metode Riset Kualitatif. Gramedia Pustaka Utama.

Untari, D. T., Hutahaean, E. S. H., Khasanah, F. N., Perdini, T. A., & Mulyanto, E. (2023). Membangun Mimpi Perempuan Desa Sekarwangi Melalui Pelatihan UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 6(3), 231–240. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/view/3307

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laily Novitasari, Ella Rahma Nura Aziza, Puput Ariani, Annisa Aina Anjani, Ari Metalin Ika Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: