PERANAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PADA PKK

Jeperson Hutahaean, Neni Mulyani, Zulfi Azhar, Adinda Salsabila, Dewi Ananda

Abstract


Abstrak: Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan cepat maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut kita dapat memanfaatkan suatu layanan secara online yang berupa e-commerce. PKK Desa Mekar Sari Kabupaten Asahan, memiliki banyak aktifitas yang aktif dilakukan pada beberapa daerah di lingkungan Desa Mekar Sari, diataranya menjalankan proses bisnis secara konvensional. Dengan pengetahuan teknologi seperti peranan E-commerce dalam pengenbangan bisnis diharapkan dapat diaplikasikan dan digunakan dalam mempermudah sebagai media promosi dan transakdi bisnis dalam pengembangan penjualan dan pembelian produk. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan kemampuan tim PKK Desa Mekar Sari dalam memahami dan mengimplementasikan proses bisnis secara e-commerce dengan pengelolaan toko online. Metode pelatihan yang dilaksanakan dengan cara diskusi dan praktek untuk menyampaikan pengetahuan pengenalan komputer dan latihan penggunaan aplikasi e-commerce kepada 1 mitra, tim PKK Desa Mekar Sari Kabupaten Asahan. Kegiatan ini menggunakan pengetahuan secara teori dan praktek di ruangan. Hasil penilaian akhir kegiatan, para peserta dapat memahami materi yang disampaikan berdasarkan dari hasil perolehan angka penilaian dari hasil uji posttest. Peserta pelatihan berhasil menyelesaikan pencapaian pelatihan ini dengan baik dari hasil nilai pre-test rata-rata 90,4%.. Penyampaian materi terdiri dari beberapa sesi, yaitu: penjelasan, praktek , dan diskusi.

Abstract: To speed up and increase sales quickly, by looking at the very rapid development of information technology, we can take advantage of an online service in the form of e-commerce. PKK Desa Mekar Sari Village, Asahan Regency, has many active activities carried out in several areas within Desa Mekar Sari Village, including carrying out conventional business processes. With technological knowledge such as the role of E-commerce in business development, it is hoped that it can be applied and used to facilitate promotional media and business transactions in developing product sales and purchases. The aim of community service activities is to improve the ability of the Desa Mekar Sari, Village PKK team in understanding and implementing e-commerce business processes by managing online stores. The training method is carried out by means of discussion and practice to convey computer knowledge and practice using e-commerce applications to 1 partner, the PKK team in Desa Mekar Sari, Asahan Regency. This activity uses theoretical and practical knowledge in the room. As a result of the final assessment of the activity, the participants were able to understand the material presented based on the results of the assessment scores obtained from the posttest test results. The activity material provided to participants can be used and utilized in business development through E-Commerce. The training participants successfully completed this training achievement with an average pretest score of 90.4%. The delivery of the material consists of several sessions, namely: explanation, practice, and discussion.


Keywords


Business; e-commerce; promotion mediainformation; saletraining; online store.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anshor, A. H. (2022). Tahun 2022 Call for papers dan Seminar Nasional Sains dan Teknologi Ke-1 2022 Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa. Saintek: Sains Dan Teknologi, 1(1), 337–345.

Azizah, Supandi dan Surryanto D.W, L. (2019). Electronic Commerce (E-Commerce) Dalam Perspektif Ekonomi Pertahanan Electronic Commerce (E-Commerce) on a Perspective of Defense Economic. Ekonomi Pertahanan: Jurnal Kajian Akademisi Dan Literasi Ilmu Ekonomi Pertahanan, Vol. 5(2), h. 275-296.

Budiarto, D. S., Meylina, A. P., & Diansari, R. E. (2023). Pentingnya E-Commerce Dan Sistem Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 26(1), 110–122. https://doi.org/10.35591/wahana.v26i1.400

Garini, M. P., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Era Covid 19. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 99–110. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.122

Hutahaean, J., Mulyani, N., & Azhar, Z. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan Melalui Kokedama (Pelatihan Daring) Bagi Kumpulan Marga Rajagukguk Se-Kisaran Kabupaten Asahan. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–45.

Karimah, B. P. H., Priharsari, D., & Tibyani. (2022). Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 1298–1305. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10784

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis e-commerce dalam membantu penjualan umkm di tengah pandemi. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(2), 194–200. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/8503

Rachmarwi, ST., MBA., W. (2018). E-Commerce: Studi Tentang Belanja Online Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2). halaman? https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i2.194

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi(Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 5(1), 345–352. http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/article/apjii-at-media/133/2012-pengguna-internet-di-indonesia-

Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764

Saing, D., & Alwendi, U. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 1–9. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Samsiana, S., Khasanah, F. N., Herlawati, Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., Raharja, I., Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62.

Sanjaya, W. S. D. (2021). Peran E-Commerce Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19 : Studi Kasus Umkm Abon Di Kota Boyolali. Intelektiva, 2(12), 150–155. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/665

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28181

Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jeperson Hutahaean, Neni Mulyani, Zulfi Azhar, Adinda Salsabila, Dewi Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: