MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA/SISWI SMA/SMK DI KOTA BATAM MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING
Abstract
Abstrak: Berawal dari seringnya generasi muda melakukan interaksi kemunikasi daring sehingga menunjukkan penurunan minat untuk berbicara di depan umum secara luring. Oleh sebab itu tema pengabdian ini adalah pelatihan public speaking untuk siswa dan siswi SMA dan SMK di kota Batam. Pelatihan ini dilaksanakan di SMA Putra Batam Batu Aji, SMA Ulul Ilmi Cendekia Sekupang, SMA Muhammadiyah 1 Batam, SMK Putra Jaya Tembesi, dan SMK Globe Nasional Plus 2 Batam pada bulan Januari sampai bulan April 2023. Keseluruhan peserta berjumlah 147 siswa dan siswi. Metode pelatihan yang diberikan adalah metode service learning dengan model lecture, discussion, dan practice doing karena tujuan pelatihan ini adalah peserta dapat mendemonstrasikan hasil dari kegiatan pelatihan yaitu public speaking. Untuk mengetahui kemampuan dasar public speaking, peserta diharuskan menjawab 5 pertanyaan. 130 peserta memperoleh nilai di atas 70. Dari hasil kegiatan ini, peserta memiliki pengetahuan soft skill tentang bagaimana berbicara di depan umum, bagaimana peserta menghindari rasa ragu atau gugup ketika berbicara, dan peserta mampu berbicara di depan umum dengan berbahasa Inggris. Kemampuan public speaking peserta meningkat 66%, dan 88% peserta mampu menjawab pertanyaan tentang public speaking. Pelatihan yang sudah dilaksanakan ini sangat bermanfaat apabila terus dilatih tetapi apabila hanya sekali dilakukan maka manfaat yang diperoleh tidak maksimal.
Abstract: Nowadays, the youngsters are beginning to engage more frequently online interaction, which suggests a decline of interest in speaking in front of the public. Therefore, this activity focuses on providing the training of public speaking for the SMA and SMK students in Batam. This activity improves both the participants’ confidence and English skill. It was held at SMA Putra Batam Batu Aji, SMA Ulul Ilmi Cendekia Sekupang, SMA Muhammadiyah 1 Batam, SMK Putra Jaya Tembesi, and SMK Globe Nasional Plus 2 Batam from January to April 2023. 147 participants participated in this training. Due to the aim of this training is that the participants may demonstrate public speaking, it matched the method of service-learning with the models of lecture, discussion, and practice doing. The participants answered 5 essay questions about public speaking, and 130 participants scored above 70 points. The results of this activity were that the participants gained the soft skill about the ability to speak in front of the public, reduce doubt and nervousness while speaking, and speak English. The participants’ public speaking skill reached 66%, and 88% of participants understood about public speaking by answering the questions given.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, N., Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat (S. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Ambalegin, A. (2023). Fight Glossophobia for speaking publicly. In M. J. Rorong (Ed.), The variety concepts of literature and linguistic learning in university (pp. 141–166). Pena Persada Kerta Utama.
Ambalegin, A., Afriana, A., Arianto, T., Purwanti, A., & Handayani, N. D. (2023). Public speaking mastery for SMK graduates’ communication skills. Jurnal PUAN Indonesia, 4(2), 135–142. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.131
Anggriani, D., Hamima, N. W., Azka, K. F. L., & Umara, N. S. (2022). Mengembangkan keterampilan berbicara dan rasa percaya diri melalui public speaking bagi anak panti asuhan Wisma Karya Bakti. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15187
Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan tingkat kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial whatsapp pada mahasiswa kedokteran 2018. Wacana, 20(4), 86–109. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.170
Azar, B. S. (2002). Understanding and using English Grammar (3rd ed.). Pearson Education.
Azwar, S. (2022). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Beebe, S. A., & Beebe, S. J. (2018). Public speaking: An audience -centered approach (10th ed.). Pearson Education.
Cheng, C., & Kuek, F. (2020). The development of English Public Speaking competence rating scale for EFL university and college students in China. International Journal of Research and Review, 7(11), 573-587. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.7_Issue.11_Nov2020/Abstract_IJRR0076.html
Hapzia, A., & Yarni, L. (2023). Dampak penggunaan handphone pada minat belajar siswa kelas x SMAN 1 Situjuah Limo Nagari. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 172–188. https://prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/684
Huddleston, R., Pullum, G. K., & Reynolds, B. (2021). A student’s introduction to English grammar. Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/9781009085748
Jalal, N. M., Gaffar, S. B., Syam, R., Syarif, K. A., & Idris, M. (2023). Pemberian pelatihan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan presentasi di depan umum. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(2), 192–200. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.53769/jai.v3i2.460
Kamil, M. (2012). Model pendidikan dan pelatihan. Alfabeta.
Larsen-Freeman, D., & Celce-Murcia, M. (2016). The grammar book: Form, meaning, and use for English language teachers (3rd ed.). National Geographic Learning.
Lucas, S. E. (2019). The art of public speaking (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Mulyana, D. (2015). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.
Napitupulu, E. E., Luga, N., & Simamora, N. (2023). Pelatihan public speaking yang baik dan benar bagi mahasiswa yang dilaksanakan di Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 82–85. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/3675
Pratama, A. (2022). Membahas tentang komunikasi daring. Peta Network. https://www.peta-network.com/komunikasi-daring/
Prihatiningsih, W., Setiadarma, A., & Maliki, M. (2023). Pelatihan dan implementasi publicsSpeaking di kalangan siswa SMA. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 6(2), 183–192. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2426
Putra, A. A., Wahyuni, I. W., Alucyana, A., & Ajriyah, A. (2021). Pengaruh penggunaan handphone pada siswa sekolah dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(79–89). https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).6531
Rachmawati, F., & Ananda, A. R. (2022). Pelatihan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 17 Surabaya. Humanism Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 126–143. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v3i3.14528
Rahmad, R. (2022). Dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku sosial siswa. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 154–160. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p154-160
Ramadhani, P., & Ulfa, K. (2022). Public speaking melalui kompetisi berbahasa Inggris daring. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 45–51. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i1.959
Romadhon, S. A., Indrayanti, I., & Mutiarawati, M. (2021). Peningkatan public speaking bagi siswa SMK Bina Nusa Slawi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 140–145. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.140-145
Septiani, Z. (2023). UNESCO anjurkan larangan pakai hp di sekolah, ini pertimbangannya. Detikedu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6846095/unesco-anjurkan-larangan-pakai-hp-di-sekolah-ini-pertimbangannya
Situmorang, N. L., Bangun, K., Sitohang, T., Siagian, B. A., & Sitorus, P. J. (2023). Analisis kesulitan keterampilan berbicara dan faktor penyebabnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa-siswi kelas X SMAYapim Taruna Sei Rotan tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 5144–5152. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14277
Smith, S. S. (2008). The everything public speaking book: Deliver a winning presentation every time! Adams Media.
Tumanggor, E. B. R., Sitorus, P. J., & Siagian, B. A. (2022). Pengaruh perubahan pembelajaran daring ke pembelajaran luring terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Wesley Marindal II. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8281–8288. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3700
Wahyuni, S., Amal, F., & Ulfatunnisa, U. (2021). Efektifitas media leaflet dan power point pada pengetahuan remaja putri tentang menstrual personal hygiene. Jurnal SMART Kebidanan, 8(2), 104–109. https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i2.518
Zarefsky, D. (2017). Public speaking: Strategies for success (8th (ed.)). Pearson Education.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ambalegin, Afriana, Angel Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: