PENDAMPINGAN PEMANFAATAN APLIKASI TEMAN TANI PINTAR SEBAGAI MEDIA PERCEPATAN KOMUNIKASI PADA PENYULUHAN PETANI DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL
Abstract
Abstrak: Transformasi Digital di sektor pertanian menjadi fokus dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Universitas Brawijaya memperkenalkan Aplikasi Teman Tani Pintar untuk mempercepat pertukaran informasi di bidang pertanian melalui program penyuluhan pertanian. Sasaran melibatkan 20 petani hortikultura di Desa Landungsari, Kabupaten Malang. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aplikasi tani pintar yang diinisiasi oleh BPP Ketindan Malang dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan kuisioner evaluasi pelaksanaan. Kegiatan telah mencapai indikator keberhasilan dengan merampungkan 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi dan monitoring. Pada setiap tahap pengabdian, kegiatan telah mencapai indikator keberhasilan dengan menuntaskan rangkaian kegiatan 100%. Pengabdian ini telah memperoleh hasil positif karena berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat berperan dalam mengubah perilaku petani menjadi lebih sadar terhadap informasi digital (Mean = 3,657) serta membantu mereka dalam meningkatkan kinerja pemasaran (Mean = 3,736). Maka dari itu, aplikasi ini dianggap memberikan nilai tambah usahatani dan diharapkan dapat dikembangkan menjadi terobosan teknologi informasi di bidang pertanian.
Abstract: The focus on Digital Transformation in the agricultural sector is crucial in facing the challenges of Industry 4.0. Universitas Brawijaya introduces the Aplikasi Teman Tani Pintar as a solution to expedite information exchange in agriculture through agricultural extension programs. 20 horticultural farmers in Landungsari Village, Malang Regency involved with the aims to measure the performance of the application. Activities’ evaluation use evaluation questionnaire. Each stage of activities achieved indicators of success by completing the whole activities 100% (planning, organizing, implementing, and also evaluating and monitoring.). This service obtained positive results based on the evaluation results. It shows that the application can have advantage in changing farmers' behavior to become more aware of digital information (Mean = 3.657) and help them improve marketing performance (Mean = 3.736). Therefore, this application is considered to provide added value to farming and is anticipated to evolve as a groundbreaking information technology innovation in the agricultural field.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Annisa, L. H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pengembangan Rancangan Model Rantai Pasok pada Bidang Pertanian. Journal of Agribusiness Science and Rural Development, 2(2), 38–46. https://doi.org/10.32639/jasrd.v2i2.366
Burhan, A. B. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pengembangan Ekonomi Pertanian dan Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 233–247. https://doi.org/10.46937/16201826338
Darmawati, D., & Ningrum, P. P. A. (2020). Kepuasan Petani Terhadap Pelayanan Penyuluh Pertanian Dalam Aktivitas Penyuluhan Pertanian Di Kabupaten Banyuasin (Studi Kasus: Kelompok Tani Di Kecamatan Makarti Jaya). Societa, 9(2), 55–63.
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1), 1–8.
Krisdayanti, W., Kusumawati, N. D., & Akbar, R. F. (2022). Pemberdayaan Petani Alpukat Desa Tuwiri Kulon Kabupaten Tuban Melalui Penyuluhan Digital Marketing Dalam Upaya Akselerasi Perekonomian Desa. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 3(2), 51–57.
Manik, T. K., Timotiwu, P. B., Agustiansyah, & Ginting, Y. (2023). Penggunaan Aplikasi Agroped Dalam Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Dan Sarana Konsultasi Bagi Petani Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 02(01), 031–040. https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JPFP/article/view/6687
Meijer, S. S., Catacutan, D., Ajayi, O. C., Sileshi, G. W., & Nieuwenhuis, M. (2015). The role of knowledge, attitudes and perceptions in the uptake of agricultural and agroforestry innovations among smallholder farmers in sub-Saharan Africa. International Journal of Agricultural Sustainability, 13(1), 40–54. https://doi.org/10.1080/14735903.2014.912493
Nitturkar, H. (2021). A practical tool to enhance the chances of success of digital agriculture interventions for sustainable development in Africa and India. Journal of Crop Improvement, 35, 890–914.
Nurdayati, N., Purwo Widiarso, B., Eka Pratiwi, D., & Mentari Putri Wijaya, F. (2021). Pengetahuan sebagai Mediasi Intensitas Penyuluhan Terhadap Persepsi Peternak pada Penggunaan Serbuk Daun Nangka sebagai Obat Cacing pada Domba. Jurnal Penyuluhan, 17(1), 25–39. https://doi.org/10.25015/17202132921
Pemerintah Kecamatan Dau. (2017). Profil dan potensi kecamatan dau. Profil Kecamatan Dau.
Putri, R. E., Astuti, L. T. W., & Yanti, N. (2016). Adopsi Petani terhadap Teknologi Pengendalian Jamur Akar Putih pada Tanaman Karet (Hevea Brasilliensis Muel. Arg) Di Kejuruan Muda – Aceh Tamiang. Agrica Ekstensia, 10(2), 8–18.
Saridewi, T. R., & Siregar, A. N. (2020). Hubungan antara peran penyuluh dan adopsi teknologi oleh petani terhadap peningkatan produksi padi di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 5(1), 55–61.
Sirajuddin, Z., & Liskawati Kamba, P. (2021). Farmer’s Perception on Information and Communication Technology Implementation in Agricultural Extension. Jurnal Penyuluhan, 17(2), 136–144.
Sudarso, D., Prakoso, W., Widakdo, J., Holik, A., & Iska, L. N. (2021). Efek Usia dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian. Jurnal Penyuluhan, 17(1), 52–59. https://doi.org/10.25015/17202131614
Suratini, S., Muljono, P., & Tri Wibowo, C. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Mendukung Kegiatan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Penyuluhan, 17(1), 12–24. https://doi.org/10.25015/17202132302
Suswadi, S., Irawan, N. C., Prasetyo, A., Mahananto, M., Prasetyowati, K., Daryanti, D., KD, T. S., Suprapti, E., Budiyono, A., Supriyadi, T., & Wiyono, W. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda tani komoditas hortikultura. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 201–209. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2698
Sutresna, I. W., Yakop, U. M., Sudika, I. W., Wayan, N., & Suliartini, S. (2023). Perbaikan Lingkungan Tumbuh Varietas Jagung Ketan Sebagai Upaya Peningkatan Produksi dan Pendapatan Petani. 4(2), 190–195.
Swasono, M. A. H., K, D. M., & Muthmainah, H. N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Optimalisasi Produksi Tanaman Pangan: Studi Bibliometrik Skala Nasional. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 668–683. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.589
Swastuti, E. (2020). Menejemen Inovasi Strategis Danadopsi Digital Marketing Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Bisnis Ikm Tenun Troso Kabupaten Jepara. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 127–143. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.127-143
Yulida, R., Rosnita, Andriani, Y., & Septya, F. (2022). Penyuluhan Sistem Pemasaran Online Paktani Digital Sebagai Upaya Perluasan Pasar Produk Lokal Di Desa Bukit Lingkar Kabupaten Indragiri Hulu. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(1), 30–35. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i1.3675
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Novi Haryati, Putra Irwandi, Muhamad Zahran Nurirrozak, Muhammad Nur Wavi, Hanifah Muslimah Az-Zahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: