PELATIHAN PEMBUATAN ASESMEN DIGITAL DENGAN APLIKASI QUIZ-MAKER I-SPRING BAGI GURU-GURU SMA
Abstract
Abstrak: Kebutuhan akan penilaian berbasis digital akhir-akhir ini melatarbelakangi kegiatan pelatihan ini. Pelatihan ini terutama ditujukan untuk mendampingi para guru-guru SMA Islam Nusantara dari semua mata pelajaran untuk membuat asesmen digital menggunakan aplikasi Quiz-maker I-Spring. Dalam pelatihan ini, metode yang dipakai adalah pelatihan. Dalam pelatihan ini pengabdi bermitra dengan SMA Islam Nusantara, tempat pengabdian ini berlangsung, dengan partisipan sebanyak 13 guru. Dalam proses pengumpulan data sekaligus evaluasi dari pelatihan yang dilaksanakan, kami membagikan kuesioner kepada peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Di samping itu, kami juga mengumpulkan data berupa observasi dari kegiatan yang sedang berlangsung dalam bentuk data lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis data yang terkumpul menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang dinilai sangat bermanfaat untuk menyiapkan guru-guru menghadapi era digital. Di akhir pelatihan, dari hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru dalam membuat asesmen digital dengan aplikasi Quiz-maker I Spring mengalami peningkatan. Selain untuk guru, pelatihan ini dinilai juga sangat bermanfaat untuk siswa di kemudian hari.
Abstract: The recent need for digital-based assessments has prompted the initiation of this training program. This training primarily aims to assist the teachers of SMA Islam Nusantara in creating digital assessments using the Quiz-maker I-Spring application. The method employed is hands-on, taking place in SMA Islam Nusantara, involving fifteen teachers from across subjects. In the process of data collection and evaluation during the training, we distributed questionnaires to participants both before and after the training sessions. Additionally, we gathered observational data from the ongoing activities. The collected data were then analyzed descriptively and qualitatively. The results of the data analysis indicate that participants were highly enthusiastic about the training, considering that it’s very beneficial in preparing teachers to face the digital era. At the end of the training, observations showed that the ability of teachers to make digital assessments with the Quiz-maker I Spring application experienced an improvement. Moreover, the training was deemed highly valuable not only for teachers but also for students in the future.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amalia, D. F. (2020). Quizizz Website as an Online Assessment for English Teaching and Learning: Students’ Perspective. Journal of English Language Teaching, 7(1), 1–8.
Andriani, K. M., Maemonah, & Wiranata, R. R. S. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263
Anita, Martin, & Hastiani. (2022). Percaya diri dalam belajar Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Spirits. https://doi.org/10.30738/spirits.v11i2.12673
Aryani, D., Patiro, S. P. S., & Putra, S. D. (2021). Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19. Terang. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449
Buahana, B. N., Karta, I. W., Astawa, I. M. S., & Amalina, A. D. (2022). Pelayanan Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Asesmen dan Diagnosis Kesulitan Belajar pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.611
Chaeroni, Y., Hamdani, N. A., Margana, A., & Rahadian, D. (2020). Penerapan I-Spring Suite 8 pada Model Pembelajaran IMPROVE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahanan dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Pokok Bahasan Program Liniar di Tingkat Sekolah Menengah. Gunahumas. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23026
Dizon, G. (2016). Quizlet in the EFL classroom: Enhancing academic vocabulary acquisition of Japanese university students. Teaching English with Technology.
Eda, G. (2014). An Analysis of Engineering Students’ English Language Needs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4182 – 4186.
Efendi, R. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMA Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya. https://doi.org/10.37061/jps.v8i2.12432
Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
Fitriani, F. (2021). Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI. Genderang Asa: Journal of Primary Education. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.152
Irtawaty, A. S., Ulfah, M., Hadiyanto, H., & Suhaedi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi I-Spring untuk Peningkatan Kualitas Teaching Method bagi Guru SMK di Balikpapan. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.25077/logista.2.2.66-74.2018
Masyrufin, A. (2022). Pengembangan Game Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.977
Nasution, H. A., & Nasution, F. A. (2020). Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1306
Ningsih, S. K., & Mulyono, H. (2019). Digital assessment resources in primary and secondary school classrooms: Teachers’ use and perceptions. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i08.10730
Purnomo, M. E. (2021). Innovation in Education During Pandemic: Challenges and Opportunities. Proceedings of International Education.
Purwasih, R., & Minarti, E. D. (2022). Pelatihan Powerpoint I-Spring bagi Guru MGMP Matematika Sebagai Median Interaktif Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. https://doi.org/10.31932/jpmk.v5i1.1509
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Susilawati, E., Khaira, I., & Atmawarni, A. (2022). Penerapan Model Penilaian Berbasis Teknologi Digital ASES untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Kebijakan Publik. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP). https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33761
Zamista, A. A. (2022). Asesmen Online sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Era Digital: Penelitian Systematic Literature Review. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/10.24090/insania.v27i2.6756
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Henny Rahmawati, Ahmad Sufyan Zauri, Moh. Imron Azami, Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: