PEMANFAATAN APLIKASI TES PSIKOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMUDAHKAN KONSELOR DALAM MENGENAL KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak: Di era digital, aplikasi memiliki peran yang semakin penting di lembaga pendidikan, aplikasi membawa berbagai manfaat dalam hal efisiensi, akses informasi, dan pengalaman pembelajaran serta layanan konseling dan dukungan psikologis untuk siswa. Selain mengajar di kelas, guru juga memiliki peran sebagai konselor (memberikan bimbingan kepada siswa). Aplikasi tes psikologi dapat memainkan peran konselor dalam melaksanakan tugas bimbingan dan konseling. Aplikasi tes psikologi dapat membantu konselor dalam memantau perkembangan siswa selama proses konseling. Hal ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang efektivitas intervensi dan perluasan dukungan yang diperlukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skills peserta pengabdian terkait kepribadian, minat, bakat, dan kesesuaian jurusan dan karir mereka. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pengenalan dan pemanfaatan aplikasi tes psikologi di SMK PGRI Kota Tegal dengan jumlah peserta 55 yang terdiri dari 50 siswa, 4 guru kelas, dan 1 guru bimbingan konseling (BK). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, praktikum, dan pendampingan. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara memberikan pre-test dan posttest pada peserta pengabdian untuk mengetahui tingkat ketercapaian kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa 90% peserta pengabdian menjadi lebih mengerti tentang kepribadian diri, minat, bakat, dan kecocokan karir mereka.
Abstract: In the digital era, applications have an increasingly important role in educational institutions, applications bring various benefits in terms of efficiency, access to information, and learning experiences as well as counseling services and psychological support for students. Apart from teaching in class, teachers also have a role as counselors (providing guidance to students). Psychological test applications can play the role of counselors in carrying out guidance and counseling tasks. Psychological test applications can help counselors monitor student progress during the counseling process. This may provide further insight into the effectiveness of interventions and the extent of support required. This community service activity aims to increase the knowledge and skills of service participants regarding their personality, interests, talents, and suitability of their major and career. In this community service activity, the introduction and use of psychological testing applications was carried out at SMK PGRI Tegal City with a total of 55 participants consisting of 50 students, 4 class teachers, and 1 counseling guidance teacher. The methods used in this activity are socialization, practicum and mentoring. Evaluation of activities is carried out by giving pre-tests and post-tests to community service participants to determine the level of achievement of activities. The results of this service activity show that 90% of service participants have a better understanding of their personality, interests, talents and career suitability.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afdal, S. (2018). Pendidik Sebagai Konselor Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan UMAT, 1(1), 85-92. doi:https://doi.org/10.31869/jkpu.v1i1.1121
Andriansyah, M. T., & Apriyanto, B. (2022). Implementasi Sistem Aplikasi Psikotes Online Untuk Pembuatan Sim Berbasis Web (Studi Kasus : PT Patih Samudra Perkasa). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, 1(1), 30-39. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1311
Briones, S. K., Dagamac, R. J., David, J. D., & Landerio, C. A. (2022). Factors Affecting the Students’ Scholastic Performance: A Survey Study. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 97-102. doi:https://doi.org/10.17509/ijert.v2i2.41394
Feriawan. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Psikotes Berbasis Web Pada Perusahaan Lembaga Psikologi Aurora. Surabaya: Universitas Widya Kartika. http://repository.widyakartika.ac.id/1988/
Ndolu, S. H., Keraf, M. K., & Damayanti, Y. (2021). The Influence of the Choice Of Majors on Student Interest in Learning at SMK Negeri 4 Kupang City. Journal of Health and Behavioral Science, 3(3), 243-260. doi:https://doi.org/10.35508/jhbs.v3i3.4204
Nokas, S. S., Nitte, Y. M., & Mbuik, H. B. (2021). Peran Guru Kelas Sebagai Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.
Nur’aeni. (2020). Tes Psikologi Tes Inteligensi Dan Tes Bakat. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto Press.
Perta, W. P. (2021). Dampak Pemilihan Jurusan Terhadap Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Batusangkar. Batusangkar: Publikasi IAIN Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/21335
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. (hal. 289-302). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Rakha, M. (2021). Pembuatan Aplikasi Tes Kepribadian Berbasis Web. Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta. https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3492/
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/47
Sirojuddin, Holis, M., & Fathullah. (2020). Peran Guru sebagai Konselor dalam Kegiatan Belajar Siswa. Al-Miftah: Jurnal Sosial dan Dakwah, 1(1), 1-14. https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/almiftah/article/view/239
Sulystiyawati, E. W., & Purwaningsih, I. E. (2014). Peran Hasil Tes Penjurusan Studi Terhadap Pemilihan Jurusan Pada Siswa SMA. Jurnal Spirit, 35-47. doi:https://doi.org/10.30738/spirits.v5i1.1056
Widjaya, O. H., Hababa, H., & Christian, I. (2022). Pengenalan Tes Psikologi bagi Siswa Siswi SMK Bhinneka Tunggal Ika Jakarta. SERINA IV UNTAR 2022 (hal. 1407-1412). Jakarta: Prosiding Seminar Nasional (SERINA). doi:https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19919
Yani, D. M., Yuliatin, S., & Amraeni, Y. (2022). Assesmen Psikologi Tes Minat Bakat Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Anggaberi. Jurnal Mandala pengabdian Masyarakat, 3(1), 8-14. doi:https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i1.45
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 M. Nishom, Taufiq Abidin, Dega Surono Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: