PENGUATAN KOMPETENSI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH MELALUI WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK SEKOLAH PENGGERAK

Nunuk Hariyati, Amrozi Khamidi, Muhamad Sholeh, Nia Islamiah, Indah Nur Faizah

Abstract


Abstrak: Pelatihan pengembangan instrumen supervisi sekolah penggerak merupakan langkah strategis yang dilaksanakan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi Pengawas dan Kepala Sekolah atas permasalahan rendahnya kompetensi dalam melaksanakan supervisi di sekolah penggerak. Terutama dikarenakan belum adanya pedoman secara khusus yang diberikan pemerintah dalam mendukung Pengawas dan Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi di sekolah penggerak. Sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam menyusun instrumen supervisi dengan konteks sekolah penggerak. Peserta dari kegiatan ini adalah para Pengawas dan Kepala Sekolah Penggerak tingkat SMP di Kabupaten Lamongan yang berjumlah 15 orang. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan pelatihan yang mengelaborasikan antara peningkatan wawasan melalui metode ceramah dan peningkatan keterampilan melalui praktik dan diskusi 2 arah. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid yakni melalui aplikasi Google Meet dan luring yang bertempat di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Pelaksanaan evaluasi dari kegiatan ini adalah dengan pre-test post-test dan evaluasi kegiatan PKM yang disajikan dalam bentuk Google Form. Capaian dari pelaksanaan kegiatan ini adalah (1) meningkatnya kompetensi Pengawas dan Kepala Sekolah tentang ruang lingkup supervisi sekolah penggerak yaitu dengan persentase peningkatan dari 53% menjadi 67% dengan kategori “memahami”. (2) meningkatnya keterampilan pengawas dan kepala sekolah dalam mengembangkan instrumen supervisi sekolah penggerak yang ditunjukkan dengan luaran berupa instrumen supervisi sekolah penggerak bagi pengawas dan kepala sekolah beserta rubrik penilaiannya.

Abstract: Training to develop supervision instruments for Sekolah Penggerak is a strategic step taken to overcome the problems faced by Supervisors and Principals regarding the problem of low competence in carrying out supervision in Sekolah Penggerak. This is because there are no specific guidelines provided by the government to support supervisors and principals in carrying out supervision in Sekolah Penggerak. So this community service activity is carried out to increase the competence of Supervisors and Principals in preparing supervision instruments in the context of Sekolah Penggerak. Participants in this activity were 15 supervisors and principals of the middle school level in Lamongan Regency. The method of this community service activity is through training which elaborates between increasing insight through the lecture method and improving skills through practice and 2-way discussions. Activities are held in a hybrid, online and offline at the Lamongan Regency Education Office. The evaluation of this activity is using a pre-test, post-test and evaluation of PKM activities which are presented in the Google Form. The achievements of implementing this activity are (1) increasing the competence of Supervisors and Principals regarding the scope of supervision of Sekolah Penggerak with an increase in percentage from 53% to 67% in the "understanding" category. (2) increasing the skills of supervisors and school principals in developing supervision instruments as demonstrated by the output in the form of supervision instruments for supervisors and school principals with assessment rubrics.


Keywords


capacity strengthening, supervisor; principal; supervision instrument; sekolah penggerak.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Desianti, L. C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigm Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 128–140. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4936

Fayol, H. (2016). General and Industrial Management (diterjemah). Ravenoi Books.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Gordon, J. M. R. (2013). The Basic Guide to Supervision and Instructional Leadership. Pearson Education Inc.

Gordon, S. (2019). Educational Supervision: Reflections on Its Past, Present, and Future. Journal of Educational Supervision, 2(2), 27–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31045/jes.2.2.3

Hariyati, N. (2020). Metamorfosis Supervisi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. In Belajar dari Covid-19: Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum Kebijakan & Pendidikan (pp. 145–154). Yayasan Kita Menulis.

Hasanah, N. (2015). Dampak Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Salatiga. Inferensi, 9(2), 445. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.445-466

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Mahani, M. A. (2023). Pentingnya Supervisi Pendidikan Bagi Guru. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 95–105.

Mamun, M. A., & Wasliman, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Lulusan Di SMP Negeri 18 Dan SMP Negeri 28 Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, 4(2), 589–601.

Mardiana, M., Anas, I., Simbala, W., Abbas, A. L., & Nur, A. (2024). Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(1), 590–600.

Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (PSP) Terhadap Kinerja dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3255

Nasrin, N. (2021). Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MIN 5 Aceh Tenggara. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 180–192. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.17

Nurasiah, Ii., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2020). Nilai Kearifan Lokal:Projel Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Siahaan, A., Pasaribu, M. H., Suparliadi, S., Syahputra, M. R., & Mukhlasin, A. (2021). The Role of The Supervision of The Principal In Improving The Quality of Education in The State Ibtidaiyah Madrasah, Langkat Regency. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 783–795. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1553

Subekti, A. (2023). Supervisi Akademik Berbantuan Google Workspace for Education untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 57–70. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1045




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nunuk Hariyati, Amrozi Khamidi, Muhamad Sholeh, Nia Islamiah, Indah Nur Faizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: