PELATIHAN LEADERSHIP PROJECT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ORASI, PIDATO DAN DEBAT
Abstract
Abstrak: Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh setiap individu. Oleh sebab itu Permendikbudristek No. 56/M/2022 memuat kegiatan kurikulum berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan pemahaman karakter peserta didik. Mahasiswa dirancang untuk dapat bersaing di dunia kerja sehingga membutuhkan karakter kepemimpinan yang kuat. Kepercayaan diri dan komunikasi merupakan unsur penting dalam kepemimpinan. Kegiatan ini merupakanTujuan kegiatan Leadership Project melalui adalah memberikan pelatihan orasi, pidato, dan debat. Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari dengan metode hybrid learning. Metode yang digunakan menggunakan ceramah, diskusi, drill method, dan lomba sebagai evaluasi. Sasaran kegiatan ini merupakan mahasiswa Semester I dan III kemudian diikuti oleh 30 mahasiswa. Sistem evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survey pemahaman partisipan atas materi dan praktek yang diberikan selama kegiatan berlangsung. Hasil evaluasi awal atas survey pemahaman mahasiswa mengungkapkan adanya peningkatan pemahaman mengenai kepemimpinan sebesar 98%, kemudian peningkatan pengetahuan mengenai orasi, pidato dan debat sebesar 95%, mahasiswa juga mengalami peningkatan ketrampilan berkomunikasi sebesar 92%, dan meningkatkan kepercayaan diri sebsar 93%. Sementara hasil evaluasi akhir. Hasil evaluasi menunjukkan 95% mahasiswa mengalami peningkatan dalam ketrampilan orasi, pidato, dan debat.
Abstract: Leadership is a crucial competency that every individual must master. Hence, Permendikbudristek No. 56/M/2022 includes a curriculum of project-based activities designed to strengthen the achievement of competencies and understanding of students' character traits. Students are prepared to compete in the job market and thus require strong leadership characteristics. Self-confidence and communication are essential elements of leadership. The Eqolium Leadership Project aims to provide training in oratory, public speaking, and debate. This activity takes place over six days using a hybrid learning method. The methods employed include lectures, discussions, the drill method, and competitions for evaluation. The target participants are first and third-semester students, with a total of 30 students participating. The evaluation system used in this activity is a survey assessing the participants' understanding of the material and practices provided during the event. Initial evaluation results from the survey on students' understanding revealed a 98% improvement in leadership knowledge, a 95% increase in knowledge about oratory, public speaking, and debate, a 92% improvement in communication skills, and a 93% increase in self-confidence. Meanwhile, the final evaluation results show that 95% of students improved their skills in oratory, public speaking, and debate.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Azhari, N., & Nursalim, M. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dengan Tingkat School Refusal Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Surabaya. Jurnal BK Unesa.
Borghi, A. M., & Fernyhough, C. (2023). Concepts, abstractness and inner speech. In Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences (Vol. 378, Issue 1870). https://doi.org/10.1098/rstb.2021.0371
Cahyaningrum, N. H. (2019). Keefektifan Metode Praktik Langsung Dan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara Bagi Pemelajar BIPA 4 UNNES. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2).
Dewi, A. C., & Yahya, M. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Jurnal Konsepsi, 11(2).
Egho, F. T., Pradana, I. P. Y. B., & Sayrani, L. P. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Program Pembangunan Fisik Desa. Publicness: Journal of Public Administration Studies, 2(4), 446–460. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/publicness.v2i4.160
Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. SOROT, 10(2). https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212
Fitriani, F. (2017). Pelatihan Dasar Kepemimpinan (Ldk) Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Musamus. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial.
Hafizah, H., & Ambiyar, A. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31693
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6.
Kusumadinata, A. A., Hidayat, M. F., & Sumah, A. S. W. (2024). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Masjid Desa Cibitung Tengah. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.59025/js.v3i1.187
Marwiyah, S., Wijayawati, I. I., & Karmawati, W. D. (2022). Penyuluhan Tentang Menggali Jiwa Kepemimpinan Dalam Berorganisasi di Era 4.0 Untuk Kalangan Mahasiswa Pekerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 2(1).
Maslow, A. (1970). Motivation and Personality (2nd editio). Harper & Row.
Monte, D. (2022). Pengertian Ilmu Manajemen Menurut Stoner dan Fungsinya. In Artikelsiana.
Pradana, I. P. Y. B. (2024). Kepemimpinan Dalam Organisasi. In Harini Fajar Ningrum (Ed.), Pengantar Manajemen (1st ed., pp. 83–101). CV. Media Sains Indonesia.
Rahmah, Herwina, & Syintya, D. (2023). Pengaruh percaya diri terhadap komunikasi interpersonal guru di TK Aba Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).
Resmini. (2013). Orasi dan Literasi dalam Pengajaran Bahasa. Penddikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2).
Rosa, A. T. R., Fitria, J. R., Syahroni, M. J., Budiman, K., & Novia, T. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.31137
Sappaile, B. I., & Pahrijal, R. (2023). Hubungan antara Self-Leadership dan Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Baru: Tinjauan Terhadap Strategi Self-Leadership dan Dampaknya pada Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(03). https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i03.424
Sari, L. K., Sunanih, S., & Saleh, Y. T. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1).
Setianingsih, S., Akhwani, & Taufiq, MuhammadHartatik, S. (2019). Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa. Bina Gogik, 7(2).
Tead, M., & Terry, H. (2022). Defenisi Kepemimpinan dan Wirausaha. Kewirausahaan (Sejarah, Peluang, Dan Tantangan).
Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392
Vidiadari, I. S., Rismayanti, R., & Tunggal, I. D. A. (2021). Pelatihan Public Speaking dan Pemanfaatan Media Sosial pada Komunitas Women March Yogyakarta. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.148
Wael, A., Uluelang, K., Hasanudin, H., Akib, R., & Hartanti, R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Debat Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Acitya Bhakti, 3(1). https://doi.org/10.32493/acb.v3i1.24248
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 I Putu Yoga Bumi Pradana, Nadia Sasmita Wijayanti, Made Ngurah Demi Andayana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: