PENDAMPINGAN INOVASI NEW-PACKAGING DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK TEH BUNGA TELANG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN DAYA SAING PRODUK LOKAL

Heptari Elita Dewi, Novi Haryati, Anisa Aprilia, Effy Yuswita, Djoko Koestiono, Imaniar Ilmi Pariasa, Andrean Eka Hardana, Rachman Hartono, Fitria Dina Riana, Silvana Maulidah, Arif Yustian Maulana Noor

Abstract


Abstrak: Komunitas Puri Hijau Royo-royo memproduksi produk teh bunga telang dengan kemasan yang sederhana dan belum ada kelengkapan informasi pada kemasan tersebut. Pemasaran yang dilakukan juga masih terbatas. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan hardskill mitra dalam pengolahan bunga telang, pembuatan desain dan logo kemasan yang lebih menarik, dan pemasaran olahan berupa teh bunga telang.: mengidentifikasikan kebutuh mitra yaitu Komunitas Puri Hijau Royo-royo, melakukan pelatihan pendampingan Pengolahan Bunga Telang, melakukan pelatihan desain pengemasan dan foto produk untuk peningkatan strategi pemasaran teh bunga telang. Metode yang digunakan antara lain mengidentifikasi kebutuhan mitra, persiapan material pengabdian, pelatihan dan pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Mitra kegiatan ini adalah anggota aktif dari komunitas Puri Hijau Royo-royo sebanyak 15 orang. Evaluasi yang digunakan menggunakan kuesioner pre test dan post test untuk mengukur pemahaman peserta. Setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, terjadi peningkatan pemahaman yang cukup tinggi sebesar 49% setelah pemberian materi tentang pengemasan dan pemasaran produk teh bunga telang. Kemasan dan label yang diajukan oleh tim pengabdian memenuhi harapan peserta, dan rata-rata peserta sangat setuju bahwa pengetahuan mereka bertambah setelah adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Abstract: The Puri Hijau Royo-Royo Community produces telang flower tea products with simple packaging, and there is no complete information on the packaging. The marketing carried out is limited. This community service aims to increase partners' knowledge and hard skills in processing butterfly pea flowers, creating more attractive packaging designs and logos, and marketing processed telang flower tea. The methods used include identifying partner needs, preparing service materials, training-mentoring, and evaluating activities. The partners for this activity are 15 active members of the Puri Hijau Royo-Royo community. The evaluation used pre-test and post-test questionnaires to measure participants' understanding. After carrying out community service activities, there was a fairly high increase in understanding of 49% after providing material on packaging and marketing of butterfly pea flower tea products. The packaging and labels proposed by the service team met the participants' expectations, and on average, the participants strongly agreed that their knowledge had increased after this community service activity.


Keywords


Butterfly Pea Flower Tea; Logo Design; Marketing; Packaging Design.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustin, D., Rushadiyati, R., Asim, A., Ahmadun, A., & Nurminingsih, N. (2022). Pelatihan Membuat Foto Produk dengan Kamera Smart-Phone Bagi Usaha Mikro Kecil di Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 39–44. https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1969

Anasrulloh, M., & Basiron. (2017). Pelatihan Pembuatan Kemasan Packaging Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kacang Emping Melinjo. J-Adimas (Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat), 5(1), 26–30. https://doi.org/10.29100/j-adimas.v5i1.631.g298

Arizka, A., & Daryatmo, J. (2015). Perubahan Kelembaban dan Kadar Air Teh Selama Penyimpanan pada Suhu dan Kemasan yang Berbeda. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4(4), 124–129. https://doi.org/10.17728/jatp.v4i4.6

Asim, Z., Shamsi, I.R.A., Wahaj, M., Raza, A., Abul Hasan, S., Siddiqui, S.A., Aladresi, A., Sorooshian, S., Seng Teck, T. (2022). Significance of Sustainable Packaging: A Case-Study from a Supply Chain Perspective. Appl. Syst. Innov., 5, 117. https://doi.org/10.3390/asi5060117

Boz, Z., Korhonen, V., Koelsch Sand, C. (2020). Consumer Considerations for the Implementation of Sustainable Packaging: A Review. Sustainability, 12, 2192. https://doi.org/10.3390/su12062192

Drago, E., Campardelli, R., Pettinato, M., Perego, P. (2020). Innovations in Smart Packaging Concepts for Food: An Extensive Review. Foods, 9, 1628. https://doi.org/10.3390/foods9111628

Fadiji, T., Pathare, P.B. (2023). Technological Advancements in Food Processing and Packaging. Processes, 11, 2571. https://doi.org/10.3390/pr11092571

Kurniawan, M., & Haryati, N. (2017). Analysis of Business Development Strategy of Soursop Juice Beverage. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.02.6

Latifah, A. (2020). Kajian Visual Kemasan I Tubruk Lokal. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 62–83. https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.3704

Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi KasITeh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Novida, S., Linggarweni, B. I & ... (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Foto Produk Pangan Olahan Bagi Enterpreneur Milenial di Kota Mataram. Magister Pendidikan IPA. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1371%0Ahttps://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/download/1371/1014

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan Umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127–136. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16056

Putri, S. A. (2019). Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity, 2(1), 0–1. https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2143

Rundh, B. (2016), "The role of packaging within marketing and value creation", British Food Journal, Vol. 118 No. 10, pp. 2491-2511. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2015-0390

Sastre, R.M., de Paula, I.C., Echeveste, M.E.S. (2022). A Systematic Literature Review on Packaging Sustainability: Contents, Opportunities, and Guidelines. Sustainability, 14, 6727. https://doi.org/10.3390/su14116727

Spence, C., Van Doorn, G. (2022). Visual communication via the design of food and beverage packaging. Cogn. Research 7, 42. https://doi.org/10.1186/s41235-022-00391-9

Uchyani, R., & Irianto, H. (2016). Pengembangan Pasar Produk Olahan Kacang Melalui Perbaikan Kemasan. Ajie - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(1), 32–37. https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss1.art6

Wantoro, Kurniawan, I., & Anggraeni, S. (2021). Perbandingan Visual Foto Pada Kemasan Indomie Varian Mi Goreng Tahun 2006 dan 2010. 10,issue? 1–11.

Yan, M.R., Hsieh, S., Ricacho, N. (2022). Innovative Food Packaging, Food Quality and Safety, and Consumer Perspectives. Processes, 10, 747. https://doi.org/10.3390/pr10040747




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Heptari Elita Dewi, Novi Haryati, Anisa Aprilia, Effy Yuswita, Djoko Koestiono, Imaniar Ilmi Pariasa, Andrean Eka Hardana, Rachman Hartono, Fitria Dina Riana, Silvana Maulidah, Arif Yustian Maulana Noor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: