PELATIHAN TAHSIN UNTUK MENINGKATKAN DAN MEMPERBAIKI BACAAN AL-QUR’AN

Muthi’ah Muthi’ah, Dinda Amartia Sari, Yusrial Yusrial, Fadly AS, Yumna Yumna, Dina Dahliana, Taruddin Taruddin

Abstract


Abstrak: Kegiatan pelatihan tahsin tilawah dalam program kuliah kerja nyata ini bertujuan untuk memperbaiki bacaan al-qur’an jamaah masjid Nurul Huda yang masih banyak kesalahan saat membaca Al-Qur’an, baik dari segi tajwid maupun makharijul hurufnya, bahkan masih ada yang tidak mengenali huruf hijaiyah. Untuk itu pelatihan ini penting dilakukan untuk memperbaiki bacaan Al-Qr’an dengan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu jamaah masjid Nurul Huda, yang dimulai dengan memberikan materi pentingnya tahsin al-qur’an dan tajwid. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan al-qur’an dan memperindah bacaan al-qur’an agar sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW. kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari ibu-ibu jamaah masjid Nurul Huda. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Talaqqi dan ceramah, yaitu dengan mendiktekan bacaan al-qur’an dan menjelaskan hukum-hukum terkait ayat yang dibacakan. Setelah dilakukan evaluasi dengan mentalaqqi bacaan para peserta satu persatu, hasilnya diperoleh dari keseluruhan peserta terdapat 19 peserta sudah dapat membaca al-qur’an dengan baik dan meningkat dari sebelumnya dan 2 peserta masih membutuhkan pelatihan dan bimbingan. Artinya, 90% peserta sudah mampu membaca al-qur’an dengan baik, sedangkan yang masih butuh bimbingan sebanyak 10%.

Abstract: The tahsin recitation training activity in this real work lecture program aims to improve the reading of the Qur'an by congregants at the Nurul Huda Mosque who still make a lot of mistakes when reading the Qur'an, both in terms of tajwid and makharijul letters, and there are still some who don't recognize the letters. . hijaiyah. For this reason, it is important to carry out this training to improve the reading of the Al-Qur'an by providing training to the mothers of the Nurul Huda mosque congregation, which begins by providing material on the importance of tahsin Al-Qur'an and recitation. This activity aims to improve the quality of Al-Qur'an reading and beautify Al-Qur'an reading so that it is in accordance with what the Prophet SAW taught. This activity was attended by 21 participants consisting of mothers from the Nurul Huda mosque congregation. The method used in this training is Talaqqi and lectures, namely by dictating the reading of the Koran and explaining the laws related to the verses being read. After evaluating the mental reading of the participants one by one, the results obtained from all participants were that 19 participants were able to read the Koran well and had improved from before and 2 participants still needed training and guidance. This means that 90% of the participants were able to read the Koran well, while 10% still needed guidance.


Keywords


Tahsin; Recitation; Reading; Al-qur’an.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amin, M. (n.d.). The Strategy of Islamic Religious Counselors in Fostering Religious Spirit among the Community in Balassuka Village, Tombolo Pao Sub-District. Jurnal Mercusuar, 4(2), 229–240.

Aqbar, K., Sirajuddin, S., & Aswar, A. (2023). Pembentukan Karakter Islami di Desa Bolaromang. Wahatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 142–156.

Baharun, H., & Rukmana, I. D. (2023). The Tahfidzul Qur’an Program and Cultural Communication: Improving School Image. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 136–154.

Baskara, D., Aliffudin, F., Ajriya, Y. F., & Hidayat, W. (2023). Bimbingan Agama Melalui Tahsin Al-Qur’an Surat Al-Fatihah kepada Jamaah Masjid Miftahul Falah RW 04 Kampung Cikondang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(4), 278–287.

Bidin A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan L-qur’an Melalui Metode talaqqi Di MTSN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 4(1), 9–15.

Faisal, M., Marisa, S. N., Fisa, T., Amiruddin, A., & Rahim, R. A. (2023). Optimalisasi Metode Tahsin Al-Qur’an Bagi Pelajar Pada MAN 1 Meulaboh. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1839

Fenty Sulastini, & Moh. Zamili. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–31. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227

Hamid, A. (2022). Pengantar Studi Al-Qur’an. Prenada Media.

Heriyansyah, H., Solahudin, S., Maulida, A., & Bafadhol, I. (2023). Peningkatan Mutu Keagamaan dan Penerapan Dakwah di Lingkungan Gunung Malang, Tenjolaya Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 169–184.

Jahrani. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Dewasa di Masjid Al-Firdaus. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 342–353.

Khalisah, S., Lubis, R., & Iskandar, T. (2023). Pelatihan Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Makhorijul Huruf Dan Tajwid Pada Majlis Taklim Di Desa Jayasakti Muara Gembong. An-Nizam, 2(2), 27–35.

Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 55–68.

Multahada, E. (2023). Implications of Reading the Qur’ān with an Elaboration Approach to Older Adult’s Memory. Jurnal Studi Al-Qur’an, 19(2), 269–283.

Rahman, A., Qorib, M., & Zuliana, Z. (2023). Pelatihan Tahsin Bacaan Sholat Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Sholat Melalui Metode Muqotha’ah Pada Ibu-Ibu Aisyiyah Ranting Puji Mulio. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6158–6168.

Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138

Sanyoto, T., Fadli, N., & Rosyadi, R. I. (2023). Implementation of Tawhid-Based Integral Education to Improve and Strengthen Hidayatullah Basic Education. Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism, 1(01), 30–41.

Setyawati, D. P., Hartono, D., Alamsyah, R., & Handayani, D. F. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Utsmani Dalam Rangka Memberantas Buta Aksara Arab Pada Ibu-Ibu Manula Di Kampung Serua Poncol, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Bakti Mulya: Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 28–36.

Tilawah, T., Kelurahan, D. I., Rejo, S., Polonia, M., & Munardi, B. (2020). PKM_Pembinaan_Taman_Baca_Al_Quran_Dalam. 2(1).

Widodo, H., & Maduerawae, M. (2023). Spiritual Education Practices in Islamic Religious Education Learning at SDN Krajan Sleman. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 207–216.

Zuliana, Z., Niswa, K., Rahman, A., & Aktar, S. (2022). Kegiatan Pelatihan Tahsin Tilawah Al-Quran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Bagi Anggota Aisyiyah Pasar 4 Bandar Khalipah. Indonesia Berdaya, 3(3), 637–642.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muthi’ah, Dinda Amartia Sari, Yusrial, Fadly, Yumna, Dina Dahliana, Taruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: