MANAJEMEN STRES PADA SISWA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEKOLAH DAN PRA MASUK PERGURUAN TINGGI
Abstract
Abstrak: Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif. Tujuan pengabdian Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola stres yang dialami selama persiapan ujian akhir sekolah dan proses pra masuk perguruan tinggi guna meningkatkan motivasi dan kinerja akademik mereka. Metode : Sosialisasi tentang stres akademik, motivasi tips dan trik dalam memilih perguruan tinggi, serta memberikan teknik – teknik relaksasi manajemen stres. Hasil : pre dan post test dari 35 siswa terdapat 5 orang (14,3%) memiliki stres tinggi dikarenakan banyaknya tugas dan tuntutan dalam masuk perguruan tinggi, 12 orang (34,3%) memiliki stres sedang karna akan menghadapi ujian akhir sekolah dan ujian pra masuk perguruan tinggi, dan 18 orang (51,4%) memiliki stres ringan dimana siswa tersebut tidak terlalu memikirkan tentang ujian akhir sekolah maupun masuk perguruan tinggi.
Abstract: Learning is a process or effort made by each individual to gain knowledge, skills, attitudes and positive values. Objective: To improve students' ability to manage stress experienced during the preparation of school final exams and the pre-entry process to improve their motivation and academic performance. Methods: Socialization about academic stress, motivational tips and tricks in choosing a college, and providing stress management relaxation techniques. Results: pre and post test of 35 students, 5 people (14.3%) had high stress due to the many tasks and demands in entering college, 12 people (34.3%) had moderate stress because they would face school final exams and pre-entry exams, and 18 people (51.4%) had mild stress where the students did not think too much about school final exams and college entrance.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aihie, O. N., & Ohanaka, B. I. (2019). Perceived Academic Stress among Undergraduate Students in a Nigerian University. Journal of Educational and Social Research, 9(2), 56–66. https://doi.org/10.2478/jesr-2019-0013
Bahadorani, N., Lee, J. W., & Martin, L. R. (2021). Implications of Tamarkoz on stress, emotion, spirituality and heart rate. Scientific Reports, 11(1). https://doi.org/10.1038/s41598-021-93470-8
Fakhriyani, D. V. (2021). Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental: Penyesuaian Psikologis Selama Pandemi Covid-19 (The Role of Psychological Resilience in Mental Health: Psychological Adjustment During the Covid-19 Pandemic). 465. https://doi.org/10.31234/osf.io/desg9
Gani, & Mahmud. (2018). Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Dalam Mengerjakan Skripsi.
Kartini, & Kurniawan. (2019). Management Stress (Manajemen Stres).
Kurniasih, I., & Liza, I. D. M. (2018). Efektivitas Manajemen Stres Cognitive-Behavioral dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Tahun Pertama Tahap Sarjana PSPDG UMY. Insisiva Dental Journal : Majalah Kedokteran Gigi Insisiva, 7(2). https://doi.org/10.18196/di.7296
Malfasari, E., Sarimah, R., Febtrina, R., Herniyanti, S., Payung, N., Pekanbaru, J., Tamtama, N., Timur, L. B., Sekaki, P., & Tim, L. B. (2021). Kondisi Mental Emosonal Pada Remaja.
Nabila, & Sayekti, A. (2021). Manajemen Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di Institut Pertanian Bogor Stress Management for Undergraduate Students in Writing Thesis at IPB University. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 12(2), 156–165.
Nisar, Q. A. and I. A. (2017). Impact of Rewards , Recognition & Job Stress on Job Performance and Job Impact of Rewards. Journal of Health Care Quality, 0–17.
Rahmita, G., Hakim, U., Tantiani, F. F., & Shanti, P. (2019). Efektifitas Pelatihan Manajemen Stres Pada Mahasiswa.
Raudah, Farida, Yulia Budiarti, Lia, Ririn Lestari, & Dhian. (2021). Stres dengan Motivasi Belajar Stres Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Reguler Fakultas Kedokteran Unlam Yang Sedang Menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Rochani. (2020). Pelatihan Manajemen Stres Untuk Mereduksi Tingkat Stres Guru Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Rochani Pogram Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Psikologi, 11–21.
Rubiyanti, & Yanti. (2020). Motivasi Dan Manajemen Stress.
Trigueros, R., Padilla, A. M., Aguilar-Parra, J. M., Rocamora, P., Morales-Gázquez, M. J., & López-Liria, R. (2020). The influence of emotional intelligence on resilience, test anxiety, academic stress and the mediterranean diet. A study with university students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6). https://doi.org/10.3390/ijerph17062071
Trisnolerah, Joseph, W. B. S., & Kapantow, N. N. (2016). Hubungan Antara Tingkat Stres Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebiasaan Merokok Pada Siswa Kelas X Dan Xi Di Smk Negeri 2 Manado. Pharmacon, 5(2), 114–121.
Wijaya. (2013). Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Reguler Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang sedang Menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI). Dunia Keperawatan, 3(1), 44–55. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view/1705
Winda Samitha. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa Iain Batusangkar.
Wuthrich, V. M., Jagiello, T., & Azzi, V. (2020). Academic Stress in the Final Years of School: A Systematic Literature Review. Child Psychiatry and Human Development, 51(6), 986–1015. https://doi.org/10.1007/s10578-020-00981-y
Xu, T. T., Wang, H. Z., Fonseca, W., Zimmerman, M. A., Rost, D. H., Gaskin, J., & Wang, J. L. (2019). The relationship between academic stress and adolescents’ problematic smartphone usage. Addiction Research and Theory, 27(2), 162–169. https://doi.org/10.1080/16066359.2018.1488967
Zhdanov, R. I., Kupriyanov, R. V, Zhdanova, S. I., & Dvoenosov, V. G. (2018). Relationship between haemostasis parameters and anxiety under examination stress. Indian Journal of Hematology and Blood Transfusion, 34, 727–730.
Zikry, A., Mentari, B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (n.d.). Teknik Manajemen Stres yang Paling Efektif pada Remaja: Literature Review Most Effective Stress Management Techniques in Adolescents: Literature Review. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nanda Bachtiar, Muhamad Ibnu Hasan, Candra Andodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: