PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI MIKRO PADA PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH CILENGKRANG

Nurlaela Hamidah, Achmad Fajrin Nurrachim, Ajeng Maulidina Rahma, Shilva Anadya Putri

Abstract


Abstrak: Salah satu permasalahan yang terdapat pada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilengkrang yaitu pada bidang ekonomi dalam kegiatan wirausaha. Pada kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih belum mampu memanfaatkan penggunaan teknologi digital baik dalam segi pemasaran atau pun penjualan. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kader Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilengkrang dalam memanfaatkan teknologi digital guna membantu meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang dimiliki. Metode pelatihan menggunakan metode lecturing, diskusi, practical, dan tanya jawab. Kegiatan diikuti oleh mitra pelatihan yaitu kader Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilengkrang dan juga masyarakat sekitar sekretariat dengan total 32 orang. Dalam pelatihan ini dilakukan dua evaluasi, yaitu evaluasi pembelajaran dengan memberikan tes kognitif materi pelatihan dan evaluasi reaksi peserta melalui kuesioner terkait efektivitas pelatihan. Hasil evaluasi pengetahuan menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada peserta sebesar 56%, dan evaluasi reaksi sebesar 97,85%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa pelatihan dilakukan secara efektif, juga dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan digital guna memasarkan penjualan produk.

Abstract: One of the problems found in the Muhammadiyah Cilengkrang Branch Leadership is in the economic field in entrepreneur activities. In the activities of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), they are still unable to utilize digital technology use both in terms of marketing and sales. The purpose of this community service activity is to help improve the skills and knowledge of the Muhammadiyah Cilengkrang Branch Leadership cadres in utilizing digital technology to help increase sales and marketing of their products. The training method used was lecturing, discussion, practical and question and answer. The activity was attended by training partners, namely cadres of the Muhammadiyah Cilengkrang Branch Leadership and also the community around the secretariat with a total of 32 people. In this training, two evaluations were conducted, namely learning evaluation by giving cognitive tests on training materials and evaluating participants' reactions through questionnaires related to the effectiveness of the training. The results of the knowledge evaluation showed that there was an increase in participants by 56%, and an evaluation of the reaction by 97,85%. From these results, it shows that the training is carried out effectively, and can also help improve participants' knowledge and skills in utilizing digital to market product sales.


Keywords


Digitalization; Dedication; MSMEs.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Bahri, A., Mulbar, U., & Suliana, A. (2019). Peningkatan Kesejahteraan Pelaku Usaha. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), 37–53.

Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan Umkm Melalui Pelatihan Blog. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.223

Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small and Medium Enterprises (Smes) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1(2), 115–120. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367

Lisnawati. (2023). Tantangan UMKM Di Tahun 2024. Isu Sepekan Bidang Ekkuinbang, Komisi VI DPR RI, 1–2. https://puslit.dpr.go.id

Lubis, T. A., Fitriaty, F., Firmansyah, F., Ekasari, N., & Siregar, A. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing sebagai Strategi Perluasan Pangsa Pasar Produk Souvenir di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Inovasi, Teknologi Dan Dharma Bagi Masyarakat, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.22437/jitdm.v4i1.19537

Maulana, Y. (2017). UMKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital. SWA Online. https://swa.co.id/read/160717/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Dwi, Y., Ariyanti, P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Training The Utilization Of Digital Marketing In Marketing Development For Small And Medium Enterprises ( SMEs ). BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, 2(1), 8–11.

Sulastri. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html#:~:text=UMKM mampu menyerap 97 persen,serap tenaga kerja sangat besar

Syarizka, D. (2018). Pemerintah Targetkan 6 Juta UMKM Go Digital Tahun Ini. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20180228/12/744047/pemerintah-targetkan-6-juta-umkm-go-digital-tahun-ini

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99–114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234

Wijaya, A. L. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Remaja Karang Taruna Pemilik Online Shop Di Desa Sambirejo Kec. Jiwan Kab. Madiun. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, 4(1), 16–27.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurlaela Hamidah, Achmad Fajrin Nurrachim, Ajeng Maulidina Rahma, Shilva Anadya Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: