PENGUATAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UNTUK MEMAKSIMALKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Ana Setiani, Nur Agustiani, Hamidah Suryani Lukman, Mira Siti Nur’azizah

Abstract


Abstrak: Pendampingan kurikulum Merdeka di tahun kedua pada jenjang SMP di kabupaten Sukabumi, masih banyak sekolah penggerak yang belum maksimal dalam mengimplementasikan modul ajar berdiferensiasi. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk penguatan penyusunan modul ajar berdiferensiasi sampai dengan mengimpelentasikannya pada sekolah penggerak. Metode pendekatan yang di gunakan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi lokakarya, workshop, kunjungan lapangan dan pendampingan secara rutin untuk menonitoring pencapaian dari setiap sekolah. Kegiatan ini melibatkan 4 kepala sekolah dan 16 komite pembelajaran. Untuk melihat dampak dari implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada kegiatan pembelajaran, perlu mengetahui ketercapaian modul ajar berdiferensiasi. Hal ini dibuktikan dari hasil aspek refleksi keterapaian modul ajar berdiferensiasi yang terdiri dari 5 komponen indikator tergolong baik dengan rata-rata pencapaian sebesar 86,6%, para peserta sudah memahami komponen modul ajar berdiferensiasi pada kurikulum Merdeka. Hal tersebut, diperkuat ketika kunjungan langsung ke sekolah menujukan 84,5% para guru sebagain besar sudah menerapkan implementasi modul ajar berdiferensiasi dengan baik.

Abstract: Supporting the Merdeka curriculum in the second year at the junior high school level in the Sukabumi district, many driving schools still have not implemented differentiated teaching modules optimally. Therefore, this community service activity aims to strengthen the preparation of differentiated teaching modules and implement them in driving schools. The approach used to carry out community service activities includes workshops, field visits, and regular mentoring to monitor the achievements of each school. This activity involved four school principals and 16 learning committees. To see the impact of implementing differentiated learning on learning activities. It is necessary to know the achievements of differentiated teaching modules. That is proven by the results of the reflection aspect of the achievement of the differentiated teaching module, which consists of 5 indicator components that are classified as good with an average achievement of 86.6%; the participants already understand the components of the differentiated teaching module in the Merdeka curriculum. That was reinforced when direct school visits showed that 84.5% of teachers had implemented differentiated teaching modules well.


Keywords


Module Preparation; Differentiated Learning; Curriculum Implementation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Bondie, R. S. , D. C. , & Z. A. (2019). How does changing “one-size-fits-all” to differentiated instruction affect teaching. Review of Research in Education, 43(1), 336–362.

Buchari, A., Pada, G., Aliyah, M., & Manado, N. M. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 12).

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Dewa, O., Made, A., Priantini1, M. O., Suarni2, N. K., Ketut, I., & Adnyana3, S. (n.d.). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM

Hasanah, F. R., Fitria, F., Atuni, S. N. J., Fauzi, Akh., & Fuady, A. (2024). Lokakarya Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1548. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.21133

Lisnawati, I., Setiartin R, T., Nores K., W., Armiyati, L., Putri, A. P., Elsi, Andriyansyah, R., & Habibi, K. F. (2023). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMP MGMP Bahasa Indonesia Kota Tasikmalaya. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.146

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4961. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478

Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9682

Nawawi, S., Antika, R. N., Wijayanti, T. F., Abadi, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Palembang, U. M. (2017). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun.

Nurhikmayati, I., Wahyuni, A., Irawan, E., & Juandi, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sman 1 Ceper Klaten Assistance For The Making Of Independent Curriculum Learning Modules To Improve The Professionalism Of Teachers Of Sman 1 Ceper Klaten. In Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).

Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2023). Pengoptimalan Penerapan Modul Ajar Dan Modul Projek Pada Guru Smp Sekolah Penggerak Model 1. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5037. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17398

Tatto, M. T. (2021). Professionalism in teaching and the role of teacher education. European Journal of Teacher Education, 44(1), 20–44.

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms (3rd ed.). ASCD.

Valiandes, S. (2015). Evaluating the impact of differentiated instruction on literacy and reading in mixed ability classrooms: Quality and equity dimensions of education effectiveness. Studies in Educational Evaluation, 45(6), 17–26.

Wahyuningsari Desy, Mujiwati Yuniar, Hilmiyah Lailatul, Kusumawardani Febianti, & Sari Intan Permatas. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.23963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ana Setiani, Nur Agustiani, Hamidah Suryani Lukman, Mira Siti Nur’azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: