PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI LEMBAR KERJA KOMIK BERBASIS STEAM

Viviana Murni, Florentinus Armando, Yakobus Frediki Harjo

Abstract


Abstrak: Marang merupakan salah satu kampung yang ada di desa Tango Molas, Kecamatan Lamb Leda Timur, KabupatenManggarai Timur. Salah satu permasalahan yang terjadi di kampung ini, yaitu kemampuan literasi dan numerasi siswa masih tergolong rendah. Dengan demikian, tim menawarkan lembar kerja komik berbasis Science, Technology, Engineering, Art, dan Math (STEAM) untuk meningkatkan kemampuanliterasi dan numerasi sepuluh (10) siswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan yang dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu observasi dan wawancara, perencanaan, pendampingan, dan evaluasi. Sebagai bentuk monitoring dan evaluasi, kegiatan ini memberikan pre-test dan post-test dengan menggunakan soal uraian sebanyak 5 (lima) nomor untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi. Kegiatan ini juga melakukan penyebaran angket melalui 15 (lima belas) pernyataan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pendampingan. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test mahasiswa yaitu kategori sangat kurang (22,00) dan hasil post-test mendapat kategori baik (82,50). Kualitas pelaksanaan kegiatan juga sangat baik karena memiliki rata-rata 4,765.

Abstract: Marang is one of the villages in East Manggarai Regency. One of the problems that occurs in this village is that students' literacy and numeracy skills are still relatively low. Thus, the team offered comic worksheets based on Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) to improve the literacy and numeracy skills of ten (10) students. This activity is a mentoring activity, which is carried out through several stages, namely observation and interviews, planning, mentoring and evaluation. As a form of monitoring and evaluation, this activity provides a pre-test and post-test using 5 (five) numbered essay questions to measure literacy and numeracy skills. This activity also distributed questionnaires using 15 (fifteen) statements to determine the quality of mentoring implementation. This activity can help improve students' literacy and numeracy skills. This can be seen from the students' pre-test results, namely the very poor category (22.00) and the post-test results were in the good category (82.50). The quality of activity implementation is also very good because it has an average of 4.765.


Keywords


Assistance; STEAM; Literacy; Numeracy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andikayana, D. M., N. Dantes, dan I. W. Kertih. 2021. “Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 11(2):81–92.

Arjita, Rendra, I. Komang Astina, Syamsul Bachri, dan Tuti Mutia. 2024. “Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik melalui LMS Moodle pada Materi Dasar-Dasar Pemetaan.” 9(2):1105–11.

Gunadi, Farid, dan Lusi Siti Aisah. 2019. “Comic’S Mathematics Learning (Cml): Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa.” M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4(2):128–38. doi: 10.31943/mathline.v4i2.113.

Han, W., Dicky. Susanto, Sofie. Dewayani, Putri. Pandora, Nur. Hanifah, Miftahussururi., Meyda Noorthertya. Nento, dan Qori Syahriana. Akbari. 2017. “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. 8(9):1–58.

Harmini, Ani, Mohammad Asikin, dan Amin Suyitno. 2020. “Potensi Komik Matematika untuk Mengembangkan Literasi Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (1):104–10.

Ilma, Ratu, Indra Putri, Zahra Alwi, dan Duano Sapta Nusantara. 2020. “HOW Students Work With Pisa-Like Mathematical Tasks Using Covid-19 Context.” 11(3):405–16.

Indrayani, Syarthini, dan Kata Kunci. 2021. “Persepsi Mahasiswa terhadap kualitas Pembelajaran dalam Konteks Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” 4(2):1305–13.

Kurratul Aini, Mohammad Misbahudholam, Ali Armandi. 2023. “1 , 2* , 3 1.” Pendas: jurnal ilmiah pendidikan dasar 08(03).

Murni, Viviana, Patrisius Valdoni Sandi, Kasmir Gon, Vitalianus Aldo Marianto, Ardianus Bagur, dan Aurel Jekson Kunang. 2023. “Pelatihan Microsoft Excel Berbasis Metode Numerik Untuk Matematis Mahasiswa digunakan oleh masyarakat di berbagai kalangan untuk banyak Pemanfaatan Microsoft Excel juga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kedalaman penyelesaian masalah ( Chaerani.” 7(4):3853–62.

Musa Azhari, Bisri, Hanifa Alifia Puteri, Izmi Azizah, Nurisa Kamila, Hasna Azifatun Nazwa, dan Riki Andriatna. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR.” To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(2):250. doi: 10.35914/tomaega.v5i2.1058.

Mustagfiroh. 2020. “Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mendesain Multi Modal Learning.” Jurnal Guru Inovatif 2:48–62.

Nicomse, Nicomse, dan Tutiarny Naibaho. 2022. “Penguatan Literasi Dan Numerasi Untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika.” Sepren (October):111–17. doi: 10.36655/sepren.v4i0.841.

Oktaviani, Via Arti, Dyah Lyesmaya, dan Luthfi Hamdani Maula. 2020. “Meningatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Steam ( Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematics) Berbasis Daring.” 5.

Sari, Sudarmi Yuanita, Yesi Gusmania, Nailul Himmi Hasibuan, Program Studi, Pendidikan Matematika, dan Universitas Riau Kepulauan. 2023. “Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Literasi Numerasi.” 12(April):85–94.

Tabi, Ahmad. 2019. “Implementation of STEAM Method ( Science , Technology , Engineering , Arts And Mathematics ) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan.”




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Viviana Murni, Florentinus Armando, Yakobus Frediki Harjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: