PEMBUATAN E-CATALOGUE UNTUK DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI AS-SAKINAH ‘AISYIYAH KABUPATEN JEMBER

Rosita Yanuarti, Yusril Izzi Arlisa Amiri, Bayu Krisna, Ardhi Harry Setiawan, Rizqy Arniza, Ibnu Khoirul Prasetyo

Abstract


Abstrak: Salah satu upaya bisnis yang dapat dilakukan untuk mengembangkan unit usaha Koperasi As-Sakinah ‘Aisyiyah Kabupaten Jember adalah dengan menerapkan digital marketing. Selama ini, pemasaran yang dilakukan mitra masih mengandalkan komunikasi melalui telepon atau aplikasi WhatsApp secara sederhana, Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mitra dalam memperluas pemasaran produk dan meningkatkan transaksi penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasarannya melalui pembuatan e-catalogue. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini terdiri dari identifikasi masalah, pembuatan produk/prototype e-catalogue dan sosialisasi penggunaan e-catalogue bagi 10 peserta pengurus dan anggota Koperasi As-Sakinah ‘Aisyiyah Kabupaten Jember. Pengujian kelayakan sistem dilakukan dengan dua jenis pengujian sistem yaitu blackbox testing dan User Acceptance Testing (UAT). Berdasarkan hasil kuesioner pada pengujian UAT didapatkan nilai presentase kelayakan sebesar 76,80% yang tergolong dari hasil penilaian baik. Oleh karena itu, sistem e-catalogue dapat dikatakan layak dan memenuhi kriteria untuk diterapkan pada Koperasi As-Sakinah ‘Aisyiyah Kabupaten Jember.

Abstract: One of the business efforts that can be made to develop the As-Sakinah 'Aisyiyah Cooperative business unit in Jember by implementing digital marketing. So far, the marketing carried out by partners still relies on simple communication via telephone or WhatsApp applications. This activity aims to assist partners in expanding product marketing and increasing sales transactions by utilizing digital technology in their marketing through the creation of e-catalogue. The implementation method in this activity consists of identifying problems, implementation and training on the use of e-catalogue for 10 participants of As-Sakinah Cooperative management and members. Two types of system testing, namely blackbox testing and User Acceptance Testing (UAT) carried to measure the feasibility of the system. Based on the results of the questionnaire in the UAT test, the feasibility percentage value is 76.80% which is classified as a good assessment result. Therefore, the e-catalogue system can be said to be feasible and meet the criteria to be applied to the As-Sakinah 'Aisyiyah Cooperative in Jember.


Keywords


Digital Marketing; E-Catalogue; Koperasi As-Sakinah.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abraham, J., & Ismail, I. E. I. (2021). Unit Testing dan User Acceptance Testing pada Sistem Informasi Pelayan Kategorial Pelayanan Anak. Nama jurnal? Volume? Issue? Halaman?

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Akmalia, N., Suratni, S., Yuliana, R., Cempaka, P. S., Yakob, F., Negeri, P., & Kreatif, M. (2023). Publipreneur Polimedia: Jurnal Ilmiah Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media E-catalogue Sebagai Basis Data Dan Media Promosi Buku Karya Mahasiswa Prodi Penerbitan (Vol. 11, Issue 1). Halaman?

Arif, R. D. El, & Leo, G. G. (2022). Pengembangan Website UKM Untuk Saluran Pemasaran Digital Menggunakan Web Quality. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 1112–1119.

Butarbutar, J. M., Darmansah, D., & Amriza, R. N. S. (2022). Perancangan Sistem Informasi E-catalogue Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(4), 438. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4165

Charlesworth, A. (2018). Digital Marketing. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315175737

Lady, & Aini, L. (2021). Penerapan Brand Awarness dan E-Marketing Pada Toko Natasyia Collection Pada Situasi Pandemi COVID-19. Concept : Conference On Community Engagement Project, 1(1).halaman?

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengenalan Digital Marketing E-Katalog Bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–83.

Munandar, A. I. A., Ibrahim, A. M., Maulana, H., Fahreza, R. A., & Saifudin, A. (2023). Perancangan Aplikasi Kasir Toko Kelontong Berbasis Dekstop Menggunakan Metode Waterfall . JRIIN : Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 1(2), 374–382.

Nofiani, P. W., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya Perilaku Organisasi Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71–77.

Pramadyanto, & Muhammad R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awarness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Komuniti. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2).halaman?

Wahyudi, I., Fahrullah, & Haerullah. (2023). Analisis Blackbox Testing Dan User Acceptance Testing Terhadap Sistem Informasi Solusimedsosku. Jurnal Teknosains Kodepena, 4(1), 1–9.

Wulandari, Nofiyani, & Hasugian, H. (2023). User Acceptance Testing (UAT) Pada Electronic Data Preprocessing Guna Mengetahui Kualitas Sistem. JMIK (Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer), 4(1), 20–27.

Yuliandhari, R., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran pada Pelaku Usaha UMKM Tanaman Hias Twyla Flower Karawang. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 227–231.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rosita Yanuarti, Yusril Izzi Arlisa Amiri, Bayu Krisna, Ardhi Harry Setiawan, Rizqy Arniza, Ibnu Khoirul Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: