PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI KEKERASAN SEBAGAI UPAYA MENGATASI BULLYING PADA ANAK

Mavitia Humairah Ms, Ika Pasca Himawati, Heni Nopianti

Abstract


Abstrak: Latar belakang penelitian didasarkan pada persoalan bullying yang menjadi isu mendalam dunia pendidikan di Indonesia yang dikaji melalui teori behavioral sociology oleh Burrhus Frederic Skinner. Berdasarkan data dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) mencatat bahwa kasus perundungan tahun 2023 banyak terjadi pada jenjang SMP yaitu 50%. Penelitian bertujuan untuk melihat pengetahuan dasar siswa mengenai kekerasan bullying serta meningkatkan pengetahuan upaya dalam mengatasi bullying pada anak. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Focus Group Discussion serta mengisi kuesioner pre-test dan post-test dengan jumlah kuesioner 5 soal. Sampel dalam penelitian sebanyak 31 siswa yang dipilih dari kelas 7A SMPN 11 kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan siswa mengenai kekerasan bullying setelah dilakukannya pre-test dan post-test sebanyak 1,29%, dengan nilai mean siswa awal tes 98,06% serta nilai sesudah tes 99,35%. Dapat disimpulkan sebenarnya siswa SMPN 11 Kota Bengkulu masuk dalam kategori tingkat pengetahuan baik dengan skor nilai 80-100% mengenai tindakan kekerasan bullying serta upaya yang harus dilakukan dari tindakan bullying.

Abstract: The background of the research is based on the issue of bullying which has become a deep issue in the world of education in Indonesia which is studied through the theory of behavioral sociology by Burrhus Frederic Skinner. Based on data from the Federation of Indonesian Teachers' Unions (FGSI) noted that bullying cases in 2023 occurred mostly at the junior high school level, namely 50%. The study aims to look at students' basic knowledge of bullying violence and increase knowledge of efforts to overcome bullying in children. The research method uses descriptive quantitative. Data collection techniques were carried out by observation, Focus Group Discussion and filling out pre-test and post-test questionnaires with a total of 5 questions. The sample in the study were 31 students selected from class 7A SMPN 11 Bengkulu city. The results showed that there was a difference in the increase in students' knowledge of bullying violence after the pre-test and post-test of 1.29%, with a mean student value at the beginning of the test of 98.06% and a post-test value of 99.35%. It can be concluded that the actual students of SMPN 11 Bengkulu City fall into the category of good knowledge level with a score of 80-100% regarding acts of bullying violence and efforts that must be made from bullying.


Keywords


Bullying; Knowledge Enhancement; Violence.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Christy, Z. A. (2022). “ Aku Siswa Anti Bullying ”: Layanan Psikoedukasi untuk Mencegah Bullying di Sekolah. 02(03), 429–439.

Ilvira, R. F., Ginting, L. N., & Hasibuan, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Konsep Urban Farming Pada Siswa SMA Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 156–164.

Kemensos RI & UNICEF. (2020). Pencegahan Kekerasan, Penelantaran, dan Eksploitasi Terhadap Anak Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga. Kementerian Sosial Republik Indonesia, 1(1), 7. https://www.kemsos.go.id/uploads/topics/15870130163297.pdf

Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R., Maitsani, N. A., Uliyah, Z., Dewantari, A. C., Laksono, A. D., Saraswati, G. I., Nugroho, K. A., Lestari, A. D., & Laila, N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Metode Edukasi Dan Role Play Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya, 15(2), 162–171. https://doi.org/10.30643/jiksht.v15i2.73

Livana, Susanti, Y., & Silviani, M. A. (2018). Peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan tentang dampak bullying. Ners Widya Husada, 5(3), 113–122. https://journal.uwhs.ac.id/index.php/jners/article/view/340/346

Munjidah, & Hanif, M. (2022). Kekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran dalam Mencegah Bullying di SDN 2 Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Jurnal Kependidikan, 10(2), 301–324. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8201

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Nikita, R. (2023). Data Kasus Bullying di Sekolah, FSGI: 50% di Jenjang SMP. Detikpedia. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6962155/data-kasus-bullying-di-sekolah-fsgi-50-di-jenjang-smp

Nuraini, N., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pemberian Layanan Informasi Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan Pada Siswa di Sekolah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.573

Perlindungan Perempuan dan Anak, K. U. P. P. dan A. P. B. (2024). Pelayanan dan Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Rahayu, R., & Rifqi, M. (2022). Pkm Sosialisasi Bentuk Perilaku Bullying. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 239. https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1905

Redaksi. (2023). Terus Dibully Siswi SMP Kota Bengkulu Sampai Tak Mau Sekolah, Ortu Lakukan Hal Ini. Mata Bengkulu.Com. https://matabengkulu.com/terus-dibully-siswi-smp-kota-bengkulu-sampai-tak-mau-sekolah-ortu-lakukan-hal-ini/

Savitri, D. (2022). Teori Behaviorisme: Pengertian, Tokoh, dan Prinsip. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6470535/teori-behaviorisme-pengertian-tokoh-dan-prinsip#:~:text=Teori behaviorisme atau behavioristik sering disebut sebagai S-R,jalinan yang erat antara reaksi-reaksi behavior dengan stimulusnya.

Susanti, I. dkk. (2023). Penguatan Pengetahuan Siswa Tentang Bullying Sebagai Upaya Meningkatkan Generasi Unggul Dan Islami. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(6), 6094–6110.

Wahyu Widamar, A., Jornal Steven Pasaribu, M., Reihan Novendra Muslim, M., & Alvin Naf’an, M. (2023). Persoalan Perundungan di Lingkungan Sekolah. Jurnal Mahasiswa Indonesia, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.11111/jmi.xxxxxxx

Widyastuti, W., & Soesanto, E. (2023). Analisis Kasus Bullying Pada Anak. Capitalis: Journal of Social Sciences, 1(1), 142–154.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mavitia Humairah Ms, Ika Pasca Himawati, Heni Nopianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: