PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PETANI KOPI DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI LOKAL YANG BERKELANJUTAN MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI

Rezki Amalia Wahyuni Mustakim, Muh. Fitrah Ramadhan Umar, Sudirman Sudirman

Abstract


Abstrak: Komunitas petani kopi Aroma Je'netallasa menghadapi tantangan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Kurangnya akses dan pemanfaatan teknologi informasi menjadi hambatan utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi serta pemasaran produk kopi. Tujuan kegiatan sosialisasi dan pelatihan dalam pengabdian ini adalah untuk meningkatkan softskill dan hardskill mitra, yaitu komunitas petani kopi Aroma Je'netallasa, melalui penerapan teknologi informasi. Peningkatan softskill mencakup kemampuan komunikasi, kerjasama tim, dan manajemen waktu, sementara peningkatan hardskill meliputi penggunaan teknologi informasi untuk produksi dan pemasaran, seperti pembuatan website, penggunaan marketplace, serta strategi pemasaran melalui media sosial dan digital. Pendekatan pengabdian ini meliputi sosialisasi, pelatihan, dan penerapan teknologi informasi seperti pembuatan website, marketplace, serta strategi pemasaran melalui media sosial dan pemasaran digital. Selain itu, program ini juga mencakup pendampingan dan evaluasi serta strategi untuk memastikan keberlanjutan program. Mitra dalam pengabdian ini adalah Kelompok Tani Aroma Je’netallasa yang terdiri dari 25 orang petani kopi. Evaluasi dilakukan melalui sistem pemantauan secara berkala yang melibatkan pengukuran dan analisis peningkatan softskill dan hardskill anggota kelompok serta peningkatan nilai ekonomis dari produksi dan pemasaran kopi. Evaluasi ini melibatkan penilaian sebelum dan sesudah pelatihan, survei, wawancara, dan analisis data penjualan, yang menunjukkan peningkatan sebesar 40% dalam softskill, 65% dalam hardskill, dan 75% dalam nilai ekonomis, sehingga program ini terbukti efektif dalam memberdayakan komunitas petani kopi untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi dalam pengabdian ini mampu memberdayakan komunitas petani kopi secara efektif untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Abstract: The Aroma Je'netallasa coffee farming community faces challenges in improving their economic welfare. Lack of access and use of information technology is the main obstacle in increasing the efficiency and effectiveness of production and marketing of coffee products. The aim of the outreach and training activities in this service is to improve the soft skills and hard skills of partners, namely the Aroma Je'netallasa coffee farmer community, through the application of information technology. Improving soft skills includes communication skills, teamwork and time management, while improving hard skills includes the use of information technology for production and marketing, such as creating websites, using marketplaces, and marketing strategies via social and digital media. This service approach includes socialization, training, and application of information technology such as creating websites, marketplaces, as well as marketing strategies through social media and digital marketing. Apart from that, this program also includes mentoring and evaluation as well as strategies to ensure program sustainability. The partner in this service is the Aroma Je'netallasa Farmers Group which consists of 25 coffee farmers. Evaluation is carried out through a regular monitoring system which involves measuring and analyzing improvements in group members' soft skills and hard skills as well as increasing the economic value of coffee production and marketing. This evaluation involved pre- and post-training assessments, surveys, interviews, and sales data analysis, which showed an increase of 40% in soft skills, 65% in hard skills, and 75% in economic value, so this program was proven to be effective in empowering the coffee farming community to contribute to sustainable local economic development. This shows that the application of information technology in this service is able to effectively empower the coffee farming community to contribute to sustainable local economic development.


Keywords


Aroma Coffee; Digital Marketing; Economic Welfare; Information Technology; Website.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Bere, Y.D.J. et al. (2024) ‘Sistem Pakar Untuk Mediagnosa Penyakit Pada Tanaman Kopi Menggunakan Metode Teorema Bayes’, TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 14(1). Halaman 37, Available at: https://doi.org/10.36350/jbs.v14i1.224.

Faradita, F., Perdana, Z.J.B. and Terttiaavini, T. (2023) ‘Sistem Informasi Penjualan Kopi Berbasis Website (Studi Kasus : Pabrik Kopi CV Sumber Bahagia Sukodadi Palembang)’, Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(4). Halaman 37, Available at: https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i4.6394.

Fathori, F. (2024) ‘Peran Pasar Modal Dalam Pembangunan Ekonomi: Studi Kasus Tentang Kontribusi Pasar Saham Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Negara Berkembang’, Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1). Halaman 235, Available at: https://doi.org/10.32806/syfdep0914.

Fihir, M., Martanto, M. and Hayati, U. (2024) ‘Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan Menggunakan Metode Decision Tree Pada Aplikasi Kopi Kenangan’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6). Halaman 3830, Available at: https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8223.

Kahfi, R.D.D. and Irfansyah, I. (2024) ‘Perancangan Mobile Website Direktori Coffee Industry Kota Malang Dalam Mendukung “Café Hopping”’, Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9). Halaman 15857, Available at: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.3555.

Manik, T.R., Azmi, Z. and Azlan, A. (2024) ‘Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kopi Arabica (Coffee Arabica) Menggunakan Metode Dempster Shafer’, Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 3(2). Halaman 82, Available at: https://doi.org/10.53513/jursi.v3i2.5777.

Mukhtar, H. et al. (2024) ‘Implementasi Mesin Roasting Kopi Untuk Peningkatan Kualitas Produksi Kopi UMKM Darma Coffee’, SWAGATI : Journal of Community Service, 1(3). Halaman 128, Available at: https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i3.1082.

Nashrulloh, M.R., Kurniadi, D. and Muttaqin, M.R.C. (2023) ‘Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Penghasil Kopi di Kabupaten Garut Menggunakan Rational Unified Process’, Jurnal Algoritma, 20(2). Halaman 243, Available at: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.20-2.1247.

Nursetiawan, I. et al. (2023) ‘Pelatihan Branding Kopi Gunung Sawal Berbasis Website Terintegrasi Di Desa Sukamaju’, SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9). Halaman 909, Available at: https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.848.

Rafi Alfandi, F., Agus Pranoto, Y. and Xaverius Ariwibisono, F. (2024) ‘Peramalan Stok Bahan Baku di Cafe Vosco dengan Metode SES (Single Exponential Smoothing) Berbasis Website’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5). Halaman 3199, Available at: https://doi.org/10.36040/jati.v7i5.7650.

Rahayu, S. et al. (2024) ‘Sistem Informasi E-Commerce Pada Penjualan Kopi Waglo Berbasis Website Untuk Membantu Proses Transaksi’, Jurnal Tekno Kompak, 18(1). Halaman 140.

Rodyah Wati, F., Achmadi, S. and Panji Sasmito, A. (2024) ‘Penerapan Metode Single Exponential Smoothing Dalam Peramalan Penjualan Kopi Berbasis Website’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5). Halaman 3053, Available at: https://doi.org/10.36040/jati.v7i5.7595.

Sohilait, F.J. and Robo, S. (2023) ‘Perancangan Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Website di Kopi Vape’, Jurnal Teknik Informatika (J-Tifa), 6(1). Halaman 2, Available at: https://doi.org/10.52046/j-tifa.v6i2.1558.

Sugiartiningsih et al. (2024) ‘Ngopi sebagai penyegaran pendirian koperasi berbasis islam dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi di desa berkembang’, BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2). Halaman 308, Available at: https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.782.

Suharyani, A., Dolorosa, E. and Permatasari, N. (2023) ‘Peranan Karakteristik Petani terhadap Sikap Petani dalam Meningkatkan Mutu Biji Kopi Lokal’, Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 25(1). Halaman 29.

Utami, R.S. and Gunawan, G. (2023) ‘Jaringan Sosial Petani Dalam Pengelolaan Hasil Panen Kopi’, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 7(1). Halaman 119, Available at: https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.4450.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rezki Amalia Wahyuni Mustakim, Muh. Fitrah Ramadhan Umar, Sudirman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: