PENDAMPINGAN PEMBUATAN BLOG UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS SISWA SMK DALAM MENGELOLA KONTEN ONLINE

Sikky El Walida, Fadhila Kartika Sari, M. Iqbal Maulana Halisna

Abstract


Abstrak: Pendampingan pembuatan blog untuk siswa SMK An-Nur Al Munir dilaksanakan dalam rangka meningkatkan literasi digital dan kreativitas siswa dalam mengelola konten online yang mencakup keterampilan desain, penulisan konten, dan komunikasi online. Kegiatan ini melibatkan 20 siswa dan dilakukan melalui demonstrasi dan praktik langsung membuat blog. Hasil kegiatan ini tercatat keterampilan siswa meningkat secara signifikan dengan persentase peningkatan skill mencapai 40%. Persentase ini diperoleh melalui angket harian yang terdiri dari 15 pernyataan dan wawancara yang terdiri dari 10 pertanyaan.. Langkah-langkah pendampingan yang dilakukan meliputi: (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan pelatihan; dan (3) implementasi penggunaan platform blog yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan literasi digital dan kreativitas siswa dalam mengelola konten online. Evaluasi berupa umpan balik dari siswa dan pembaca blog menjadi indikator penting dalam kesuksesan kegiatan ini yang menunjukkan dampak positif terhadap penguatan literasi digital, pemberdayaan kreativitas, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, pendampingan pembuatan blog ini memberikan landasan yang kuat bagi kemajuan siswa dalam menghadapi tantangan di era digital.

Abstract: The mentoring program for blog creation for students at SMK An-Nur Al Munir was conducted to enhance digital literacy and creativity in managing online content, encompassing skills in design, content writing, and online communication. This activity involved 20 students and was executed through demonstrations and hands-on practice in blog creation. The results indicate a significant improvement in student skills, with a skill enhancement percentage reaching 40%. This percentage was derived from daily questionnaires consisting of 15 statements and interviews containing 10 questions. The mentoring process included the following steps: (1) needs analysis; (2) training planning; and (3) implementation of blog platform usage. These steps contributed to increasing digital literacy and creativity in managing online content. Evaluation, including feedback from students and blog readers, served as a crucial indicator of the success of the program, showing a positive impact on strengthening digital literacy, empowering creativity, and developing students' critical thinking skills. Thus, the blog creation mentoring provided a solid foundation for student advancement in facing challenges in the digital age.


Keywords


Blog; Mentoring; Digital Literacy; Creativity; Online Content.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidin, Z., Susanti, E., Sari Faradiba, S., & Kunci GeoGebra Pelatihan Persamaan Garis Lurus, K. (2023). Pelatihan Aplikasi GeoGebra pada Materi Persamaan Garis Lurus. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 477–488. https://doi.org/10.33084/PENGABDIANMU.V8I3.4607

Amalia, F., Brata, A. H., Sulistyo, R. T., & Diofanu, A. (2018). Analisis Tingkat Penerimaan Sistem E-Learning menggunakan Blog Gratis sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Guru. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 335–340. https://doi.org/10.25126/JTIIK.201853640

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/CEEJ.V2I2.6665

Ardiansyah, R., Diella, D., Herni, D., Suhendi, Y., Biologi, J. P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Siliwangi, U., Fisika, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31–36. https://doi.org/10.26858/PUBLIKAN.V10I1.12172

Budi, O. :, Prawoto, P., Sulaiman, R., Savitri, D., Fardah, D. K., Matematika, J., Surabaya, U. N., & Kunci, K. (2019). Pelatihan Pendamping Olimpiade Matematika Smp Kabupaten Tulungagung. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 21–24. https://doi.org/10.26740/JA.V5N1.P21-24

Danovitch, J. H. (2019). Growing up with Google: How children’s understanding and use of internet-based devices relates to cognitive development. Human Behavior and Emerging Technologies, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.1002/hbe2.142

Devi, S. A., & Triputra, P. (2020). Ethics And Data Verification On Paid-Content Blog (Interpretive Study On Indonesian Blogger). Profetik: Jurnal Komunikasi, 13(1), 102–116. https://doi.org/10.14421/PJK.V13I1.1900

Handayani, B., & Ismanto, B. (2019). Evaluasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Nonformal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.17977/UM025V4I22020P083

Marsh, E. (2019). The Digital Expansion of the Mind: Implications of Internet Usage for Memory and Cognition. In Journal of Applied Research in Memory and Cognition (Vol. 8, Issue 1, pp. 1–14). https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2018.11.001

Mauliddin, M. (2018). Pelatihan olimpiade matematika pada guru matematika Madrasah Ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55–62. https://doi.org/10.20414/TRANSFORMASI.V14I1.575

Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva Irsan, P., Lely Nurmaya, A. G., & Pertiwi, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V2I6.498

Pranoto, A., Damayanti, R., Ardiansyah, R., Kaswadi, K., & Sueb, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis IT. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.37478/ABDIKA.V2I1.1604

Rahmah, J., Sari, R., & Faradiba, S. S. (2023). Pelatihan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Smp Assa’idiyyah Kepanjen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(3), 132–139. https://doi.org/10.31004/JERKIN.V1I3.29

Rangan, A. Y., Qomariah, S., & Yusnita, A. (2021). Pendampingan Pemanfaaatan Media Sosial sebagai Sarana Membangun Citra Pondok Pesantren Nurul Mustafa Al-Husaini. BANTENESE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30656/PS2PM.V3I1.3344

Ridwan, R. (2020). Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 36–49. https://doi.org/10.36765/JARTIKA.V3I1.22

Setyorini, S., Agustino, H., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2022). Pelatihan Komputer Desain Canva Bagi Anak Remaja Di Desa Mojosari Kepanjen Malang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 793–798. https://doi.org/10.47492/EAMAL.V2I1.1214

Sudarto, S., Abd. Hafid, & Abd. Kadir. (2023). Tingkat Pencapaian Kemampuan Guru Sd Dalam Menggunakan Aplikasi Anates Melalui Pelatihan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 793–800. https://doi.org/10.53625/JABDI.V3I5.6595

Tovt, T., & Pirchak, E. (2019). Formation Of A Positive Image Of An Educational Institution In The Conditions Of Innovative Development. Market Infrastructure, 37. https://doi.org/10.32843/INFRASTRUCT37-60

Zheng, L. (2019). The effects of group metacognitive scaffolding on group metacognitive behaviors, group performance, and cognitive load in computer-supported collaborative learning. Internet and Higher Education, 42, 13–24. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2019.03.002




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sikky El Walida, Fadhila Kartika Sari, M. Iqbal Maulana Halisna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: