PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI) memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan. Tujuan pengabdian ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada guru Sekolah Menengah Atas tentang AI. Selain memberikan pelatihan hardskill, pengabdian ini juga memberikan gambaran perkembangannya saat ini dalam bidang Pendidikan.Tujuan pengabdian ini dimaksudkan untuk memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan kepada guru/tenaga pendidik tentang AI serta perkembangannya saat ini dalam bidang pendidikan, Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh Guru yang ada di SMK Negeri 3 sebanyak 25 orang. Metode kegiatan yang dilakukan meliputi persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi, sehingga pencapaian dalam meningkatkan kinerja pengajaran guru dapat terlaksana secara masifmencakup pemaparan materi kepada peserta yang kemudian dilanjutkan dengan praktik menggunakan AI. Berdasarkan hasil evaluasi kuesioner yang diberikan kepada peserta, hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat diamati bahwa adanya peningkatan pemahaman sebesar 85% dengan indikator guru-guru yang memahami konsep AI, Menggunkan tools AI serta mengimplementasikan AI. Setelah kegiatan ini para guru ingin terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam penggunaan teknologi baru dan perlu diadakan kegiatan lanjutan berupa implementasi lebih mendalam berbagai tools berbasis AI yang dapat membantu guru meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan tetap relevan dalam dunia pendidikan yang terus berubah.
Abstract: Artificial Intelligence (AI) has great potential in the world of education. The purpose of this service is intended to provide training to high school teachers about AI. Apart from providing hard skills training, this service also provides an overview of current developments in the field of education. The aim of this service is intended to provide counseling and training to teachers/teaching staff about AI and its current developments in the field of education. Participants in this activity are all existing teachers at SMK Negeri 3 as many as 25 people. The activity methods carried out include preparation, implementation and evaluation, so that achievements in improving teacher teaching performance can be achieved on a massive scale, including exposure of material to participants which is then followed by practice using AI. Based on the results of the questionnaire evaluation given to participants, the results of this community service activity can be observed that there is an increase in understanding of 85% with indicators of teachers who understand AI concepts, use AI tools and implement AI. After this activity, teachers want to continue developing skills and knowledge in using new technology and need to hold follow-up activities in the form of more in-depth implementation of various AI-based tools that can help teachers improve the quality of their teaching and remain relevant in the ever-changing world of education.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adjie Bayuningrat Moch Zairul Alam, S., & Pawestri Maharani, D. (n.d.). Bentuk Internalisasi Nilai Etik Mengenai Bias Negatif Dan Diskriminasi Dalam Platform generative AI. Maret, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.21776/rechtjiva.v1n1.1
Amir, F., Prayama, D., Fadilillah, F., & Riyanto, R. (2022). Sains Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis IT Guru SMP PGRI Kabupaten Pelalawan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1225–1231. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11139
Asbara, N. W., Agunawan, A., Latief, F., Nurani, N., Ifani, A. Z., Deviv, S., Nianty, D. A., Mahendra, Y., & Wulandari, T. (2024). Penerapan Ai Sebagai Alat Bantu Proses Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 831. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20083
Avisyah, G. F., Putra, I. J., & Hidayat, S. S. (2023). Open Artificial Intelligence Analysis using ChatGPT Integrated with Telegram Bot. Jurnal ELTIKOM, 7(1), 60–66. https://doi.org/10.31961/eltikom.v7i1.724
Gede, N., Mahadipta, D., Made, I., & Aditya, W. (2024). Mendorong Inovasi: Peran Artificial Intelligent Dalam Akselerasi Industri Kreatif. In Jurnal IMAGINE (Vol. 4, Issue 1). 1–6. https://doi.org/10.35886/imagine.v4i1.1049
reKridatama, J., & Dan Teknologi Pemanfaatan, S. (n.d.). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. In Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi (Vol. 05, Issue 2). 473-486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975
Nurhaida*, D., Amran, E., Nugraha, E. R., Osman, A. F. Bin, & Shafira, A. N. (2023). Utilizing Artificial Intelligence (AI) Technology to support MSMEs businesses: ChatGPT. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 910–918. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.15005
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Analisis Problematika Lukisan Ciptaan Artificial Intelligence Menurut Undang-Undang Hak Cipta (Vol. 4).
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01). 49-58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Sulartopo, S., Kholifah, S., Danang, D., & Santoso, J. T. (2023). Transformasi Proyek Melalui Keajaiban Kecerdasan Buatan: Mengeksplorasi Potensi AI Dalam Project Management. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(2), 363–392. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i2.2477
Taufik, A., Kom, S., Bernadus Gunawan Sudarsono, M., & Kom, M. (2022). Pengantar Teknologi Informasi.
Tjahyanti, L. P. A. S. , S. P. S. , & G. M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. KOMTEKS, 1(1).15-21
Yu, S., & Lu, Y. (2021). An Introduction to Artificial Intelligence in Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2770-5
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Firman, Muhammad Yassir, Andi Ircham Hidayat, Nurul Istiqamah, Eka Wijaya Paula, Muh. Syilfa Nooviar, Muhammad Komeini, Agusrianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: