PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BUDIDAYA TANAMAN MELALUI TEKNOLOGI HIDROPONIK SEDERHANA
Abstract
Abstrak: Budidaya tanaman dengan teknologi hidroponik merupakan kegiatan yang penting dan relevan untuk siswa SMA. Hal ini tidak terbatas pada peningkatan pengetahuan praktis tentang pertanian modern tetapi juga mempromosikan prinsip-prinsip keberlanjutan, kreativitas, dan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan dalam konteks kurikulum merdeka. Aspek utama dari profil ini adalah pengembangan sikap berpikir kritis, kreatif, kerja sama dan lainnya. Akan tetapi dalam mewujudkan hal ini, perlu kegiatan atau proyek nyata di sekolah yang dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi serta kesadaran siswa. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa tentang budidaya system hidroponik, memberikan pemahaman tentang penggunaan alat dan bahan serta pemberian nutrisi bagi tanaman dalam system ini. Metode kegiatan terbagi atas tiga tahapan yaitu sosialisasi, pelatihan dan praktik budidaya serta monitoring dan evaluasi. Monitoring dilakukan selama proses praktik sementara evaluasi terhadap pengetahuan siswa melalui kuesioner. Peserta kegiatan ini adalah siswa SMA St. Fransiskus Xaverius kelas XA yang berjumlah 37 orang beserta 1 orang guru kelas. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pengetahuan siswa pasca akan penggunaan teknologi hidroponik dalam budidaya tanaman berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 96,6%. Keberhasilan siswa dalam menanam tanaman hingga usia panen (4 MST) juga menunjukan bahwa secara praktik siswa telah menguasai langkah-langkah penanaman dalam hidroponik.
Abstract: Cultivating plants using hydroponic technology is an important and relevant activity for high school students. This is not limited to increasing practical knowledge about modern agriculture but also promoting the principles of sustainability, creativity and Pancasila values in education in the context of an independent curriculum. The main aspect of this profile is the development of critical, creative, cooperative and other thinking attitudes. However, to make this happen, real activities or projects are needed at school that can increase students' knowledge, motivation and awareness. Therefore, this activity aims to increase students' knowledge about hydroponic cultivation systems, provide an understanding of the use of tools and materials as well as providing nutrition for plants in this system. This activity is carried out in three forms, namely socialization, cultivation practices and monitoring and evaluation. Monitoring is carried out during the practice process while evaluating student knowledge through questionnaires. The participants in this activity were high school students of St. Francis Xaverius class XA totaling 37 people along with 1 class teacher. The results of the activity show that post-graduate students' knowledge of the use of hydroponic technology in plant cultivation is in the very good category with a percentage of 96.6%. The students' success in growing plants until harvest time (4 WAP) also shows that practically the students have mastered the steps for planting in hydroponics.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Arniati, A., Arsal, M., Warda, W., Asdar, A., Nasrullah, N., & Masrullah, M. (2022). Pelatihan Hidroponik Dalam Meningkatkan Produksi Pada Pemuda Muhammadiyah Kelurahan Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dharmakarya, 11(1), 5. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.37878
Bastiana, Adiwardana, M. R., Salsabilah, M., Asis, A., Nurfaidawati, & Talebong, G. (2021). Pembuatan Hidroponik Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Kelestarian Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Berbasis Adiwiyata SD Inpres Mangasa I Kota Makassar. Journal Lepa-Lepa …, 1(3), 557–564. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17339
Destrinelli, D., Hayati, S., & Pamela, I. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Sistem Bercocok Tanam Hidroponik Di SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(2), 148–152. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.2.148-152
Dharma, A. P., & Meitiyani. (2020). Tingkat Ketertarikan Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Proses Pembuatan Hidroponik Abstrak development of life growth . This dedication training aims to determine the level of training was held on 29-30 October 2019 at High School Budhi Warman II , East J. Ikraith-Abdimas, 3(3), 202–205.
Ekaria. (2019). Business analysis of hydrophonic vegetables production at Kusuma Agrowisata Ltd. Jurnal Biosainstek, 1(01), 16–21.
Fatmawati, M. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. JIPPSD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 203–218.
Firdausi, A., & Safarizki, H. A. (2022). Hidroponik komunal sebagai alternatif sumber pangan mandiri dan pemberdayaan warga di masa pandemi. Abdimas Dewantara, 5(2), 124–133. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/12776%0Ahttps://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/download/12776/5467
Husain, K. T., & Amran, F. D. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Analysis of Consumer Satisfaction on Hydroponic Vegetables. Jurnal Manajemen Agribisnis, 10(14), 677–684. https://forms.gle/guSaLnydDE3D9Y8J9
Masud, H. (2009). Sistem Hidroponik dengan Nutrisi dan Media Tanam Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada. Media Litbang Sulteng, 2(2), 131–136.
Meselmani, A. (2023). We are IntechOpen , the world ’ s leading publisher of Open Access books Built by scientists , for scientists TOP 1 % Nutrient Solution for Hydroponics.
Nofitria, A. S., Silfani, N., Nattasha, O., & Fevria, R. (2023). Budidaya Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Teknik Hidroponik Sistem Nutrient Films Technique (NFT). Prosiding Semnas Bio, 1293–1299. https://doi.org/10.35965/eco.v23i2.3459
Nur Hidayat, Maria, E., Rusmini, La, M., & Widayasari, D. (2022). Pengaruh Pengaturan Suhu Air Nutrisi Hidroponik Pada Budidaya Cabai Habanero (Capsicum Chinense Jacq.). Jurnal Agrotech, 12(1), 33–37. https://doi.org/10.31970/agrotech.v12i1.86
Pharmawati, M., Wirasiti, N. N., Wahyuni, I. G. A. S., & Kawuri, R. (2017). Pelatihan hidroponik di SMAN 1 Denpasar, Bali. Buletin Udayana Mengabdi, 16(2), 82–86.
Rahman, A. F. S., Nugraha, M. S., & Nugraha, A. (2023). Perancangan dan Monitoring Sistem Pertanian Hidroponik Berbasis Wireless Sensor Network (WSN). Jurnal Teknik Elektro Uniba (JTE UNIBA), 7(2), 345–349. https://doi.org/10.36277/jteuniba.v7i2.225
Ramadhan, R. F., Fajri, M. F. N., Fachruddin, M. F., & Handoko, D. (2022). Edukasi penanaman dan perawatan tanaman hidroponik di smp al-barkah. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15475
Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.
Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Bonorowo, 1(2), 43–50.
Sanchez, E., Berghage, R., Flax, N., Ford, T., & Di Gioia, F. (2021). Hydroponics Systems and Principles Of Plant Nutrition: Essential Nutrients, Function, Deficiency, and Excess. In Penn State Extension Fact Sheet (pp. 1–4). https://extension.psu.edu/hydroponics-systems-and-principles-of-plant-nutrition-essential-nutrients-function-deficiency-and-excess
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Menyusun Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Marlinda Mulu, Devi Liana, Yuliana Wahyu, Yakobus Jarut
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: