PELATIHAN MENANGANI CULTURE SHOCK PADA SISWA YANG AKAN MEMASUKI DUNIA PENDIDIKAN BARU DAN DUNIA KERJA DI SMA IKHSANIYAH KOTA TEGAL

Muhammad Syaifulloh, Slamet Bambang Riono, Akbar Nuur Purnama Darma W.

Abstract


Abstrak : Orang yang mengalami culture shock  berada dalam kondisi tidak nyaman baik secara fisik maupun emosional. Ini biasanya terjadi pada orang-orang yang secara tiba-tiba berpindah atau dipindahkan ke lingkungan yang baru, kegiatan ini dimaksudkan supaya bisa memberikan solusi ataupun pemecahan masalah yang terjadi pada siSwa kelas XII di SMA Ikhsaniyah kota tegal. Jumlah siswa yang ikut program pengabdian masyarakat sejumlah 40 siswa. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah Mengetahui Faktor penyebab terjadinya culture shock  pada saat memasuki dunia pendidikan baru/Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja, Mengetahui Apa efek atau akibat dari terjadinya culture shock  dan Mengetahui  solusi dari permasalahan culture shock , Metode yang di gunakan adalah Wawancara dan tanya jawab antara pemateri dengan Siswa, Hasil pengabdian kepada masyarakat dari kegiatan tersebut adalah Program Pelatihan cukup efektif dalam mensosialisasikan cara menaggulangi Culture shock  pada Siswa dan Siswa sangat antusias serta senang dalam mengikuti Pelatihan karena mereka bisa mengetahui factor-apa saja yang menjadikan Orang menjadi culture shock  dan cara menaggulangi Culture shock  saat memasuki dunia pendidikan baru/Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja selepas Lulus dari SMA.

Abstract:  People who experience culture shock are in an uncomfortable condition both physically and emotionally. This usually happens to people who suddenly move or are moved to a new environment, this activity is intended to be able to provide solutions or solutions to problems that occur in class XII students at the Ikhsaniyah High School in Tegal. The number of students participating in the community service program is 40 students. The purpose of community service is to know the factors that cause culture shock  when entering a new world of education / Higher Education and the World of Work, Knowing what the effects or consequences of the occurrence of culture shock  and Knowing the solution to the problem of culture shock , The method used is Interview and question and answer between presenters and students, the results of community service from the activity is that the Training Program is quite effective in socializing how to overcome Culture shock  to Students and Students are very enthusiastic and happy in participating in Training because they can find out what factors make People into culture shock  and ways overcome Culture shock  when entering the new world of education / Higher Education and the World of Work after Graduating from High School.

 


Keywords


Culture shock , New World of Education, World of Work

Full Text:

Download [PDF]

References


Agung, A. (2017). Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026

Badriatin, T., Radi Rinandiyana, L., & Sudiarti, S. (2020). Pelatihan Investasi Sejak Dini Melalui Pasar Modal Pada Mahasiswa Baru Politeknik Triguna Tasikmalaya. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 8–16.

Didik Suryanto, Waras kamdi, S. (2013). Relevansi soft skill yang dibutuhkan dunia usaha/industri dengan yang dibelajarkan di sekolah menengah kejuruan. Teknologi Dan Kejuruan, 36(2), 107–118.

Erni Wijayanti. (2017). Perencanaan Sumberdaya Manusia Yang Efektif: Strategi Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2, 105–114.

Faizin, M. I. (2020). Fenomenologi Gegar Budaya Pemelajar BIPA Asal Negara Afrika Selatan di Malang. 5(1), 27–33.

Harlinda, K. (2018). CULTURE SHOCK ( Studi pada Ekspatriet PT AKT Indonesia , Pasuruan ). Jurnal Administrasi Bisnis, 59(1), 33–40.

Hasdar, M., Fera, M., & Syaifulloh, M. (2019). Pemberdayaan Kelompok Bisnis Mahasiswa Berbasis IPTEK Melalui Program Agrofood Technopreneur. Jurnal SOLMA, 8(1), 73. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3206

Jerry Indrawan. (2015). Kepemimpinan Berbasis Pemberdayaan Dalam Alih Teknologi : Sebuah Upaya Meningkatkan Kualitas Sdm Pertahanan Indonesia. Pertahanan, 5(April), 63–88.

Jurnal Syarif, Ardiansyah Hasin, Suharsih Thahir, Nardin, M. K. N. (2018). Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan NAPZA bagi pelajar dan Remaja. 1(2), 30–34.

Martini, D., Hartini, M. N., & Hartini, N. (2012). Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Tunadaksa Di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Tubuh Pasuruan. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 1(2), 7.

Muhammad Syaifulloh, Farhan Saefudin Wahid, N. (2018). Analisis Produktivitas Kegiatan Penelitian Dosen di Universitas Muhadi Setiabudi. JBIMA (Jurnal Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 154–162.

Muhammad Syaifulloh, A. N. P. D. W. S. B. R. (2020). Imbas Biaya Pendidikan terhadap Minat Studi Lanjut di Perguruan Tinggi Kabupaten Brebes. Syntax Idea, 2(April 2020), 92–98.

Muhson, A., Wahyuni, D., & Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Economia, 8(April), 42–52.

Nurjanah, V., F., M. K. F., Pranoto, Y. H., Setiahati, I. P., & Inharjanto, A. (2020). Pelatihan Kepemimpinan Bidang Ketrampilan Public Speaking, Survival, Character Building, Dan Community Building Bagi Kebidelan Seminari St. Paulus Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 43. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1704

Oktaria, A., Siregar, A., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Bersuku Minang Di Universitas Diponegoro. Empati, 7(2), 48–65.

Pajar Amin, Dewi Ulfah Arini, W. B. P. (2020). Mental Wirausaha Guna Mendukung Program Ekonomi. 4(2), 4–6.

Rahma, A. S. (2016). Studi fenomenologi gegar budaya mahasiswa asal sumatera di untirta.

Sasmito, A. P., Kustono, D., & Patmanthara, S. (2015). Kesiapan memasuki dunia usaha/dunia industri (DU/DI) siswa paket keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 38(1), 25–40.

Slamet Bambang Riono; Muhammad Syaifulloh; Suci Nur Utami. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Rumah Sakit dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Syntax Idea, 2(4), 138–147. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i4.190

Sumartiah, S., Maulida, A., Cahya, A. D., & Larasati, S. B. (2019). Meningkatkan Skill Berwirausaha Melalui Manajemen Keuangan Online, Inovasi Produk, Penjualan Online, Dan Handycraft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(2), 181. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1264

Syaifulloh, M. (2017). Peranan Dosen Tanpa Jabatan Fungsional terhadap Pengembangan Kreatifitas Mahasiswa di Universitas Muhadi Setiabudi. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual” Universitas Muhammadiyah Semarang, 30 September 2017, September, 246–251.

Uswatun Chasanah. (2017). Perbedaan Culture shock ditinjau dari tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Mahasiswa Asing di UIN Sunan Ampel Surabaya. In UIN Sunan Ampel. http://www.albayan.ae




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Syaifulloh, Slamet Bambang Riono, Akbar Nuur Purnama Darma W.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: