PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Barsihanor Barsihanor, Abdul Hafiz, Galuh Nashrulah KMR, Iman Setya Budi

Abstract


Abstrak Pop up book merupakan suatu media yang memiliki unsur tiga dimensi. Buku pop-up mempunyai kemampuan untuk memperkuat kesan yang ingin disampaikan dalam suatu materi sehingga membuat materi lebih mudah diingat dan dipelajari. Permasalahan yang dialami oleh MI Tarbiyatul Islamiah, di antaranya 1). Sebagian besar guru berasal dari lulusan yang tidak linear dari segi kualifikasi, 2). masih rendahnya pengetahuan guru terhadap pentingnya media pembelajaran, 3). Masih rendahnya kreatifitas guru dalam pembuatan media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan, melalui pelatihan ini guru diberikan pengetahuan mengenai pentingnya sebuah media pemebelajaran pada saat proses pembelajaran. Selain itu peserta dibekali keterampilan dalam membuat media pembelajaran pop up book, sehingga para peserta pelatihan memiliki peningkatan kemampuan dasar dalam membuat media pembelajaran pop up book sebesar 23,34%.

 

Abstract:  Abstract Pop up book is a media that has three dimensional elements. Pop-up books reinforce the impression that will be conveyed in learning materials so that it makes them easier to remember and learn. Problems experienced by MI Tarbiyatul Islamiah, including 1). Most teachers come from graduates whose field of study is not linear, 2). Lack of teacher awareness of the importance of learning media, 3). Teacher creativity is limited in making learning media. This community service uses the training method. This training provides teachers with knowledge about the importance of learning media during the learning process. In addition, the training drills participants to be skilled in making media for learning pop up books. After having the training, participants acquire basic skills in making learning media pop up books by 23,34%.

Keywords


Learning Media; Pop up Book

Full Text:

Download [PDF]

References


A. Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Baiduri, Taufik Marhan, E. L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up book Berbasis Audio pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. 8(1), 248–261.

Benardi, A. I. (2018). Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor untuk Siswa Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book di PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas. 23(2), 85–93.

Bluemel, & T. (2012). Pop Up Books: A Guide forTeachers and Librarians. Library of Congress Cataloging-in-Publication-Data.

Devi,, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. PGSD INDONESIA, 03(02).

Dewanti, Handaruni, Anselmus J E Toenlioe, Y. S. (2018). Pengembangan Media POP-UP BOOK untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden, Kabupaten Ponorogo,. 01(03).

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-up book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA, 03(02).

Haryanti, Agustania Harmanto, F. A. (2017). Keefektifan Media Pop-up book pada model Cooperative Terhadap Hasil Belajar IPS. 6(3), 188–196.

Khoiriyah, Evi, Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. 2(2), 22–32.

Marlina, M. (2018). Pengembangan Media Pop-up book Materi Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD.

Meri lismayanti, Afreni Hamidah, Evita Anggereini. (2016). Pengembangan Buku Pop Up sebagai Media Pembelajaran pada Materi Crustacea untuk SMA Kelas X. Penelitian Universitas Jambi Seri Sain, 18(01).

Oktaviyani, Hani, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. 6(1), 203–210.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-up book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan Surabaya. UNNES.

Safri, M., Sari, S. A., & M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-up book pada Materi Minyak Bumi. Pendidikan Sains Indonesia, 05(01).

Sari, Y. (2018). Efektivitas Media Pop-up book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagian-Bagian Tubuh pada Siswa Tunagrahita Ringan. 6, 106–111.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2017). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Sains Bagi Guru Taman Kanak-Kanak. ABDI, 03(01).

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-up book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammad SholehSholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-up book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar M. 4(I), 138–150.

Sugiarti, H. (2017). Keefektifan Media Pop Up Candi Berbantu Model Snowball Throwing terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Kembangarum 02 mranggen. V(1), 67–71.

Tri Wahyu Ningtiyas, Punaji Setyosari, H. P. (2019). Pengembangan Media Pop-up book untuk Mata Pelajaran IPA BAB Siklus Air dan Peristiwa Alam. 2(2), 115–120.

Wulandari, A., Pinaka, T., & Ning, R. (2018). Pop-Up Legenda Sindoro Sumbing Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Literasi Siswa. 2(2), 130–139. https://doi.org/10.31002/transformatika.v


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Barsihanor, Abdul Hafiz, Galuh Nashrulah KMR, Iman Setya Budi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: