MURAL ART MEDIA F0R MILLENNIALS CHARACTER EDUCATION

Safitri Zuliana Aryanti, Yakub Nasucha, Ali Imron Al-Ma’Ruf

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan mengidentifikasikan kualitas tulisan dengan jenis-jenis seni mural untuk pendidikan karakter generasi milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Dokumentasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah wacana karya seni mural yang terdapat pada dinding-dinding kota yang ada di Indonesia dan di media sosial. Metode analisis data menggunakan metode padan referensial. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan terdapat lima jenis seni mural yang meliputi: mural politik, mural estetika, mural sosial budaya, mural ekonomi dan mural pendidikan. Jenis-jenis mural tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pendidikan karakter generasi milenial. Adapun nilai pendidikan karakter generasi milenial yang terdapat di seni mural yaitu peduli lingkungan, usaha, semangat kebangsaan, cinta damai dan demokrastis. Jadi, seni mural memiliki nilai pendidikan karakter generasi milenial yang sangat beragam.

Abstract:  The objective of this article is to identify the types and writing quality of mural arts with orientation of millennials character education. This is a descriptive qualitative research that utilizes documentation, observation and transcription techniques. The documentation focuses on mural artwork discourse found on walls in Indonesia and those posted in social media. The data are analysed using referential identity method. The analysis shows that there are five types of mural art found, which are: politics mural, socio-cultural mural, aesthetic mural, economics mural, and education mural. These types of murals can be used as a source of millennials character education because they contain character values of: democratic character, harmony, nationhood, determination, and environmental love. Thus, it can be concluded that mural arts have diverse character education values to be utilized in character building efforts for millenials

Keywords


Media; Mural; Education; Character; Millennials

Full Text:

Download [PDF]

References


Ambrose, G., & Harris, P. (2017). Mural. In The Visual Dictionary of Graphic Design. https://doi.org/10.5040/9781474293761.0157

Assyfah, T., Halimah, M., & Giyartini, R. (2019). Seni Mural untuk Meningkatkan Minat Membaca di Perpustakaan SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 29. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.17979

Cahyanto, B., Rahayu, S. D., Fitria, R. N., Azizi, P. R., Al Arobi, A. S., Masrukhin, M., Mutmainah, S., Yulandra, N., Arrozak, M., & Malik, A. (2020). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 73. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6601

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe7950.64

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, QuCreswell, J. W. (2014). . Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Gazali, M. (2017). Seni Mural Ruang Publik dalam Konteks Konservasi. Jurnal Imajinasi, 11(1), 69–76. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/11190/6732

Kemendiknas. (2010). Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. In Kemendiknas. BPPPK.

Laksana, D. A. W., & Adiwibawa, B. A. P. (2019). Identifikasi Dan Kategori Ragam Hias Bangunan Cagar Budaya Gaya Neo-Gotik. GESTALT, 1(1), 25–38. https://doi.org/10.33005/gestalt.v1i1.18

Laksana, D. A. W., & Prasetya Adiwibawa, B. A. (2018). Mural Dalam Paparan Media Dan Pembelajaran Sosial Bagi Masyarakat Kampung Kota. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 46. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i1.1210

Lukmantoro Taufik; Kurniasari, Triliana, T. S. (2013). Eksistensi Graffiti sebagai Media Ekspresi Subkultur Anak Muda. Interaksi Online.

Nurul Hidayah. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204.

Prasetyo. (2017). Diversifikasi Produk dan Teknik Pemasaran Kerajinan Kulit di Solo Raya Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Imajinasi, XI(1), 69–76.

Rabiah, S. (2019). Character Education through Indonesian Language Course on Higher Education. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012069

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Riswanti, I. (2014). Media Buletin Dan Seni Mural Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Obesitas. Journal of Health Education, 25(1), 57–60. https://doi.org/10.1080/10556699.1994.10603001

Santoso, J., Sabardila, A., Wahyudi, A. B., Haryanti, D., Faizah, N., & Riyanto, S. (2017). Aspek Nilai Moral Dalam Akun Facebook Jokowi. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 38. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5190

Sudaryanto, S., Soeparno, S., & Lilis Ferawati. (2019). Politics of Language in Indonesia (1975-2015): Study of History and Language Policy. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.21009/aksis.030113

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1–32.

Suherman, Sunarto, & Anggraeni, S. P. K. (2019). Mural di Lingkungan Sekolah dalam Konteks Pendidikan Konservasi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 192–203.

Sunaryo, H., Zuriah, N., & Kusniarti, T. (2017). Model adaptasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sastra berkarakter. Sosio Humanika Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 10(1), 107–116.

Zurqoni, & Rahman, F. (2019). Aplikasi Statistik Proses Kontrol Untuk Evaluasi Proses Pembelajaran Menggunakan Diagram Kontrol X ̅ dan R. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika, 12(2), 30–35. https://doi.org/10.36456/jstat.vol12.no2.a2226




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Safitri Zuliana Aryanti, Yakub Nasucha, Ali Imron Al-Ma’Ruf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: