PEMBIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOAL KATEGORI HOTS DI MGMP MATEMATIKA SMP KOTA TANJUNGPINANG
Abstract
Abstrak: Generasi pada era teknologi industri 5.0 diharuskan untuk mempunyai kemampuan dalam berpikir tingkat tinggi yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Konsep Kurikulum 2013 mengakomodir pengembangan HOTS tersebut, baik dalam pembelajaran maupun dari segi penilaian hasil belajar. Oleh karena itu, sudah semestinya guru mampu mengembangkan soal kategori HOTS dan membiasakan siswa menyelesaikannya. Namun, kondisi saat ini menunjukkan bahwa belum optimalnya pemahaman yang dimiliki guru tentang bagaimana cara mengembangkan soal kategori HOTS. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru tentang hakekat HOTS dan cara mengembangkan soal kategori HOTS dalam bidang matematika. Kegiatan ini diselenggarakan di SMP Negeri 7 Tanjungpinang dan dihadiri 38 orang guru yang juga merupakan anggota MGMP Matematika SMP Kota Tanjungpinang. Rangkaian kegiatan meliputi; (1) Pemantapan pemahaman peserta terhadap konsep soal kategori HOTS, karakteristik dan fungsi soal kategori HOTS; (2) Pembimbingan peserta dalam menyusun dan mengembangkan soal kategori HOTS; dan (3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan menggunakan angket. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa target PKM tercapai dengan baik yaitu terjadinya peningkatan pemahaman guru terhadap pengembangan soal kategori HOTS. Lebih lanjut, setelah mengikuti pelatihan peserta mengaku lebih termotivasi untuk mengembangkan soal kategori HOTS pada materi pelajaran matematika SMP.
Abstract: Generations in the era of industrial technology 5.0 are required to have higher order thinking skills (HOTS). The 2013 curriculum requires the existence of HOTS both in the implementation of learning activities and the assessment of learning outcomes. Teachers must be able to create and develop HOTS questions. There are still many teachers who do not have a good understanding on how to develop HOTS category questions. This service aims to provide teachers with an understanding of the nature of HOTS and the development of HOTS category questions in the field of mathematics. This activity was held in Tanjungpinang 7th Public Middle School and was attended by 38 MGMP Mathematics Teachers of Tanjungpinang Middle School. The series of activities namely; (1) Strengthening participants' understanding of the nature of HOTS category questions, its characteristics and function of HOTS category questions; (2) Guiding participants in compiling and developing HOTS category questions; and (3) Evaluation of the implementation of activities using a questionnaire instrument. The results show that there was an increase in teacher understanding of the development of HOTS category questions. Furthermore, the participants claimed to be more motivated to develop HOTS category questions mathematics subject for junior high school.Keywords
Full Text:
Download [PDF]References
Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students’ Higher-OrderThinking Skills. International Journal of Secondary Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160401.11
Amaluddin, A., Mulbar, U., & Zaki, A. (2019). Meningkatkan kualitas alat instrumen dalam pelatihan menyusun konstruksi soal-soal level Higher Order Thinking Skills (HOTS). Prosiding Seminar Nasional LP2M Universitas Negeri Makassar, 469–472. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11631
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Slassroomin Your Classroom. ASCD.
Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671
Conklin, W. (2012). Higher-Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Shell Education. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 170–176.
Iskandar, D., & Senam, S. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY Dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4533
Ismayani, R. M., Permana, A., & Sukawati, S. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP Se-Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 3(1), 173–185. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3575
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776
Jailani, Sugiman, Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skill. UNY Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.35 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2018/bn1690-2018.pdf
Maksum, A., & Suntari, Y. (2019). Pelatihan Penyusunan Soal IPS Berbasis HOTS. Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD), 2(1), 10–13. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpsd/article/view/11890
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2015). The TIMSS 2015 International Results in Mathematics. In The TIMSS 2015 International Results in Mathematics. https://doi.org/10.1002/yd.20038
OECD. (2019). PISA 2018 Result: Combined Executive Summaries Volume I, II & III. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf
Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78–87. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
Rosnawati, R. (2009). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Seminar Nasional Dengan Tema : ”Revitalisasi MIPA Dan Pendidikan MIPA Dalam Rangka Penguasaan Kapasitas Kelembagaan Dan Profesionalisme Menuju WCU”.
Safi’i, I., & Ammar, F. (2019). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Adimas Dewantara, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.4176
Salirawati, D. (2017). Pelatihan Pengembangan Soal HOT (Higher Order Thinking) sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. Inoteks, 21(1), 14–25.
Samo, D. D., & Garak, S. S. (2019). Pelatihan Pengembangan Soal Geometri Level Higher-Order Thinking Skill (Hots) Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Kupang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPK-IKP), 2(1), 17–27.
Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global : penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile`s Publishing.
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyan, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinkings Skills (HOTS). Dirjen GTK Kemendikbud. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sumaryanta. (2018). Penilaia HOTS dalam pembelajaran matematika. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 8(8), 500–509.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nur Izzati, Rindi Antika, Susanti Susanti, Nur Asma Riani Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: