PENINGKATAN KETERAMPILAN SENI DAN MANAJERIAL GURU PAUD/TK UNTUK PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN IMAJINASI ANAK USIA DINI

Pamela Mikaresti, Herry Novrianda, Ana Nurmalia

Abstract


Abstrak: Fokus utama pendidikan anak usia dini, terutama di TK dan PAUD, adalah pengembangan kreativitas dan imajinasi. Guru memainkan peran kunci dalam merangsang perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tim Universitas Terbuka bersama HIMPAUDI merespons kebutuhan guru dengan menyelenggarakan edukasi mengenai stimulasi perkembangan motorik anak melalui karya tari sederhana. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dan manajemen pertunjukan, diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan . Metode penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif dengan pemberian materi dan pelaksanaan praktik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di TK Patria Dharma Bengkulu, diikuti oleh 60 Guru yang tergabung dalam HIMPAUDI. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan ilmu tentang tata rias pertunjukan, manajemen pembelajaran, dan penggunaan permainan edukatif. Dari 50 peserta guru TK, 40 orang atau 80% berhasil melakukan tata rias seni pertunjukan dengan baik, yang berarti mereka telah berhasil meningkatkan keterampilan mereka secara signifikan. Dalam aspek manajerial, terdapat peningkatan kemampuan sebesar 83% berdasarkan hasil pretest dan posttest. Selain itu, semua guru (100%) tertarik untuk mengajarkan permainan ular tangga yang dimodifikasi dengan produk pertanian kepada siswa, mengindikasikan minat yang tinggi terhadap metode pembelajaran interaktif ini.

Abstract: The main focus of early childhood education, especially in kindergartens and early childhood education centers (PAUD), is the development of creativity and imagination. Teachers play a key role in stimulating cognitive, affective, and psychomotor development. The Open University team, together with HIMPAUDI, responds to the needs of teachers by organizing education on stimulating children's motor development through simple dance movements. This training aims to enhance teachers' skills and performance management, with the expectation of making a positive contribution to the quality of education. The delivery method involves a participatory learning approach with both theoretical instruction and practical implementation. This community engagement activity took place at TK Patria Dharma Bengkulu and involved 60 teachers affiliated with HIMPAUDI. Throughout the program, participants learned about stage makeup, lesson management, and the use of educational games. Positive feedback from teachers indicates that the training successfully improved their skills in managing art performances within schools. Consequently, this program is expected to significantly contribute to enhancing the quality of early childhood education by developing children's creativity, imagination, and motor skills.


Keywords


Devotion; Art; Managerial; HIMPAUDI.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Astriani, M. M. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tata Rias Wajah Korektif. Jurnal Desain, 4(03), 265. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1865

Atika Setiawati, F., & Suyadi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274

Darta, A. K., & Suhartiningsih. (2015). Hasil Merias Wajah Panggung Melalui Pelatihan Bagi Guru Paud Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. E-Journal, 04(01), 143–149.

Dini Pebrianty, R., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696

Hamka, M. S., Sari, K. N., Suningsih, N., Sari, I. M., Nur’aini, N., & Prawanto, A. (2022). Pengenalan Hortikultura, Ternak Unggas Dan Perikanan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Siswa SDN 36 Rejang Lebong. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 105–110. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.268

Hasnaeni, N. A., Jayadi, K., Husain, M. S., Seni, P., Universitas, R., Makassar, N., Seni, P., Universitas, R., Seni, P., Universitas, R., & Makassar, N. (2022). Membentuk sebagai pembelajaran kreativitas di tk khadijah baji gau kota makassar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.9, 2019l 193.

Hidayatullah, R. (2022). Desain Penelitian Musik di Era Digital ( Sebuah Tinjauan Studi Literatur ). Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 5(1).

Indarwati, A., & Ayuningrum, D. (2022). Upaya Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Di TK PKK Gorontalo Utara. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 13–24. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.691

Kirana, K. C., Setyawati, N. D., & Kurniawan, I. S. (2021). Memperkuat Ocb: Peran Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Motivasi Intrinsik: Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta. Derivatif : Jurnal Manajemen, Vol. 15(No. 2), 354–363.

Kua, M. Y., Ngura, E. T., Nafsia, A., & Ngonu, M. R. (2023). Pendampingan Anak Usia Dini Melalui Implementasi Mata Kuliah Tata Rias Dan Koreografi Berbasis Batic (Beauty, Trendy Dan Iconic) Untuk Meningkatkan Aspek Seni Anak. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(2), 252–262. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i2.1653

Lahpan, N. Y. K., & Nur Ghaliyah, B. D. (2020). Membangun Kewirausahaan Seni Melalui Festival Dalam Bandung Isola Performing Arts Festival (BIPAF). Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(3), 323–330. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.876

Librianty, H. D., & Susanti, N. (2021). Pendampingan Pengelolaan Pembelajaran. KREASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7.

Mikaresti, P. (2023). Pembinaan Usaha Seni Kreatif Dalam Meningkatkan Keterampilan. Surya Abdimas, 7(4), 596–607.

Mikaresti, P., & Meylani, Y. (2021). Optimalisasi Penyampaian Materi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Gpo. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 48–57.

Mikaresti, P., Meylani, Y., & Perdima, F. E. (2021). Optimalisasi Penyampaian Materi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Gpo. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9482

Mikaresti, P., Yusrizal, Y., & Nurmalia, A. (2023). Motivation and Development of Cosmetology Skills for Female Prisoners of Class II B Bengkulu Detention Center by Utilizing Domestic Production Technology. Surya Abdimas, 7(3), 498–505. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2209

Nabilawati, F. C. (2022). Permainan Ular Tangga untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik pada Anak Usia Dini. Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini” Tahun 2022.

Nurhayati, D., Nina, A., & Imro’atun Hasanah, H. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 4, 64–75.

Nurlina, & Bahera. (2024). Belajar Melalui Bermain : Seni sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(2), 222–232.

Putri, N. G. A. E., & Sanjiwani, P. K. (2021). Kontribusi Pertunjukan Seni Tari Tradisional Sebagai Atraksi Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal Desa Adat Ubud. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 450. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i02.p25

Sari, Y. W., & Risma, R. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal di TK Babel Kids Pangkalpinang. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.32923/lenternal.v3i2.2448

Sugiwati. (2012). Metode Bermain Ular Tangga untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Kelompok A di TK. Ria Baruk Utara VIII/35 Rungkut-Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–6.

Telaumbanua, K., & Bu’ulolo, B. (2024). Manfaat Seni Rupa dalam Merangsang Kreativitas Anak Usia Dini. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 123–135. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.920

Trisnawati, W., Raharjo, T. J., & Kisworo, B. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela PLS, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.2309

Tutwuri, A. (2020). Daya Tarik Budaya sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Daerah Jawa Tengah. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/g75z3

Ummamah Chairatul, & Herman Jufri Andi. (2008). Edukasi Kreativitas Anak Di Paud Nurul, Jadid Sumenep Dengan Kegiatan Seni Dan Budaya Berbasis Aktivitas Motorik. Jurnal Pengabdian Mandiri (JPM), 1(8), 1–7. http://bajangjournal.com/index.php/JPM

Unique, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 0, 1–23.

Widhiardanti, R. M., Iriani, A., & Hadi, W. (2022). Pengaruh Pelatihan Penilaian Praktik Seni Budaya Berbasis Pergelaran bagi Guru Seni Budaya SMK di Salatiga. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 23(1), 28–38. https://doi.org/10.24821/resital.v23i1.6200

Yuliastuti, I. A. N., Artajaya, W. E., & Susrawan, I. N. A. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sanggar Seni Tari Anak Berkebutuhan Khusus. Abdimas, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.25265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pamela Mikaresti, Herry Novrianda, Ana Nurmalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: