PEMANFAATAN DUNIA INTERNET DALAM METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI DI ERA GLOBALISASI

Evi Purnamasari, Dwi Asa Verano

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi yang semakin meningkat apalagi dibidang jaringan, yang mana informasi apa saja bisa kita terima dari jaringan internet. Perkembangan teknologi membuat manusia harus semakin cangih dalam peningkatan wawasan terkait tentang teknologi baik itu guru bahkan anak di usia dini. Kita memfokuskan kepada anak di usia dini yang mana wawasan yang dimiliki belum seutuhnya bisa diterima dengan baik yang artinya dunia internet bisa digunakan sebagai pembelajaran namun bisa menjadi bumerang terhadap anak di usia dini, karena internet tidak hanya memberikan dampak positif melainkan bisa berdampak negatif. Banyaknya guru yang belum memahami akan dampak tersebut, oleh karena itu untuk guru sangat perlu dibekali ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan dalam penggunaan untuk anak di usia dini. Kegiatan pelatihan ini menjelaskan tentang bagaimana dalam pemanfaatan internet yang baik sebagai media pembelajaran yang baik dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis digital, manfaatnya agar anak di usia dini sudah dibekali wawasan cara penggunaan internet yang baik sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan internet. Pelatihan ini dihadiri oleh tenaga pendidik yaitu sebanyak 5 (lima) orang guru. Hasil yang dicapai saat ini guru TK Islam An- Nafi’ sudah memiliki kemampuan dalam penggunaan dan pemanfaatan internet dari yang semula 0% menjadi 98% sudah memahami.

Abstract: The development of technology is increasing, especially in the field of networks, where we can receive any information from the internet network. The development of technology makes humans have to be more sophisticated in increasing their insight related to technology, both teachers and children at an early age. We focus on children at an early age whose insight is not yet fully accepted, which means that the internet world can be used as learning but can backfire on children at an early age, because the internet not only has a positive impact but can also have a negative impact. Many teachers do not understand the impact, therefore it is very necessary for teachers to be equipped with knowledge about the use of it for children at an early age. This training activity explains how to use the internet properly as a good learning medium using digital-based learning methods, the benefits of which are that children at an early age are already equipped with insight into how to use the internet properly so that unwanted things do not happen in using the internet. This training was attended by 5 (five) teachers. The results achieved at this time are that An-Nafi' Islamic Kindergarten teachers already have the ability to use and utilize the internet from the original 0% to 98% already understanding.

 


Keywords


Technology; Internet Use; Impact of the Internet; Early Childhood.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alwi, N. A., Dewi, I. P., & Bukittinggi, I. (2022). Peningkatan Pemanfaatan Internet dan Media Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pembelajaran Tematik Terpadu pada Masa Covid-19. 6,Issue? 16477–16483.

Anggraini, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pengembangan Wawasan Nusantara Sebagai Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Generasi Muda Melalui Pemanfaatan Internet. 2022(14), 174–180.

Aryanti, R., Saepidin, A., Wahyuni, T., Hasan, F. N., & Harefa, K. (2021). Pemanfaatan Internet Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Komunikasi Dan Bahasa, 1(1), 19–27.

Dewantara, R., Cakranegara, P. A., & Wahidin, A. J. (2022). Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Penentuan Jaringan Dan Pemanfaatan Internet Pada Provinsi Indonesia. 6(September), 1226–1238.

Dewi, R., Janitra, P. A., & Aristi, N. (2018). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat. MKK, 1(2), 162–172.

Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Pierre, J., & Mahayana, D. (2020). Adiksi Media Sosial Dan Gadget Bagi Pengguna Internet Di Indonesia. 14(1), 1–14.

Irawan, R., Hidayat, A. N., Nurmaniati, A., Sari, E., Sari, R., Nur, T., & Indonesia, D. (2022). Bimbingan belajar rumberia (rumah belajar ceria) untuk siswa sekolah dasar. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(September), 1524–1528.

Listyanto, A. D., Munadi, S., & Yogyakarta, U. N. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 293–306.

Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. 4(3), 242–246.

Merdekawati, A., Dhiana, A. S., Kumalasari, J. T., Sugeng, I. S., & Lestari, S. W. (2021). Pelatihan Parenting Melalui Pemanfaatan Internet Sehat Sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Internet ( Media Sosial ) Pada Yayasan Nurul Islam Sabillurrosyad. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 233–239.

Nelfianti, F., Martiwi, R., Rahman, A., & Kurniawan, A. (2022). Pelatihan Internet Sehat Dan Aman Untuk.

Purnamasari, E. (2023). Prediksi Tingkat Kepuasan Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 5(4), 153–159. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i4.431

Purnamasari, E., Lestari, E. S., & Marcelina, D. (2023). Cara Pembuatan Soal Ujian Online Berpasword Menggunakan Google Form. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 42–47. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2922

Sappa, A. M., & Limbong, M. (2022). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Internet dan Kuantitas Tidur di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Makale. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2)Halaman?.

Sartika, G. D., Amalia, N. K., & Nugraha, T. A. (2022). Softskill, Peningkatan Pengenalan, Dengan Dasar, Guru Sekolah Of, Enhancement With, Softskill. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 6(1), 203–209.

Sasmita, R. (2020). Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103.

Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Pendidikan Pancasila. Jurnal PEKAN, 4(1), 64–73.

Winarso, D., Arribe, E., Diansyah, R., Informasi, P. S., Komputer, F. I., & Riau, U. M. (2017). Pemanfaatan Internet Sehat MenujU. 1(1), 19–23.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.25383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Evi Purnamasari, Dwi Asa Verano

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: