DIGITALISASI TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN POTENSI PEMBANGUNAN DAN UMKM DESA
Abstract
Abstrak: Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar untuk meningkatkan potensi pembangunan desa dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa. Digitalisasi mencakup penggunaan internet, aplikasi perangkat mobile, e-commerce, dan berbagai solusi teknologi lainnya yang dapat menghubungkan desa dengan pasar global. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam menyebarkan informasi mengenai potensi desa melalui media digital dan pemasaran UMKM melalui digital marketing. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi mengenai pemasaran digital, pembuatan dan pelatihan pengelolaan website desa, serta pendampingan kegiatan digitalisasi pemasaran. Sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah perangkat desa dan pelaku ekonomi UMKM di desa. Pengukuran keberhasilan luaran dilakukan melalui hasil produk yaitu website desa dan profil bisnis UMKM melalui media digital. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan perangkat desa sejumlah dua orang (100%) dalam pengelolaan informasi mengenai desa dalam website desa. Sedangkan untuk UMKM didapatkan peningkatan kemampuan UMKM dalam digital marketing dengan tiga UMKM memiliki akun pemasaran, Google Business Profile dan Marketing di Facebook pada UMKM. Saran dari kegiatan ini adalah meningkatkan literasi digital masyarakat agar dapat meningkatkan penggunaan media digital untuk peningkatan informasi desa serta optimalisasi pemasaran produk UMKM desa.
Abstract: The development of digital technology has opened opportunities to enhance the potential for village development and micro, small, and medium enterprises (UMKM) in rural areas. Digitalization includes the use of the internet, mobile device applications, e-commerce, and various other technological solutions that can connect villages to the global market. The aim of this program is to improve the ability of village officials to deliver information about village through digital media and promote UMKM through digital marketing. The activities conducted include socialization on digital marketing, the creation and training on village website management, as well as assistance in the digitalization of marketing efforts. The targets of this community service activity are village officials and UMKM entrepreneurs in the village. The outputs is measured through products such as village websites and UMKM business profiles via digital media. The results of this community service program show an improvement in the ability of two village officials (100%) to manage village-related information on the website. For UMKM, the result is an increase in their digital marketing capabilities, with the establishment of three marketing accounts, Google Business Profiles, and Facebook Marketing for UMKM. The recommendation from this activity is to improve digital literacy among the community to enhance the use of digital media for disseminating village information and optimizing the marketing of UMKM products.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ainiyah, R., Burhan, S., Ardiansyah, M. F., & Fidanti, D. P. (2021). Pengembangan Desa Digital Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Lokal Desa Karangrejo. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat. Volume 2 (2) 2021. Hal 13-18. DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v2i2.5999.
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur, S., Anggrahi, A., Adha, N., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Adinata, A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning. Volume 7(2) 2023, 239–247. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878
Arma, N. A., & Terbuka, U. (2023). Collaborative Governance Dalam Pengembangan Smart Village Desa Pangandaran. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo. Volume 10 Nomor 2, 2023 10, 492–502. DOI: https://doi.org/10.37606/publik.v10i2.648
Cho, W., & Melisa, W. D. (2021). Citizen coproduction and social media communication: Delivering a municipal government’s urban services through digital participation. Administrative Sciences, 11(2). https://doi.org/10.3390/ADMSCI11020059
Daud, R. F., Yulina, Y., & Monica, D. (2023). Sosialisasi Teknologi Digitalisasi 4.0. Dalam Memasarkan Produk Unggulan UMKM Desa Sukamulya Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 93–102. https://doi.org/10.36312/linov.v8i1.1124.
Desiani, A., Yahdin, S., Irmeilyana, I., & Rodiah, D. (2020). Inovasi digitalisasi promosi potensi dan produk usaha masyarakat desa berbasis website di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan. Riau Journal of Empowerment, 3(1), 49-59. https://doi.org/10.31258/raje.3.1.49-59.
Eprilianto, D. F., & Pradana, G. W. (2019). Digital Inovasi Sektor Publik : Efektivitas Kolaborasi Dalam Implementasi Inovasi Dega Digital. Jurnal El-Riyasah. Vol 10, No 2 (2019). 127–145. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v10i2.8909
Garvera, R. R., Arifin, F. S., Fazrilah, A. N., Galuh, U., Cijeungjing, K., & Mandiri, D. (2021). Collaborative Governance Dalam Mewujudkan Kemandirian Desa (Studi di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. Volume 8 (3), 502–513. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i3.6603
Herdiana, D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village Bagi Desa-Desa di Indonesia (Developing the Smart Village Concept for Indonesian Villages). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 1. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.1-16
Huda, H. A., Suwaryo, U., & Sagita, N. I. (2020). PENGEMBANGAN DESA BERBASIS SMART VILLAGE (Studi Smart Governance pada Pelayanan Prima Desa Talagasari Kabupaten Karawang). Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 450. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i3.3406
Jasri, J., Arfan, N., -, H., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Kholifah, N. N., Satriyono, G., & Pangastuti, R. L. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 180–187. https://doi.org/10.55903/juria.v2i2.77
Kusuma, T. P., Nurjaman, A., & Malawat, S. H. (2022). Analisis tantangan dan potensi pengembangan digitalisasi desa. As-Siyasah. Jurnal ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 7(2), 100–114. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v7i2.6362
Nuria, H., Magfirah, S., & Muhammad, I. (2023). Digitalisasi Pariwisata di Desa Ake Bay, Pulau Maitara. Madaniya, 4(3), 1223-1229. https://doi.org/10.53696/27214834.543.
O.Nyumba, T., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860
Nirmala, B. P. W. ., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350-355. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11273.
Pramiana, O., & Gilang, M. R. (2021). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 5 - 12. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.858.
Purwanto, T. D., Paramitha, N., & Agustin, W. (2023). Strategi Digitalisasi Desa Menjadi Desa Modern Kecamatan Cambia Kota Prabumulih. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bina Darma 3(1), 62–71. DOI: https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i1.2113
Putu Krisna Adwitya Sanjaya, Ni Putu Sri Hartati, & Ni Wayan Wina Premayani. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65-75. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i1.467
Rahoyo, Slahanti, M., & Heriawan, B. (n.d.). Peran Digitalisasi Desa terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Desa Krandegan , Jawa Tengah. Kritis. Volume 32 (1) 1–23. DOI: https://doi.org/10.24246/kritis.v32i1p1-23
Reswari, G. P. A., Siswanto, A. P. ., & Setiyono, B. . (2023). Pendampingan Digitalisasi Produk Komoditi Desa Ponggok Kabupaten Klaten. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 389-396. https://doi.org/10.31960/caradde.v5i3.1806
Rifa'i, M. A., Susanto, E., Munawir, A., & Amma, T. (2022). Potensi ekonomi digital masyarakat desa pelosok. Jurnal Istiqro. Vol. 8 No. 2 (2022) https://doi.org/10.30739/istiqro.v8i2.1480
Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66(August 2017), 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014
Zein, H. M., Tribrata, A. H., & Izzulhaq, R. (2023). Evaluasi Digitalisasi Webdesaku di Desa Sawahkulon. (Jarvic): Journal of Research and Development on Public Policy. Vol.2, No. Hal 36-43. DOI: https://doi.org/10.58684/jarvic.v1i1.97 2(4).
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Annisa Wuri Kartika, Gilang Kharismahaq, Muhammad Azhar Satyo Prabowo, Agung Jaya Laksana, Rizkhy Adinda Mirfa Ayu, Fatima Hazrati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: