PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN UNTUK PENGELOLAAN WEBSITE DESA WISATA

Adhi Prasetio, Brady Rikumahu, Fajra Octrina

Abstract


Abstrak: Keberadaan website merupakan salah satu faktor penting dalam menyampaikan informasi bagi sebuah desa wisata. Untuk dapat menjalankan fungsinya sebagai media promosi, website memerlukan peran aktif masyarakat untuk mengelola konten yang ditampilkan secara teratur. Pengelolaan konten website ini memerlukan keterampilan dan komitmen khusus dari masyarakat sasar. Melalui kegiatan workshop dan pendampingan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan soft skill dan hard skill nya untuk dapat mengelola konten website desa secara mandiri. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan tiga tahap, yaitu metode ceramah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya website dalam promosi, workshop pengelolaan konten website, dan proses pendampingan yang berkelanjutan. Mitra pada kegiatan ini adalah masyarakat desa wisata sebanyak 40 orang pada saat workshop, dan untuk pendampingan pengelola website sebanyk 15 orang. Evaluasi yanga dilakukan adalah dengan tanya jawab dan pengisian kuesioner. Hasil dari penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa lebih dari 90% peserta merasakan manfaat dari pelatihan yang diberikan dan lebih dari tujuh orang kandidat pengelola website aktif melakukan kegiatan penulisan artikel untuk konten website.

Abstract: The existence of a website is one of the important factors in conveying information for a tourist village. In order to function as a promotional media, the website requires the active role of the community to manage the content that is displayed regularly. Managing the content of this website requires special skills and commitment from the target community. Through this workshop and mentoring activity, it is hoped that the community can improve their soft skills and hard skills to be able to manage the content of the village website independently. To achieve this, three stages are needed, namely the lecture method is carried out to increase awareness of the importance of websites in promotion, website content management workshops, and ongoing mentoring processes. The partners in this activity are 40 people from the tourist village community during the workshop, and 15 people for mentoring website managers. The evaluation carried out was through questions and answers and filling out questionnaires. The results of this community service activity showed that more than 90% of participants felt the benefits of the training provided and more than seven candidate website managers actively wrote articles for website content.


Keywords


Tourism Village; Community Empowerment; Content Management; Website.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afriansyah, A., Afdhal, A., Mustanir, A., Faried, A. I., Mursalat, A., Kusnadi, I. H., Fauzan, R., Amruddin, A., Siswanto, D., Widiyawati, R., & Abdurohim, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat. PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Ananda, I., & Dirgahayu, T. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Desa Wisata di Indonesia: A Systematic Literature Review. 8(4).halaman?

Anjelin, C., & Wahyuni, I. I. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bandung Makuta Cake Dengan Menggunakan IMC Model Dwi Sapta. Communication, 9(1), 73. https://doi.org/10.36080/comm.v9i1.622

Arifin, R. W. (2016). Website Sebagai Media Promosi Untuk Memasarkan Produk Industri Kreatif. 1.issue? halaman?

Benyamin, P., Maryani, E., & Octavianti, M. (2021). Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Garut. Communication, 12(2), 108. https://doi.org/10.36080/comm.v12i2.1505

Hidayat, W. F., Rapiyanta, P. T., & Shidiq, F. (2020). Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan. Jurnal Infortech, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7472

Kumar, S. & Shekhar. (2020). Technology and innovation: Changing concept of rural tourism – A systematic review. Open Geosciences, 12(1), 737–752. https://doi.org/10.1515/geo-2020-0183

Maulana, R. F., Pertiwi, K. M. D., & Prayoga, R. A. S. (2022). PENGEMBANGAN WEBSITE KAMPUNG WISATA EDUKASI (STUDI KASUS KAMPUNG ONDOMOHEN SURABAYA). 5.issue? halaman?

Muharam, M., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Media Pemasaran Hasil Pertanian dan Peternakan Desa Sumberejo. Automata, 1(2).hakaman?

Nugroho, D. S. (2018). Community Based Tourism Tantangan Dusun Nglepen dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Pariwisata, 5(1), 42–55. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.3217

Primartadi, A., Jatmoko, D., Suyitno, S., & Susanto, A. (2021). Pengembangan dan Pelatihan Website untuk Pemasaran Desa Wisata Gunung Buthak. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 590–599. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.784

Subroto, W., Prawitasari, M., Nadilla, D. F., Fadillah, M., & Dewi, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Website untuk Promosi Desa Wisata di Desa Karang Bunga Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(4), 774. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i4.9216

Susanto, A. & Asmira. (2017). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi Menggunakan Metode Web Engineering. SIMKOM, 2(3), 9–17. https://doi.org/10.51717/simkom.v2i3.23

Susilawati, T., Yuliansyah, F., Romzi, M., & Aryani, R. (2020). Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan PHP Dan MYSQL. 3(1).

Sutanto, D. H. (2016). Pentingnya Promosi Guna Meningkatkan Minat Wisatawan Wisata Sejarah Di Kota Lama Semarang. Jurnal Pariwisata Pesona, 1(1). https://doi.org/10.26905/jpp.v1i1.372

Yuliansa, B. H., Kartika, D. S. Y., Sugiyanto, E., Isnaeni, S., Rianto, A., & Sakhi, T. E. (2023). Pengembangan Website Desa Sebagai Sarana Sistem Informasi Potensi Wisata Desa. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 127–136.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fajra Octrina, Adhi Prasetio, Brady Rikumahu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: