PKM LITERASI DIGITAL DAN IMPLEMENTASI WEBSITE PERSEKUTUAN PEMUDA PELAJAR NENIARI UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS DAN PENYEBARAN INFORMASI

Hennie Tuhuteru, Janeman Sumah, Ulan Ningsih Etwiory, Rizel Samusamu

Abstract


Abstrak: Pemahaman yang mendalam tentang literasi digital menjadi sangat krusial, baik bagi individu maupun sebuah organisasi. Website, sebagai salah satu media penyebaran informasi yang paling efektif, berperan penting dalam meningkatkan literasi digital sebuah organisasi dan masyarakat luas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra terkait literasi digital, serta meningkatkan aksesibilitas dan penyebaran informasi bagi organisasi Persekutuan Pemuda Pelajar Neniari (P3N) secara luas. Metode kegiatan ini berupa sosialisasi untuk literasi digital dan pelatihan pengelolaan website yang dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Keberlanjutan Program. Kegiatan dilakukan terhadap Mitra P3N, yang merupakan sebuah organisasi nirlaba berbasis kedaerahan. P3N saat ini beranggotakan 32 orang. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test dengan 10 pertanyaan selama kegiatan sosialisasi literasi digital dan formulir checklist untuk mengetahui peningkatan keterampilan mitra dalam pengelolaan website P3N. Hasil kegiatan yang telah dicapai, yaitu adanya peningkatan pengetahuan Mitra terkait literasi digital yang sebelumnya rata-rata 46,3% menjadi 89,6%, serta peningkatan keterampilan Mitra sebesar 91,5%.

Abstract: Understanding the digital literacy has become crucial, both for individuals and organizations. Websites, as one of the most effective media for disseminating information, play a significant role in enhancing an organization's digital literacy and that of the wider community. Therefore, this community service aims to improve understanding of digital literacy and to increase accessibility and dissemination of information for the “Persekutuan Pemuda Pelajar Neniari” (P3N) organization. The method employed in this activity is a socialization of digital literacy and website management training structured into four phases: Preparation, Implementation, Evaluation, and Program Sustainability. P3N is a non-profit, community-based organization and currently has 32 members. Evaluation is conducted using pre-tests and post-tests with 10 questions during the socialization and a checklist form to assess the increase skills in managing the P3N website. The results achieved from the activity include an increase in P3N knowledge of digital literacy from an average of 46.3% to 89,6%, and an increase in skills of 91,5%.


Keywords


Digital Literation; Neniari; Organization; Website.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amalia, R., & Mustakim, W. (2024). Pemberdayaan Komunitas Petani Kopi Dalam Pembangunan Ekonomi Lokal Yang Berkelanjutan Melalui Penerapan Teknologi Informasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3579–3588. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24332

APJII. (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://survei.apjii.or.id/

Athifah, A., Bayinah, A. N., & Bahri, E. S. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Publik dan Transparansi Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur pada Yayasan PPPA Daarul Qur’an Nusantara. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 2(1), 54–74. https://doi.org/10.21070/perisai.v2i1.1496

Banjarnahor, A. R., Sinaga, J. B. M., Handiman, U. T., Samosir, K., Purba, B., Siagian, V., Gandasari, D., Army, W. L., Harizahay, Sihotang, J. I., Nugroho, A., Hasan, M., Kafrawi, A., Rahman, E., Rahman, A., & Djufri, I. (2022). Transformasi Digital & Perilaku Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Buangam, P., Sriyom, U., Kanjanajklod, W., Atitang, P., Janwichian, K., & Sutthirak, T. (2022). Mobile Application Development for Management of Information System of Agro-Tourism Activities and Attractions with YII Framework. International Journal: Interactive Mobile Technologies, 16(29), 18–33. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i20.34419

Hardika, B. D., Solikin, I., Majid, Y. A., Yikwa, T., Ariansyah, D., Vega, A., Lestari, P. D., Hefringgo, R., Bimantara, F., Chantika, B., & Maulana, E. (2024). Pembuatan Website Desa Sebagai Sarana Digitalisasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 4053–8158. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.25074

Hasan, N. F., Akbar Sanjaya Mulyadi, A., Aisyah, Oktavian, I. M., Handayani, R., Taplo, N., & Putra, S. P. (2024). Pelatihan Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal melalui Kamus Digital Bahasa Daerah Papua untuk Melestarikan Bahasa Sentani di Distrik Waibu, Papua. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 410–420. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i2.17808

Kusumawati, A., Salsabilla, A. N., & Iswantoro, N. S. P. (2024). Sosialisasi Literasi Digital dan Village Branding Berbasis Website. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 5–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.25327

Nivaan, G. V., Siwalette, R., Patty, J. C., Selsily, W. H., Tomasila, G., Sumah, J., Palyama, D. G., Soumokil, M., Tuhuteru, H., Manaha, R. R. Y., & Batlajery, B. V. (2024). Peningkatan Kapasitas Melalui Literasi Digital Bagi Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Cabang Pniel Wayame, Kota Ambon. Madaniya, 5(2), 656–661. https://doi.org/10.53696/27214834.816

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318

Pramono, G. J., & Napitulu, T. A. (2022). User Acceptance in Non-Profit Organization Applications: The Role of Intention to Use, Perceived Usefulness, and Community Commitment. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 7(1), 53–76. https://doi.org/10.24235/itej.v7i1.94

Putri, M. P. R., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Digitalisasi terhadap Praktik Organisasi dan Kinerja Operasi pada PT . IGP Internasional Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(03), 16–23. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24218

Sabrina, A. R., Komunikasi, D. I., & Mada, U. G. (2018). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare: Journal of Communication Studies, 5(2), 31–46. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/101005220183

Silvana, H., & Cecep. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. PEDAGOGIA, 16(2), 146–156. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11327

Simbolon, I. N., Dharma, A. S., Sihombing, T. H. J., Aruan, N. M., Sembiring, A. D. S., Sirait, E. H., Simbolon, W. D. A., & Lestari, E. A. (2024). Sosialisasi Pengelolaan Website Desa di Desa Pardinggaran. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 552–561.

Tuhuteru, H., Makaruku, A. R., Siahaya, R. F., & Garlora, Y. (2022). PKM Persekutuan Pemuda Pelajar Neniari ( P3N ) dalam Penggunaan Aplikasi Perkantoran dan Media Sosial di Kota Ambon PKM Neniari. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1598–1609.

Walida, S. El, Sari, F. K., & Halisna, M. I. M. (2024). Pendampingan Pembuatan Blog Untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kreativitas Siswa SMK Dalam Mengelola Konten Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3439–3449. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24394

We Are Social & Meltwater. (2024). Digital 2024 Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hennie Tuhuteru, Janeman Sumah, Ulan Ningsih Etwiory, Rizel Samusamu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: