SOSIALISASI PENGOLAHAN LIMBAH KULIT KOPI MENJADI TEH CASCARA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT

Dedi Setiadi, Sherina Raihatul Jannah, Willy Wijayanti

Abstract


Abstrak: Masyarakat desa Talang Pagar Agung menggantungkan penghasilan dari menjual biji kopi, ketika musim kopi datang. Selama ini limbah kulit kopi hanya dibiarkan menumpuk di pekarangan rumah penduduk tanpa pengelolaan yang baik sehingga mencemari lingkungan, Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan baru bagaimana cara mengolah limbah kulit kopi menjadi produk yang memiliki nilai jual yaitu teh cascara, sehingga bisa meningkatkan penghasilan petani. Peserta kegiatan ini yaitu masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Maju Jaya Sejahtera di desa Talang Pagar Agung. Metode yang digunakan pada kegiatan ini, dengan tahapan-tahapannya yaitu Analisis kebutuham, Perancangan, Sosialisasi dan Pendampingan serta Evaluasi dengan indikatornya yaitu masyarakat mengetahui dan dapat mengolah limbah kulit kopi menjadi teh cascara dengan baik. Secara keseluruhan, evaluasi menunjukkan bahwa program sosialisasi dan pendampingan ini berhasil mencapai tujuannya, terlihat dari peningkatan yang baik dari nilai pretest 9,09% sebelum sosialisasi dan setelah sosialisasi dengan nilai posttest 100%, dimana semua peserta menjadi kenal dengan teh cascara.

Abstract: The people of Talang Pagar Agung village depend on income from selling coffee beans, when the coffee season comes. So far, coffee skin waste has only been left to pile up in people's yards without proper management, thus polluting the environment. This community service activity aims to provide new knowledge and skills on how to process coffee skin waste into products that have a selling value, namely cascara tea, so that it can increase farmers' income. Participants in this activity are people who are members of the Maju Jaya Sejahtera farmer group in Talang Pagar Agung village. The method used in this activity, with its stages, namely Needs Analysis, Design, Socialization and Mentoring and Evaluation with indicators that the community knows and can process coffee skin waste into cascara tea properly. Overall, the evaluation shows that this socialization and mentoring program has succeeded in achieving its goals, as seen from the good increase from the pretest value of 9.09% before socialization and after socialization with a posttest value of 100%, where all participants became familiar with cascara tea.


Keywords


Socialization; Waste Processing; Cascara Tea; Packaging; Digital Marketing.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al Hazmi, R. A. (2024). Pengaruh Korupsi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnalku, 4(1), 1–10.

Ginting, S. M., Handayani, D., & Sutrawati, M. (2022). Pengolahan Limbah Kulit Kopi sebagai Pupuk Organik Tanaman Kopi di Desa Tapak Gedung Kabupaten kepahiang. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(2), 9–15.

Hartini, I. (2021). Stimulus Pemasaran Produk Kopi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 3(2), 130–143.

Harum, S. (2022). Analisis Produksi Kopi Di Indonesia Tahun 2015-2020 Menggunakan Metode Cobb-Douglass. Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 4(2), 101–108.

Ichsan, O. A. N., Setiadi, D., & Syahri, R. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengenalan Produk Olahan Ubi Kayu dan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM. Surya Abdimas, 8(3), 449–454.

Kurnia, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Kopi Di Indonesia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(6), 805–812.

Mas’udah, K. W., Yudhoyono, A. P., Pahlevy, P. A., Anitasari, D., & Nisa, H. M. (2022). Pengembangan Potensi Kopi Sebagai Komoditas Unggulan dan Daya Tarik Wisata Desa Wonosalam. ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING, 3(1), 59–70.

Mesra, B., Wahyuni, S., Sari, M. M., & Pane, D. N. (2021). E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga Di Desa Klambir Lima Kebun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 115–120.

Mukti, Y. I., Setiadi, D., & Diansari, L. E. (2022). Pelatihan Digital Sosial Media Pada Desa Pulau Panggung Kabupaten Lahat Dengan Model Empat Level. NGABDIMAS, 5(01), 1–5.

Nury, D. F., Luthfi, M. Z., Farohi, A. R., & Widjaja, T. (2023). Pengaruh Pre-Treatment Kimia dan Biologi Terhadap Produksi Biogas dari Kulit Kopi. REACTOR: Journal of Research on Chemistry and Engineering, 4(2), 47–53.

Putri, A., Firmialy, S. D., Putri, C. D., Albama, E. M., & Syafiera, R. I. (2024). Studi Kelayakan Bisnis Untuk Pengembangan Produk Deodoran Organik Roast Relief. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 128–145.

Rahayu, W. E., Purwasih, R., & Hidayat, D. (2020). Pengaruh penambahan sari nanas terhadap karakteristik kimia dan sensori minuman teh cascara. Teknologi Pangan: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 11(2), 144–151.

Romadhona, A. R., Dewi, N. K. P. C., & Indrawan, K. A. Y. (2022). Pengolahan Limbah Kulit Kopi Arabika Kintamani Sebagai Alternatif Menunjang Sustainable Development Goals. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, Issue? 633–639.

Setiadi, D., Dhiniati, F., & Anggraini, L. (2022). Inovasi Dan Digitalisasi Untuk Optimalisasi Potensi Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti PUMI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 1–6.

Setiadi, D., Ichsan, O. A. N., & Susanti, N. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Untuk Mengoptimalkan Produksi Dan Pemasaran Produk Umkm Keripik, Kerupuk, Kemplang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6014–6024.

Setiadi, D., Syahri, R., & Nasrullah, A. (2023). Pemanfatan Media Sosial Untuk Mengoptimalkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pagar Alam. Jurnal Ngabdimas, 6(01 Juni), 37–45.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430–436.

Sufaidah, S., Aminah, N., Prasastii, M. A., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.

Suni, E. K., Sutresno, S. A., Christanto, H. J., & Sidabutar, G. D. G. E. (2024). Edukasi Pengenalan Dasar Web Design di SMAK 7 Penabur Jakarta. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 558–568.

Susanti, A., Liliyan, A., & Irdianty, M. S. (2021). Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi (Cascara) Menjadi Minuman Teh Kemasan UMKM Kopipa. id di Surakarta. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(3), 239–246.

Syaifullah, R. Y., Irawan, D. A., Rahmatullah, M. F., Adiana, B. D., Soleh, A. R., Azizi, H. A., Andini, A., Siregar, M. J., Firmansyah, M. A., & Widjatma, R. R. (2023). Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Menjadi Biobriket Dengan Inovasi Pembuatan Alat Pembakaran Dan Pencetakan Biobriket Di Desa Tanah Wulan, Maesan Bondowoso. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 42–52.

Yunita, M., Warella, J. C., Astuty, E., Asmin, E., & Ohiwal, M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Edukasi Manfaat Probiotik Dan Pelatihan Pembuatan Minuman Teh Kombucha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1732–1741.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dedi Setiadi, Sherina Raihatul Jannah, Willy Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: