PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN BERKUALITAS DAN DIGITAL MARKETING: KUNCI SUKSES PENJUALAN DIGITAL BAGI UMKM

Annisa Retno Utami, Kania Ratnasari, Julfi Restu Amelia

Abstract


Abstrak: Eera digital menuntut UMKM agar mampu menarik perhatian konsumen dengan membuat konten digital. Kegiatan pelatihan ini menjadi penting bagi pelaku usaha, khususnya di sektor kuliner, agar dapat memanfaatkan platform digital. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang cara membuat konten yang relevan, menarik, dan mampu membangun citra merek yang kuatmembantu UMKM dalam memilih platform digital, memberikan pemahaman dalam membuat copywriting agar dapat mempengaruhi, menginspirasi dan mengajak konsumen untuk membeli dan membangun brand awareness. Metode yang digunakan dengan memberikan pelatihan pemaparan materi digital marketing dan membuat konten yang menarik serta workshop pembuatan konten yang berkualitas serta penggunaan copywriting yang menarik dengan AI. Tahapan kegiatan dimulai dari identifikasi, perencanaan, pelatihan & workshop, evaluasi. Mitra dari kegiatan ini yaitu UMKM yang berfokus pada usaha kuliner (makanan & minuman) yang berjumlah 23 usaha yang berada di Kecamatan Ciomas dan Pagelaran. Evaluasi dari kegiatan ini diukur dengan memberikan 4 pertanyaan pre-test dan post-test serta mitra diminta untuk membuat konten foto produk dan penggunaan copywring di media sosial. Dari hasil pre-test dan post-test pemahaman peserta dari rata-rata 25% menjadi 95%, selain itu peserta memiliki kemampuan softskill dalam membuat foto produk dan editing foto.

Abstract: The purpose of this activity is (1) to provide understanding to MSME actors on how to create relevant, interesting content that can build a strong brand image. (2) to help MSMEs in choosing a digital platform, (3) to provide understanding in creating copywriting in order to influence, inspire and invite consumers to buy and build brand awareness. The method used is to provide training in presenting digital marketing materials and creating interesting content as well as workshops on creating quality content and using interesting copywriting with AI. The stages of the activity start from identification, planning, training & workshops, evaluation. The partners of this activity are MSMEs that focus on culinary businesses (food & beverages) totaling 23 businesses located in Ciomas and Pagelaran Districts. The evaluation of this activity is measured by pre-test and post-test and partners are asked to create product photo content and use copywriting on social media. From the results of the pre-test and post-test, the participants' understanding increased from an average of 25% to 95%, in addition, participants have soft skills in creating product photos and editing photos.


Keywords


Digital Marketing; Content; UMKM; Marketing.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amrina, U., & Oktora, R. A. (2023). Workshop Design Konten Pemasaran Digital. 6(2), 202–209.

Bellanov, A., Irawati, D. Y., Rohmadani, N. N., & Fortunatus, Y. (2022). Pendampingan Untuk Meningkatkan Daya Saing Penjualan Produk Jamu Seduh Di Wilayah Trenggalek. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1839. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11690

Chaniago, H., & Malik SAYUTI, A. (2022). The Impact of Social Media Use on Student Entrepreneurship Intention and Implementation: Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, 9(2), 371–0382. https://doi.org/10.13106/jafeb.2022.vol9.no2.0371

Farida, I., Hanum, N., Ardi, N., Mutoati, S., & Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, P. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Konsumen UMKM di Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB, 5(3), 472–477.

Kesumahati, E., & Marninda, C. (2024). Perancangan Dan Implementasi Konten Media Sosial UMKM Rumput Tetangga. Madani, 2(4), 159–166. https://doi.org/10.37253/madani.v2i4.9533

Laksmana, D. S., & Setyawan, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Sosial Sebagai Media Promosi UMKM Era New Normal di Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Buletin Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.21107/bpmd.v1i1.12016

Logi Mulawarman, L. Jatmiko Jati, Bagas Anggara, V. R. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Etika Bisnis Wirausahawan Pada UMKM UD. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(10).

Muhammad Sholeh, Rr., Yuliana Rachmawati, & Joko Susetyo. (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. SEVANAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–5.

Mustofa. (2019). Peran Hashtag (#) Dalam Media Sosial Sebagai Upaya Branding Pustakawan (Vol. 7, Issue 1).

Nirmala, E., Mulyati, S., & Mulyoto, A. (2024). Pemanfaatan Ai Dan Canva Untuk Promosi Dalam Ecommerce. 3(1), 10–14. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

Novantara, P., Sugiharto, T., Nursyamsu, R., & Kunci, K. (2024). Pemanfaatan AI Ads untuk Digital Marketing Produk UMKM di Desa Cimaranten Kuningan. 3(1). https://doi.org/10.25134/jise.v1i2.96

Prasetya Wibawa, R., & Anggitaria, N. R. (2020). Kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. In Ilmiah Pendidikan Ekonomi (Vol. 5, Issue 1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan

Praswati, A. N., Kurniawan, M. R., & Rahman, A. A. (2024). Berkilau Di Era Digital: Mengukir Sukses Ekonomi Melalui Optimalisasi Dan Digitalisasi Ragam Produk Batik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3329–3338.

Puspa, W., & Astuti, D. (2024). Implementation Of Digital Marketing Through Product Copywriting On CV Lozy Hijab Implementasi Pemasaran Digital Melalui Copywriting Produk Pada CV Lozy Hijab. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4555–4566. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6

Retno Utami, A., & Ratnasari, K. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi Digital Dan Qris Pada Umkm Womenprenuer Bogor. 7.

Straková, J., Talíř, M., & Váchal, J. (2022). Opportunities And Threats Of Digital Transformation Of Business Models In Smes. Economics and Sociology, 15(3), 159–171. https://doi.org/10.14254/2071

Utami, A. R., Ratnasari, K., & Fahririn, F. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2351–2357.

Yarlina, V. P., & Hunda, S. (2021). Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal UMKM Dan Industri Rumah Tangga Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3465–3476. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5429




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Retno Utami, Kania Ratnasari, Julfi Restu Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: