PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA GURU-GURU SMP

Prasetyo Yuli Kurniawan, Atikah Mumpuni, Nur Ariesanto Ramdhan

Abstract


Abstrak: Augmented reality sebagai media yang mengintegrasikan teknologi, belum banyak digunakan oleh guru-guru di SMP Negeri 2 Jatinegara. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat media berbasis augmented reality. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat media berbasis augmented reality. Mitra dalam kegiatan ini yaitu guru-guru di SMP Negeri 2 Jatinegara dengan jumlah 25 guru. Pengukuran pengetahuan dan keterampilan guru-guru tentang augmented reality dan assemblr studio digunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis augmented reality. Masing-masing peningkatan sebessar 52,58% untuk pemahaman mengenai augmented reality, 51,42% untuk pemahaman mengenai software assemblr studio, serta 57% untuk peningkatan keterampilan membuat media berbasis augmented reality. Saran-saran yang dapat diberikan yaitu guru-guru dapat menggunakan laptop dalam membuat Augmented Reality. Selain itu, pembuatan Augmented Reality harus menyesuaikan capaian pembelajaran pada tiap-tiap mata pelajaran.

Abstract: Augmented Reality as a media integrating technology, is not widely used by teachers at SMP Negeri 2 Jatinegara. This is due to the lack of understanding and skills among teachers in creating augmented reality-based media. The objective of this community service activity is to improve teachers' understanding and skills in developing augmented reality-based media. The participants in this activity were teachers from SMP Negeri 2 Jatinegara, totaling 25 teachers. The assessment of teachers' knowledge and skills regarding augmented reality and Assemblr Studio was conducted through pretests and posttests. Based on the results of the pretests and posttests, it can be concluded that there was an increase in teachers' understanding and skills in creating augmented reality-based learning media. Each aspect showed an increase of 52.58% in understanding of augmented reality, 51.42% in understanding of Assemblr Studio software, and 57% in skills for developing augmented reality-based media. Recommendations include that teachers use laptops to create augmented reality. Additionally, the development of augmented reality should align with the learning outcomes of each subject.


Keywords


Augmented Reality, Learning Media, Assmblr Studio, Teacher of Junior High School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ayu Lestari, N., Fitrisia, A., & Afianto. (2022). Keterkaitan Filsafat Ilmu terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 4585–4592.

Azhariadi, Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 121, 78–88. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id

Baihaki, M. R., Rasyadi, M. J., Hafiz, M., Juliyanto, F., & Rahma, F. (2023). Teknologi Ar sebagai Media Pembelajaran: Tinjauan Literatur. Prosiding Sains Nasional dan Teknologi, 13(1), 185. https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9139

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri 4.0,” 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Fitri, Kamajaya, L., Setiawan, B., Luqman, M., Kusuma, A. C., & Adibah, A. (2022). Pelatihan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif kepada Guru-Guru TK Islam Al-Ma’Arif Singosari Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 213–217. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v9i2.202

Gianadevi, F., Elviana, & Napitupulu, R. I. (2022). Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8497–8507.

Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328–340. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.694

Iffah, F., Fadhilah, F., Rahma Syita, A., & Rakhmad Purnama, E. (2024). Perancangan Flipbook Berbasis Augmented Reality tentang Molecular Docking. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jipb.v5n1.p33-42

Jenita, Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, Rukiyanto, B. A. R., Sabur, F., & ... (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal, 4(6), 13121–13129. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/23614%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/23614/16628

Kurniawan, P. Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. METALINGUA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 37–42.

Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Guru-Guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4879

Mumpuni, A., & Dan Laelia Nurpratiwiningsih. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis WEB untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Mahasiswa PGSD. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 321–332. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.20009

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448

Nugraha, A. E., Sari, R. P., Rachmat, M. T., Zakaria, J. M., & Nuravianti, A. (2022). Personal Branding Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Alam Pemanfaatan Periklanan Augmented Reality Industri Kosmetik untuk Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1064. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6995

Sele, Y., Sila, V. U. R., & Hanoe, E. M. Y. (2024). Pemberdayaan Literasi Digital Guru melalui Pelatihan Penggunaan Augmented Reality. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 535–543. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20246 PEMBERDAYAAN

Shalikhah, Norma Dewi, D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16.

Sholeh, M., Triyono, J., Haryani, P., & Fatkhiyah, E. (2021). Penggunaan dan Pengembangan Aplikasi Berbasis Augmanted Reality untuk Dunia Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2524–2536. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5761

Sudirman, J., Stang, S., Amar, M. I., & B., S. (2023). Pendampingan Bidan melalui Pelatihan Pembuatan Perangkat Edukasi dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality dalam Peningkatan Kemampuan Menggunakan Teknologi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4553. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17045

Tamur, M., Pantaleon, K. V., & Sennen, E. (2024). Pendampingan Guru Matematika pada Kelompok MGMP Saraya untuk Mengembangkan Media Berbasis Augmented Reality. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3710–3719. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24628

Widianto, E., Husna, A. A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prasetyo Yuli Kurniawan, Atikah Mumpuni, Nur Ariesanto Ramdhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: