PEMBERDAYAAN LULUSAN FKIP UNIPA MELALUI PENDAMPINGAN MODEL SEKOLAH SEPANJANG HARI KABUPATEN SORONG SELATAN

Iwan Iwan, Achmad Rante Suparman, Nahrun Najib Siregar

Abstract


Abstrak: Program pengabdian pemberdayaan lulusan FKIP melalui pendampingan model sekolah sepanjang hari di SD Inpres 11 konda Sorong Selatan dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, media pembelajaran yang digunakan guru interaktif, merancang pembelajaran sesuai materi yang diajarkan. Metode pelatihan terdiri dari sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi dan evaluasi kegiatan. Mitra sasaran yakni Guru SD Inpres 11 Konda yang terdiri dari 10 orang. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada para peseta pelatihan yaitu guru-guru mitra SD Inpres 11 Konda yang terdiri dari 20 butir soal. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai penggunaan aplikasi canva dalam merancang modul ajar dan media pembelajaran video animasi. Sebelum pelatihan, data menunjukkan bahwa 60% guru tidak mengetahui tentang aplikasi canva dan 70% tidak memahami penggunaan canva. Namun, setelah pelatihan, 90% guru mampu menggunakan canva untuk membuat modul dan media video animasi pembelajaran, dan 80% guru menunjukkan pemahaman yang baik tentang pembuatan modul dan video animasi untuk pembelajaran yang menarik dan interaktif. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan program sesuai tujuan yang ditetapkan.

Abstract: The FKIP graduate empowerment service program through mentoring with SSH model at SD Inpres 11 Konda Sorong Selatan is designed to increase teachers' knowledge and skills in improving the quality of learning including improving students' literacy and numeracy skills, interactive learning media used by teachers, designing learning according to the material being taught. The target partners are teachers of SD Inpres 11 Konda consisting of 10 people. The evaluation of this activity was carried out by distributing questionnaires to the training participants, namely partner teachers of SD Inpres 11 Konda consisting of 20 questions. The results of the training show an increase in teachers' knowledge and skills regarding the use of the Canva application in designing teaching modules and animated video learning media. Before the training, data showed that 60% of teachers did not know about the Canva application and 70% did not understand how to use Canva. However, after training, 90% of teachers were able to use Canva to create animated learning video modules and media, and 80% of teachers demonstrated a good understanding of creating animated modules and videos for interesting and interactive learning. This increase reflects the success of the program in accordance with the stated objectives.


Keywords


Empowerment; Mentoring; All Day School; Canva Media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Asmara, Y. R. I., & Sukadana, I. W. (2016). Mengapa Angka Putus Sekolah Masih Tinggi? (Studi Kasus Kabupaten Buleleng Bali). E-Journal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(12), 1347–1383. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/download/23557/16727/

Disman, A. A. R. (2024). Analisis Pengaruh Pelatihan Penggunaan Platform Canva terhadap Kreativitas Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran di SD Inpres Buluballea. 02, 1022–1030.

Hafid, A., Firman, Hae, F., & Aulia, N. (2020). Sepeda Pintar (Sekolah Peduli Kokoda Pintar): Pemberantasan Buta Aksara Siswa Sekolah Alam Natikorae Usili Aimas Kabupaten Sorong Abdul. 3(1), 35–43.

Hasan, N., & Mudjrimin, J. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Education di SD 256 Malimongeng. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 33–37. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i1.1892

Henukh, A., Riwu, L., & Parlindungan, J. Y. (2024). Pelatihan Penggunaan Canva For Education di SMAS YPK Merauke. Samakta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.61142/samakta.v1i2.125

Kartika Lubis, R., Vinsensia, D., & Utami, Y. (2024). Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sd N 104276 Serbajadi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 855–859. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2872

Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru Sd. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170.

Nisa, N. S., & Samputra, P. L. (2020). Analisis Ketimpangan Pendidikan Di Provinsi Papua Barat. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 6(2), 115–135. https://doi.org/10.24815/jped.v6i2.16388

Ratnawati, D., Vivianti, V., Fatmawati, S., Widodo, T., & Hardiyantari, O. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 516–526. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i2.7412

Sabrina, R., Manurung, A. I., & Sirait, B. A. (2022). Peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) dari Harapan Lama Sekolah (HLS) di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4784–4792. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3625

Safitri, M. L. O., Wicaksono, Syarifuddin, Iqbal, M., Dino, D., Paraswita, Mursyid, H., Kinanti, Tarigan, D., Elia, W., Faigawati, & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11867

Saiful, S., Hamid Ismail, Muh Arief Mukhsin, Rina Asrini Bakri, & Andi Mulawakkan Firdaus. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Bulukumpa. Jurnal SOLMA, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10168

Santiari, N. P. L., Ramayasa, I. P., Suwastika, I. W. K., Rahayuda, I. G. S., & Hermawan, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dan Powtoon sebagai Media Pembelajaran. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(3), 50–55. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.372

Shodiqin, A., Pramasdyahsari, A. S., Setyawati, R. D., Endahwuri, D., Gunawan, O. W., Muqibaturrohmah, A. B., & Anindhitya, A. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran dan Artificial Intellegence Bagi Guru Matematika untuk Membantu Kinerja Guru di MGMP Matematika SMA Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1219–1229. https://doi.org/10.59837/mxbske97

Yuanta, F., Roosyanti, A., Larasati, D. A., Setiyawan, H., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva di SDN Dukuh Kupang V Surabaya Training on Using Canva Application at SDN Dukuh Kupang V Surabaya. 01(02), 96–105. https://www.canva.com/id_id/

Yudha, R. P., Aisyah, S., Ngili, A. E., Hetraria, T. S., Rumsiti, T., Kurniawati, R. D., & Nurfida, N. (2024). Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD Melalui Pelatihan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 542–548. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.861




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Iwan, Achmad Rante Suparman, Nahrun Najib Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: