PENYULUHAN DAMPAK PEMAKAIAN INTERNET BAGI ANAK-ANAK PADA ORANG TUA DI KABUPATEN BATUBARA

Neni Mulyani, Jeperson Hutahaean, Jihan Aulia Putri Fahdrina

Abstract


Abstrak: Penggunaan internet tanpa pengawasan memicu dampak negatif pada anak-anak usia sekolah dasar. Orang tua harus memahami risiko ini untuk mendampingi anak dengan bijak. Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Limau Manis, Kabupaten Batubara, bertujuan meningkatkan pemahaman orang tua terhadap dampak penggunaan internet dan menguatkan citra internet sebagai media pembelajaran. Kegiatan dilakukan melalui pelatihan dengan teori dan praktik. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat tentang dampak negatif internet. Hasil kegiatan pelatihan ini bekerja sama dengan 2 mitra dari Universitas Royal dan diikuti oleh 30 peserta dari komunitas orang tua di Desa perkebunan Limau Manis yang mencapai nilai rata-rata 93,35 pada posttest.

Abstract: Unsupervised internet use triggers a negative impact on elementary school-age children. Parents must understand these risks to accompany their children wisely. Community Service Activities in Limau Manis Village, Batubara Regency, aims to increase parents' understanding of the impact of internet use and strengthen the image of the internet as a learning medium. Activities are carried out through training with theory and practice. The results show an increase in public understanding of the negative impact of the internet. The results of this training activity were in collaboration with 2 partners from the Royal University and attended by 30 participants from the parent community in the Limau Manis plantation village who achieved an average score of 93.35 on the posttest.


Keywords


Internet Use; Negative Impact; Primary School Age Children; Parental Control.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933

Amir, S., Ridho, F., Ananda, R., Riza, F., & others. (2022). Penguatan Pemahaman Berinternet Yang Aman Bagi Orang Tua di Desa Tuntungan I Kec. Pancur Batu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–20.

Apriyanti, W., Erni, Syahlanisyiam, M., Anggraini, Y., Gunawan, S., Tyas Arinanto, R., Adnan Fauzan, R., Tuto Suban, N., Asmat, & Agung, A. L. (2022). Sosialisasi Penggunaan Internet yang Sehat bagi Anak-anak di Yayasan Domyadhu. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 14. https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

Ardiansyah, A., & Rejeki, H. S. (2024). Tantangan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Rendah pada Era Perkembangan Teknologi. 1–12.

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.19558

Destari, M. R., Elmanora, & Hamiyati. (2022). Internet Parenting Sebagai Kontrol Dalam Penggunaan Internet Pada Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 9(01), 31–42. https://doi.org/10.21009/jkkp.091.03

Dewi, S. (2022). Sosialisasi terhadap Orang Tua tentang Penggunaan Internet yang Sehat dan Aman bagi Anak-anak. Jurnal AbdiMU (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 1–5. https://doi.org/10.32627/abdimu.v2i1.434

Elicia, Y. S., & Krisphianti, Y. D. (2023). Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) untuk Mereduksi Kecanduan Internet pada Siswa SMP Negeri 3 Nganjuk. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran)., 6(p), 2072–2082.

Karlina, D. A. (2020). Mengenal Dampak Positif Dan Negatif Internet Untuk Anak Pada Orang Tua. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 53–56. https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24002

MA Koni, S. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 38.

Muhammad, A. S., & Prastya, I. Y. (2020). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Generasi Unggul di Era Milenial. Journal of Maritime Empowerment, 2(2).

Prasetiyo, A. (2020). Media Internet Sebagai Sarana Edukasi Pada Anak Usia Dini Tentang Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(2), 43–46. https://doi.org/10.20961/joive.v3i2.43056

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. 13(1), 75–86.

Simarmata, S. W., & Citra, Y. (2020). Kecanduan Internet Terhadap Keterampilan Sosial Di Era Generasi Milenial. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.281

Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1), 8. https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18

Wijaya, I. G. P. S., Widiartha, I. B. K., Bimantoro, F., Husodo, A. Y., & Nugraha, G. S. (2019). Penyuluhan Tentang Internet Sehat Dan Etika-Nya Untuk Masyarakat Desa Suranadi Kabupaten Lombok Barat Provinsi Ntb. Abdi Insani, 6(3), 340–347. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.259




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.27890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Neni Mulyani, Jeperson Hutahaean, Jihan Aulia Putri Fahdrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: