PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI INTERAKSI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI
Abstract
Abstrak: Moderasi beragama mengajarkan pentingnya menghargai perbedaan dan menjalin dialog antar umat beragama tanpa merendahkan atau merasa unggul dari orang lain. Pendekatan ini mendorong inklusivitas, saling pengertian, dan kerjasama lintas agama untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai. Pada kenyataan nya, kecamatan Metro Timur merupakan wilayah yang penduduknya banyak terdiri dari berbagai agama yang berbeda yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, dan Buddha, maka perlu adanya penerapan nilai-nilai moderasi beragama melalui interaksi sosial agar mampu meningkatkan sikap toleransi dalam bermasuarakat. Kegiatan ini diwujudkan dengan adanya kegiatan sosialisasi untuk menerapkan nilai-nilai moderasi beragama yang bertujuan untuk meningkatkan softskill peserta. Sosialisasi tersebut diadakan di kantor kecamatan Metro Timur secara berkala selama 4 kali pertemuan. Pelaksanaan sosialisasi tersebut diikuti sekitar 25 warga Masyarakat dari perwakilan tiap-tiap kelurahan di kecamatan Metro Timur. Pelaksanaan sosialisasi menunjukan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang dimulai dari 3 kali penerapan nilai-nilai moderasi beragama dan diakhiri dengan kegiatan evaluasi. Dalam kegiatan terakhir yang berupa evaluasi tim pengabdian membuat skema diskusi dan interview terhadap para peserta dengan jumlah soal sekitar 17 pertanyaan. Peserta mampu menjabarkan penerapan nila-nilai moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat nya. Hal ini mengindikasikan bahwa sosialisasi yang dilakukan sebelum nya mampu diserap dengan baik oleh para peserta. Sebagaimana dibuktikan oleh presentase softskill meningkat sekitar 20%-30% dari masing-masing skill: ketrampilan kognitif, praktis, dan sosial-emosional.
Abstract: Religious moderation learns the importance of respecting differences and establishing dialogue between religious communities without demeaning or feeling superior to other people. This approach encourages inclusivity, mutual understanding and cross-religious cooperation to create a harmonious and peaceful society. In reality, the East Metro sub-district is an area whose population consists of many different religions, namely Islam, Protestantism, Catholicism, Hinduism and Buddhism. For this reason, it is necessary to apply the values of religious moderation through social interaction to be able to increase attitudes of tolerance in society. This activity is realized through socialization activities to implement the values of religious moderation. The socialization was held at the East Metro sub-district office periodically for 4 meetings. The socialization was attended by around 25 community members from representatives of each sub-district in the East Metro sub-district. The implementation of the socialization showed that participants were very enthusiastic in taking part in the activities which started with 3 applications of the values of religious moderation and ended with evaluation activities. In the final activity in the form of evaluation, the service team created a discussion and interview scheme for the participants. Participants are able to explain the application of the values of religious moderation in their social life. This indicates that the socialization carried out previously was well absorbed by the participants. As evidenced by the percentage of soft skills increasing by about 20%-30% from each skill: cognitive, practical, and social-emotional skills.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Anderson, B. (2006). Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism. https://www.versobooks.com/en-gb/products/1126-imagined-communities?srsltid=AfmBOopHdj_hB9zu5L2e5fDTa_5NwkH1laP_UqqhQ4COkTEM3VgZpTis
Anulis, W. Y. (2022). Internalisasi Nilai Moderasi Islam At-Tawasuth wal I’tidal di Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(6), 10402–10413.
Arini Hidayat, A. (2021). Al-Ishlah Perspektif al-Qur’an. Pappasang, 3(2), 15–29. https://doi.org/10.46870/jiat.v3i2.51
Ashoumi, H., Auliya Husna, I., Sa’diyah, C., & Hasbullah, K. A. W. (2023). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dan Implikasinya terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 461–469. https://doi.org/10.30998/SAP.V7I3.15101
Bria, M. I. (2022). Persatuan Dan Kesatuan Dalam Keberagaman Di Masyarakat. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/CH72V
Habibah, S. M., Setyowati, R. R. N., & Fatmawati. (2022). Moderasi Beragama Dalam Upaya Internalisasi Nilai Toleransi Pada Generasi Z. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 2(3), 123–135. https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i1.34
Hendrik, Y. Y. C., Koroh, L. I. D., & Hale, M. (2022). Manajemen Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Keluarga Beda Agama Di Kelurahan Bakunase 2 Kecamatan Kota Raja Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 6(2), 68–86. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v6i2.903
Heriyudanta, M. (2023). Internalisasi Nilai-nilai Islam Moderat dalam Proses Pendidikan Islam di Indonesia. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 203–215. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i2.7250
Jubba, H., Sahide, A., Tohirin, T., Aziz, A. N., & Lawelai, H. (2022). Upaya Meneguhkan Paham Moderasi Di Kalangan Pemuda. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3292. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9590
Kawangung, Y. (2019). Religious moderation discourse in plurality of social harmony in Indonesia. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 160–170. https://doi.org/10.29332/IJSSH.V3N1.277
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing Critical Participatory Action Research. The Action Research Planner, 1–31. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2_1
Kusnawan, A., Nasution, M. S. A., Ritonga, M. H., Heldani, S. U., & Syah, M. F. (2022). Penguatan Moderasi Beragama Pada Masyarakat Desa Multi Agama. Jurnal Fajar, 22(2), 55–68.
Makinuddin, M., Zhamroni, M. F., & Sha’adah, L. M. (2022). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 18(3), 13150.
Mufi, A. M., Elhady, A., & Mursalim, M. (2023). Section Articles Internalization of Religious Moderation Values: Active Tolerance and Social Harmony in Education in Indonesia. El-Tarbawi, 16(1), 1–32. https://doi.org/10.20885/TARBAWI.VOL16.ISS1.ART1
Nisar, M., Agama, M. I.-S. J., & 2022, undefined. (2022). Pemahaman Moderasi Beragama Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Intoleransi Sosial. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.IdM Nisar, M IsmailSOSIOLOGIA: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 2022•download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3447215&val=30045&title=PEMAHAMAN%20MODERASI%20BERAGAMA%20DAN%20SIKAP%20MAHASISWA%20SOSIOLOGI%20AGAMA%20TERHADAP%20INTOLERANSI%20SOSIAL%20IAIN%20PAREPARE
Pajarianto, H., Pribadi, I., & Sari, P. (2022). Tolerance between religions through the role of local wisdom and religious moderation. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 78(4). https://doi.org/10.4102/HTS.V78I4.7043
Prayitno, M. A., & Wathoni, K. (2022). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Proses Pendidikan Di Lingkungan Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 124–130. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1125
Raharja, S., Arif Rifa’i, A., & Wulandari, F. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Tahfidzul Wa Ta’limul Qur’an Masjid Agung Surakarta Menangkal Radikalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(1), 160–172. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i1.748
Saifuddin, L. (2019). MODERASI BERAGAMA. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rjgbEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Moderasi+Beragama&ots=z3KWxZl59K&sig=b15XqI1-scRWR3cl9sBSEO7AAYY&redir_esc=y#v=onepage&q=Moderasi%20Beragama&f=false
Sulistiyowati, Hikmah, N., Fitriah, & Sholeh, M. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama di SD Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Kotawaringin Barat. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 134. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2896
Ulfah, Y. F., Abdulrahman, Syaifudin, F. A., & Khoiriah, R. B. (2022). Pembinaan Masyarakat Dengan Moderasi Beragama Sebagai Materi Dakwah di Kelurahan Danukusuman Surakarta. Manhaj, Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 114–131.
Wibisono, M., Zakaria, T., & Viktorahadi, R. (2022). Persepsi dan Praktik Toleransi Beragama di Kalangan Mahasiswa Muslim dan Non Muslim. https://books.google.co.id/books/about/Persepsi_dan_Praktik_Toleransi_Beragama.html?id=3juMEAAAQBAJ&redir_esc=y
Widodo, B. S., Purba, I. P., & Setiawan, A. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Dan Keberagaman Pada Masyarakat Desa Sambong Dukuh Kabupaten Jombang Sebagai Rintisan Desa Pancasila. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1215–1222. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3019
Yunus, M. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Smp Negeri 1 Amparita Kec. Tellu Limpoekab. Sidrap). Al-Ishlah; Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166–187.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurul Puspita, Septa Aryanika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: