PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI PBL DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Abstrak: Keterampilan literasi sains peserta didik Indonesia masih dinilai rendah. Sebagai guru, pemilihan modul dan model pembelajaran yang tepat dapat menjadi upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara di SMA Negeri 1 Siak, diketahui modul pembelajaran yang digunakan belum inovatif, kontekstual, dan berbasis Augmented Reality. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang modul berbasis Augmented Reality terintegrasi dengan Problem Based Learning (PBL). Metode pengabdian ini yaitu sosialisasi dan praktik perancangan modul oleh guru SMA dengan pendampingan tim pengabdian. Terdapat lima tahap yang dilaksanakan yaitu analisis, persiapan, pelaksanaan, pembimbingan, dan evaluasi. Peserta dalam kegiatan ini yaitu guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Siak yang berjumlah 17 orang. Hasil dari kegiatan didasarkan pada peningkatan hasil pretest dan post-test serta survei kepuasan. Hasil dari kegiatan pengabdian diperoleh bahwa (1) pemahaman guru tentang Augmented Reality meningkat sebesar 58%; dan (2) hasil angket kepuasan mendapatkan nilai 92% dengan kategori sangat baik.
Abstract: The scientific literacy abilities of Indonesian students are still relatively low. As a teacher, choosing the right module and learning model can be an effort to improve students' literacy skills. Based on the results of interviews, it is known that at SMA Negeri 1 Siak, the learning modules used are not yet innovative, contextual, and based on Augmented Reality. This service activity aims to increase teacher competency in designing Augmented Reality-based modules integrated with Problem Based Learning (PBL). This service method is socialization and design of practical modules by teachers with the assistance of the service team. There are five stages carried out, namely Analysis, Preparation, Implementation, Guidance and Evaluation. The participants were 17 subject teachers at SMA Negeri 1 Siak. The results of the activities are based on improvements in pretest and post-test results as well as satisfaction surveys. The results of the service activities showed that (1) teachers' understanding of Augmented Reality increased by 58%; and (2) the results of the satisfaction questionnaire received a score of 92% in the very good category.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Agusta, I. P. G. L. (2022). Augmented Reality Media to Improve Science Literacy. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 300–308.
Aiman, U., & Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Alvionita, D., Murti, A. B., & Fakhrun Gani, A. R. (2021). Studi Literasi : Pelopor Pembelajaran Bermakna Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Topik Lingkungan Di Era Merdeka Belajar. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 73–82. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i2.11510
Aprilinda, Y., Yuli Endra, R., Nur Afandi, F., Ariani, F., Cucus, A., Setya Lusi, D., & Bandar Lampung, U. (2022). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(2), 124–133.
Aryaningrum, K., Kuswidyanarko, A., Nurhasana, P. D., Fakhurdin, A., Pratama, A., Riyanti, H., Selegi, S. F., Anggraini, D., & Kalsum, U. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Melalui Aplikasi Assemblr Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 6(1), 1. https://doi.org/10.19166/jspc.v6i1.4957
Daryanes, F., Dipuja, D. A., & Suzanti, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Teknologi Melalui Penggunaan Aplikasi Kahoot dan Quizizz Bagi Guru pada Proses Evaluasi Pembelajaran Daring. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1–3.
Dinata, R., Syafi, M., & Fakhruddin, Z. (2024). Analisis Profil Literasi Sains Siswa Terhadap Kajian Etnosains Pada Pembuatan Ikan Salai diSMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Journal on Education, 06(04), 20057–20064.
Enjelly, E., & Fadilah, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Jurnal Bioshell, 13(1), 89–98. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2782
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497
Hariawan, A., Hermawan, H., & Waluyo, R. (2020). Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.35970/madani.v2i1.107
Hidayanti, N., Noviati, W., & Supratman. (2022). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf
Isnaeni, N., & Sa’diyah, C. (2024). Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Sains dengan Earth Exploration : E-Modul Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr EDU. Seminar Nasional IPA XIV, 521–530.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07. https://doi.org/10.36706/jc.v11i1.16047
Nugraha, O. B., Frinaldi, A., & Syamsir. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan ke Kurikulum Merdeka Belajar dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 390–404.
Nurcahyo, A., Ishartono, N., Waluyo, M., Sutama, S., & Sari, F. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dengan Software Paint 3D Bagi Guru Matematika Smp. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 154. https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11772
Pathorrahman, P., Putra, C. A., & Fitriyanto, M. N. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Teknologi Informasi Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Scientica Jurnal Ilmiah Sain Dan Teknologi, 2(4), 37–48.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Rofi’i, A., Suhandi Saputra, D., Afriyuni Yonanda, D., & Febriyanto, B. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalamMeningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 344–350. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4754
Toe, N. F., Rungkat, J. A., & Rogahang, M. K. (2023). Development of E-Modules Based On Problem Based Learning Models in Science Learning on Environmental Pollution Materials at SMP Negeri 3 Tondano. Soscied, 6(1).
Utami, F. P., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi. 2(2), 240–250. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2
Wesly, S. A. A. (2023). Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Volume 2 Nomor 1 ( 2023) 74. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11576–11584. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Yulia, N. M., Darul, D., & Putri, L. (2024). Pengembangan Media Intraktif Assemblr EDU Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 410–419.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia : Hassil PISA dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Yusuf, F. (2023). Pelatihan Sitasi untuk Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Menggunakan Mendeley Reference. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 33–38. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1082
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Resma Wahyuni, Firdaus L. N, Suwondo, Arnentis, Riki Apriyandi Putra, Hazirah Febrina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: