OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG PEREKONOMIAN BERBASIS KERAKYATAN

Sudirman Sudirman, Syahril Idris

Abstract


Abstrak: Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi menjadi elemen penting dalam mendorong perekonomian berbasis kerakyatan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Desa Romanglasa yang terdiri dari 1.358 laki-laki dan 1.395 perempuan (total 2.753 orang) melalui penerapan teknologi informasi. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi program yang berkelanjutan, kerangka kegiatan ini, dilibatkan Pengurus BUMDes 7 orang, Perangkat desa 5 Orang dan Masyarakat yang dilibatkan secara langsung 20 orang dengan total mitra dalam kegiatan ini adalah 32 orang. Mitra dalam pengabdian ini adalah Kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola sistem informasi desa atau mendigitalisasi layanan masyarakat. Evaluasi dilakukan melalui survei Pretest 10 soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman awal, Posttest 15 soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman setelah pelatihan. pretest dan postest program untuk mengukur peningkatan soft skill dan hard skill serta dampak ekonomis. Hasil menunjukkan adanya peningkatan soft skill sebesar 85%, hard skill sebesar 70%, dan peningkatan nilai ekonomis sebesar 40% melalui penguasaan teknologi e-commerce dan media sosial untuk pemasaran produk lokal. Program ini terbukti berkontribusi pada keberlanjutan ekonomi desa dan menjadi model pemberdayaan berbasis teknologi.

Abstract: Optimizing the use of information technology is an important element in driving a people-based economy. This service aims to empower the Romanglasa Village community consisting of 1,358 men and 1,395 women (a total of 2,753 people) through the application of information technology. The methods used include socialization, training, application of technology, mentoring, and ongoing program evaluation, the framework of this activity, involving 7 BUMDes Management, 5 Village Apparatus and 20 people directly involved in the community with a total of 32 partners in this activity. Partners in this service are Cooperation with Village-Owned Enterprises (BUMDes) to manage village information systems or digitize public services. Evaluation is carried out through a Pretest survey of 10 multiple choice questions to measure initial understanding, Posttest 15 multiple choice questions to measure understanding after training. Pretest and posttest programs to measure improvements in soft skills and hard skills as well as economic impacts. The results show an increase in soft skills by 85%, hard skills by 70%, and an increase in economic value by 40% through mastery of e-commerce technology and social media for marketing local products. This program has been proven to contribute to the sustainability of the village economy and become a model of technology-based empowerment.


Keywords


Community Empowerment; E-Commerce; Information Technology; People's Economy; Social Media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdurrahman, G. et al. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2) halaman 89. Available at: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981.

Amalia Wahyuni Mustakim and Sudirman Sudirman (2024) ‘Pemberdayaan Komunitas Petani Kopi Dalam Pembangunan Ekonomi Lokal Yang Berkelanjutan Melalui Penerapan Teknologi Informasi’, 8(4) halaman 3580. Available at: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24332.

Arumsari, N.R., Lailyah, N. and Rahayu, T. (2022) ‘Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang’, SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 11(1) halaman 92. Available at: https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610.

Asep Jamaludin (2023) ‘Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, Umkm Masyarakat Lokal Dalam Strategi Pemasaran “Cariumulya Creative’, Jurnal Buana Pengabdian, 5(2) halaman 12. Available at: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v5i2.5779.

Febrianti, E. (2024) ‘Penerapan Pendidikan Kewirausahaan Konsep Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran Produk Umkm Kurmo Salak Di Kapas Bojonegoro’, Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1) halaman 403. Available at: https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1132.

Febriyantoro, M.T. and Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2) halaman 62. Available at: https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

El Ghifari, L.F. and Moh. Supendi (2024) ‘Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe’, Jurnal Niara, 16(3) halaman 505. Available at: https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.15295.

Jihan Marha, O. et al. (2022) ‘Pembangunan Ekonomi Rakyat Berbasis Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Pertahanan Negara Indonesia’, Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2) halaman 4811.

Kamisah, N. et al. (2024) ‘Sosialisasi Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Dan Menengah (UMKM) Dalam Pemanfaatan Teknologi Sebagai Strategi Pemasaran’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1) halaman 18. Available at: https://doi.org/10.56184/jpkmjournal.v3i1.306.

Lubis, A. (2022) ‘Penyuluhan Technopreneur Dalam Mengembangkan Ekonomi Digital’, Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2) halaman 115. Available at: https://doi.org/10.22441/jam.2022.v7.i2.002.

Pramartha, I.M.A., I Putu Gde Chandra Artha Aryasa and Anak Agung Istri Krisna Gangga Dewi (2024) ‘Optimalisasi Pembukuan dan Pemasaran Berbasis Digital Kelompok Industri Kecil Menengah Pengrajin Perak di Desa Batubulan’, International Journal of Community Service Learning, 7(3) halaman 309. Available at: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i3.65047.

Prasetyo, H. (2024) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Inovatif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat Terhadap Pusat Demonstrasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi’, Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 6(1) halaman 104. Available at: https://doi.org/10.54783/jin.v6i1.902.

Puji Isyanto, Yayan Alpian and April Lia Hananto (2024) ‘Peningkatan Pemasaran Digital Dalam Mendukung Kinerja Pemasaran Umkm Pada Komunitas Sahabat UMKM Kabupaten Karawang’, Jurnal Buana Pengabdian, 6(1) halaman 1950. Available at: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i1.6215.

Rohmana, D.W. (2023) ‘Peranan Ekonomi Digital dalam Peningkatan Pertumbuhan UMKM: Peluang Dan Tantangan’, In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Law And Sharia Economic (IPACILSE), 1(1) halaman 43.

Rustianah, R. et al. (2024) ‘Pengembangan Strategi Bisnis UMKM Berbasis Digital untuk Membangun Mental Technopreneur’, Lentera Pengabdian, 2(01) halaman 25. Available at: https://doi.org/10.59422/lp.v1i04.252.

Sudirman Sudirman (2024) ‘Strategi Implementasi Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Pengrajin Sutra Cura’ Labba’’, 8(3) halaman 2959. Available at: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22891.

Syukri, A.U. and Sunrawali, A.N. (2022) ‘Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah’, KINERJA, 19(1) halaman 171. Available at: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207.

Widayati, R. and Nugraheni, A.D. (2022) ‘Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Berdasarkan Ajaran Tamansiswa Menuju Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat DEWANTARA, 5(2) halaman 32. Available at: https://doi.org/10.31317/jpmd.v5i2.823.

Widyananda, C.S., Shamad, Z. and Purdiyanto, J. (2024) ‘Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Peternak Kambing Di Dusun Solot Kabupaten Pamekasan’, Jurnal Terapan Abdimas, 9(1) halaman 93. Available at: https://doi.org/10.25273/jta.v9i1.17938.

Yuangga, K.D. (2023) ‘Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Menyiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6) halaman 4508. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2410.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sudirman, Syahril Idris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: