OPTIMALISASI MANAJEMEN DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Hennie Tuhuteru, Goldy Valendria Nivaan, Dessy Balik, Jelisya Windy Gloria Pirsouw, Lowry Hahijary

Abstract


Abstrak: Sebagai produk lokal, “Sagu Bunga” memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Namun, diperlukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan, kualitas kemasan, serta strategi pemasaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan usaha rintisan yang telah dilakukan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan Mitra dalam bidang manajemen dan pemasaran. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa sosialisasi literasi pengelolaan keuangan dan strategi kemasan, serta pelatihan desain label produk dan pembuatan kemasan standing pouch, serta pelatihan penggunaan e-commerce yang dilakukan melalui tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta keberlanjutan program. Kegiatan ini dilakukan terhadap Kelompok TP-PKK Negeri Oma, Maluku Tengah yang beranggotakan 26 orang. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk kegiatan sosialiasasi sejumlah 15 soal, serta 5 butir formulir checklist untuk masing-masing kegiatan pelatihan. Hasil yang dicapai meununjukkan adanya peningkatan pengetahuan Mitra terhadap pengelolaan keuangan dan strategi kemasan sebesar 85,3%, peningkatan keterampilan untuk pembuatan desain dan kemasan standing pouch sebesar 86%, serta pengelolaan e-commerce sebesar 95%.

Abstract: As a local specialty, 'Sago Bunga' holds significant potential to enhance community welfare. However, improvements are necessary in financial management, packaging quality, and marketing strategies. Therefore, this activity aims to optimize the existing micro-enterprises by enhancing Partners' knowledge and skills in management and marketing. The implementation method of this activity is socialization of financial management literacy and packaging strategies, training in product label design, standing pouch packaging, and the use of e-commerce which is done through the stages of preparation, implementation, evaluation, and program sustainability. This activity was conducted for the 26-member TP-PKK Negeri Oma Group in Central Maluku. The assessment was done through pre-tests and post-tests consisting of 15 questions for the socialization activity, and 5-item checklists for each training activity. The results achieved demonstrated an 85.3% increase in Partners' knowledge of financial management and packaging strategies, a 86% increase in their skills in creating standing pouch designs and packaging, and an 95% improvement in e-commerce management skills.


Keywords


Financial Literacy; Packaging Strategy; Sago Bunga; Webstore.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agriculture, U. S. D. of. (2019). Cassava, Raw (SR Legacy, 169985). U.S. Department Of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169985/nutrients

Balik, D., Tuhuteru, J., & Joseph, C. N. (2020). Implementasi Packaging Strategy Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Kue Tradisional Berbahan Baku Sagu. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.69765/mjppm.v1i1.378

BPS Kabupaten Maluku Tengah. (2023). Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023 Kabupaten Maluku Tengah (BPS Kabupaten Maluku Tengah (ed.); 1 ed., Nomor 1). BPS Kabupaten Maluku Tengah.

Dahrani, D., Saragih, F., & Ritonga, P. (2022). Model Pengelolaan Keuangan Berbasis Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan : Studi pada UMKM di Kota Binjai. Owner, 6(2), 1509–1518. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.778

Falah, M., Fitri, A., Elviani, L., Islam, U., & Utara, S. (2023). Pengaruh Literasi keuangan dan Pengelolaan Keuangan UMKM: Studi Literatur. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(6), 2233–2239. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Kurnyasih, A., & Syahbudi, M. (2022). Pengaruh E-commerce dalam Memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Binjai Tahun 2022. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 291–300. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.1374

Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.1402

Muthya, R., & Nisa, F. (2024). Perpajakan Untuk Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Pada “UMKM Makeup Bandung.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 1–10.

Otoritas Jasa Keuangan, & Badan Pusat Statistik. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2024. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-(SNLIK)-2024/Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024.pdf

Putra, S. Z., Harianto, S. T., & Matondang, Y. C. (2023). Analisis Pengaruh E-Commerce: Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM. Jurnal ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.494

Rambabu, L., & Porika, R. (2020). Packaging strategies: knowledge outlook on consumer buying behaviour. Journal of Industry-University Collaboration, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.1108/jiuc-10-2019-0017

Rusdi, R., Amiani, A., & Murjana, I. M. (2022). Pengaruh Media Sosial, Ecommerce Dan Website Terhadap Kinerja UMKM Pada UMKM Tenun Di Lombok Tengah. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.69503/econetica.v4i2.312

Susan, M. (2020). Financial Literacy and Growth of Micro, Small, and Medium Enterprises in West Java, Indonesia. In W. A. Barnett & B. S. Sergi (Ed.), Advanced Issues in the Economics of Emerging Markets (Vol. 27, hal. 39–48). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1571-038620200000027004

Tuffour, J. K., Amoako, A. A., & Amartey, E. O. (2020). Assessing the Effect of Financial Literacy Among Managers on the Performance of Small-Scale Enterprises. Global Business Review, 23(5), 1200–1217. https://doi.org/10.1177/0972150919899753

Tuhuteru, J., & Pattinama, G. L. L. (2022). Financial Literacy Dan Faktor Demografi Pada Pelaku Usaha Kecil Menengah Di Maluku. Jurnal manajemen dan akuntansi, 28(2), 134–141.

Wijaya, T. W., Muchlis, Z., Azizah, L. M., & Miftah, M. (2022). Pengembangan Pemasaran Produk Lokal Melalui Digital Business Dan Pembaharuan Brand Produk. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1372–1378. https://doi.org/10.18196/ppm.44.661

Yuniastri, R., & Wibisono, A. (2024). Inovasi Kemasan dan Diversifikasi Produk Olahan Ikan Bandeng. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 8–11.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.28753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hennie Tuhuteru, Goldy Valendria Nivaan, Dessy Balik, Jelisya Windy Gloria Pirsouw, Lowry Hahijary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: