UPAYA PENINGKATKAN PEMAHAMAN NORMA DAN NILAI SERTA PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL: ADAT ISTIADAT MELALUI PENYUSUNAN BUKU '300 KAMPUNG ADAT' DI NAGARI PASIA LAWEH
Abstract
Abstrak: Seiring dengan perkembangan zaman, peran pemuda dalam melestarikan adat sangatlah penting agar identitas budaya dapat tetap lestari dan berkelanjutan, sebagaimana tercermin pada upaya masyarakat adat dalam mempertahankan tradisi mereka di tengah modernisasi. Pengabdian masyarakat ini betujuan meningkatkan pemahaman terhadap norma dan nilai serta pelestarian Adat istiadat bagi generasi muda Nagari Pasia Laweh. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Karang Taruna yang merupa wadah pemuda Kenagarian Pasia Laweh untuk mengembangkan diri ikut berperan aktif dalam kegiatan pegabdian ini. Evaluasi pengabdian masyarakat ini dengan menggunakan teknik observasi di mana semua anggota karang taruna yang berjumlah 32 orang berperan aktif, form wawancara terisi lengkap, pendokumentasian berupa photo tempat dan kegiatan budaya setempat, serta waktu pelaksanaannya 3 minggu. Dengan adanya penyusunan dan penerbitan buku “300 Kampung Adat” ini memberikan pengetahuan kepada para pemuda serta warga setempat tentang sejarah dan adat istiadat yang terdapat di Nagari Pasia Laweh.
Abstract: Along with the times, the role of youth in preserving customs is very important so that cultural identity can remain sustainable, as reflected in the efforts of indigenous peoples in maintaining their traditions in the midst of modernization. This community service aims to increase understanding of norms and values as well as the preservation of customs for the young generation of Nagari Pasia Laweh. This method of activity uses a qualitative approach through interview, observation and documentation techniques. Karang Taruna which is a forum for Kenagarian Pasia Laweh youth to develop themselves plays an active role in this service activity. The evaluation of this community service uses observation techniques in which all members of the youth organization totaling 32 people play an active role, the interview form is filled out completely, documentation in the form of photos of local cultural places and activities, and the implementation time is 3 weeks. With the preparation and publication of the book "300 Traditional Villages", it provides knowledge to the youth and local residents about the history and customs found in Nagari Pasia Laweh.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alfiana, H. N., & Najicha, F. U. (2022). Krisis Identitas Nasional sebagai Tantangan Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 45–52. https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i1.y2022.p45-52
Amaliatulwalidain, A. (2019). Demokrasi Lokal Di Sumatera Barat Memahami Pendekatan “Self Governing Community†Pada Sistem Pemerintahan Nagari Modern di Minangkabau. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.36982/jpg.v2i1.705
Amitha Shofiani Devi, Khusnul Hotimah, Ramadhan Sakha A, Achmad Karimullah, & M. Isa Anshori. (2024). Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas. MASMAN : Master Manajemen, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.59603/masman.v2i2.387
Ashari Siregar, D., Dwi Yanti, Dinda Valicia Sipayung, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal. JIIC: JJurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 4142–4151. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2385
Asih, S. A., & Kurniawan, B. (2024). Upaya Pelestarian Tradisi Gredoan Melalui Partisipasi Masyarakat dalam Menjaga Nilai Kebudayaan (Studi Kasus di Desa Macan Putih Kabupaten Banyuwangi). 4(10). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i10.2024.7
Asri, S. (2021). Tinjauan Ekonomi Politik Penyusunan Kebijakan Perencanaan Pembangunan Nagari Koto Rantang. Ensiklopedia, 3(5), 1–23.
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Iswadi, I. (2020). Peran Pemuda dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Nagari Andaleh Baruh Bukik Kabupaten Tanah Datar. (Jurnal at-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa), 2(2), 206–218. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/taghyir/article/view/2492
Kurniawati, N. D., Makhfudli, M., Laili, N. R., Sukartini, T., Wahyuni, E. D., & Yasmara, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Siswa Smu Di Sekolah Menengah Umum Melalui Metode Simulasi Dan Role Play. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 2(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpmk.v2i1.18086
Latifah, N., Ningsih, Y., & Assyahri, W. (2024). Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Nagari di Sumatera Barat. 2(2), 47–54.
Muttaqin, I., Usmanto, & Noviani, D. (2023). Penguatan pendidikan karakter: tantangan dalam mewujudkan generasi emas di era 5.0. As-Shuffah: Journal of Islamic Studies, 11(1), 11–17.
Ni Made Ari Putri Handayani, Putu Wiandha Putri, Ni Made Rai Juniantari, I. K. A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Society 5.0 bagi Generasi Z untum Memajukan Bangsa. Pilar, 2–3.
Novie Panda Citra. (2024). Generasi Multikulturaslisme Di Era Society 5.0. Holistik Analisis Nexus, 1(7), 218–225. https://doi.org/10.62504/nexus789
Nur, S. A., Mahya2, A. F. P., & Santoso3, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), Vol. 01 No, 18–28.
Putra, Putu Guntur Pramana; Kurniansah, Rizal; Budiatiningsih, Mahmudah; Istianingsih, Nanik; Susila, I Made Gede Darma; Suteja, I Wayan; Ariyanto; Yudawisastra, Helin; Darsana, I. M. (2024). Warisan Budaya Sebagai Kekayaan Pariwisata. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1, pp. 1–162). CV. Intelektual Manifes Media. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-
ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Rahmawati, D. R. (2020). Kebudayaan dalam Pendidikan Era Society 5.0. International Waqaf Ilmu Nusantara Library, pdf.
Saddam, Maemunah, & Palahuddin. (2021). Potensi Wisata Kampung Adat Tutubhada Desa Rendu Tutubhada Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(2), 86–94. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Selma Nurul Afifah, S. M. (2017). Kehidupan Masyarakat Adat Kampung Banceuy: Kebertahanan Adat Istiadat Menghadapi Perubahan Sosial-Budaya (Kajian Historis 1965-2008). 6(1), 92–105.
Septiani, R. A. D., & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Perseda, V(2), 130–137. https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708
Sugara, H., & Perdana, T. I. (2021). Nilai Moral Dan Sosial Tradisi Pamali Di Kampung Adat Kuta Sebagai Pendidikan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 1. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2331
Tamrin, I., Tahir, R., Suryadana, M. L., & Sahabudin, A. (2021). Dari Sejarah Menuju Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan: Studi Kasus Kampung Wisata Pancer. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, 152. https://doi.org/10.24843/jumpa.2021.v08.i01.p08
UNP, S. K. (2024). Pedoman KKN Universitas Negeri Padang Periode Juli-Desember 2024. Universitas Negeri Padang.
Wigena, N. R., Dzar Alghifari, M., Rosiana Kamilah, N., Nurhalimah, H., & Gustian Nugraha, R. (2022). Pengaruh Era Society 5.0 Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Yang Menjadi Tantangan Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1982–1986.
Yerison Buchari, V. T. R. (2024). Kecamatan Palupuh Dalam Angka 2024 (M. F. Adek Budiman (ed.)). Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yanti Nopita; Salwa Salsabila; Meiliana Fitria Ningrum; Revi Savitri; Indah Harvijah Putri; Laila Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: