PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA MELALUI SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Abstrak: Pemerintahan digital merupakan konsep baru pelayanan publik yang mengutamakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan kegiatan pengelolaan pemerintahan dan memberikan pelayanan yang cepat, sederhana, dan transparan kepada masyarakat. Hal ini juga berdampak pada tumbuhnya berbagai layanan aplikasi yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yang dapat membantu pemerintah mewujudkan pemerintahan digital tersebut. Perjalanan menuju transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan ini, merupakan tantangan yang besar. Salah satunya adalah kurangnya literasi digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kecakapan penggunaan teknologi digital serta mendorong mitra untuk lebih mengenal dan mengadopsi teknologi digital dalam mengakses pelayanan publik. Metode kegiatan ini berupa sosialisasi yang dilakukan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Mitra dalam kegiatan ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2023 Jurusan Administrasi Publik yang berjumlah 30 orang yang diharapkan mampu mengambil peran dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pre-test dan post-test dimana hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mitra terkait literasi digital dalam mengakses pelayanan publik berbasis digital dari sebelumnya 63.5%menjadi 82.5%.
Abstract: Digital government is a new concept of public service that prioritizes the use of information and communication technology to optimize government management activities and provide fast, simple, and transparent services to the public. This also has an impact on the growth of various application services engaged in technology and information that can help the government realize this digital government. The journey towards an inclusive and sustainable digital transformation is a big challenge. One of them is the lack of digital literacy. This activity aims to improve knowledge, understanding, and skills in using digital technology and encourage partners to be more familiar with and adopt digital technology in accessing public services. The method of this activity is in the form of socialization which is carried out through the stages of preparation, implementation and evaluation. The partners in this activity are 30 students from the 2023 Public Administration Department who are expected to be able to play a role in improving the quality of public services. Evaluation of the activity was carried out through a pre-test and post-test where the results of the activity showed an increase in partner knowledge regarding digital literacy in accessing digital-based public services from the previous 63.5% to 82.5%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ariana, S., Azim, C., & Antoni, D. (2020). Clustering of ICT human resources capacity in the implementation of E-government in expansion area: a case study from pali regency. Cogent Business and Management, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1754103
Arman, A., Ishaka, M., & Haeril, H. (2022). Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan SKPD (Studi Pada Kantor BPPKAD Kabupaten Bima). YUME: Journal of …, 5(3), 245–250. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.547
Bambang, & Jayanti. (2024). Dampak Transformasi Digitalisasi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 9(2), 88–96. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i2.3896
Dinata, K. B. (2021). Analysis of Students’ Digital Literacy Ability. Edukasi: Journal of Education, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.
Dinata, K. B., & Dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Peluang Dengan Pendekatan Disposisi Matematis Berbasis Android. Jurnal Eksponen, 10(1), 1–10.
Farhan, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah di Indonesia. Matra Pembaruan, 7(2), 111–123. https://doi.org/10.21787/mp.7.2.2023.111-123
Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Literasi Digital dalam Pelayanan Publik. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 131–137. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4052
Herawati, E. S. B., Mustofa, Z., Sari, M. N., Mirsa, N. R. P., Widiyan, A. P., & Astuti, Y. (2024). Edukasi Digital Safety Dalam Meningkatkan Kecakapan Bermedia Digital Siswa. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i1.24090
Herlina, Dyna (2021). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Prosiding seminar nasional konstibusi ilmu-ilmu sosial dalam persepatan pembangunan Indonesia bermartabat, 145–157. https://www.researchgate.net/publication/355275159_Membangun_Karakter_Bangsa_melalui_Literasi_Digital
Maharani1, D., Rahmawati2, A., Putri3, V. F. D., & M Rifaldi Fauzy. (2021). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Digital. Kinerja, 18(4), 502–512. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/15457/6143/51137
Mokobombang, W., Syafaruddin, S., Syafaruddin, A. R. A., Khaeriyah, K., & Natsir, N. (2023). Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 4(1), 348–359. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/view/4180%0Ahttps://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/download/4180/2040
Nurlaila, N., Nurhasanah, N., & Bima, S. (2024). Transformasi Digital Pelayanan Publik: Tantangan dan Prospek dalam Implementasi E-Government di Kabupaten Bima Zuriatin Zuriatin STKIP Taman Siswa Bima. Public Service And Governance Journal, 5(2), 21–37.
Rahmadhani, W. A., King, D., Ginting, E. M. B., Fernandes, Sijabat, D., Raviqy, R., & Amin, M. (2022). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Transparansi di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara dan Pemanfaatan Digitalisasi Pada Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1167–1182. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2979
S, D. H. (2014). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. 1(2), 145–157. https://doi.org/Dyna Herlina S
Sutalhis, M., & Novaria, E. (2024). Literasi Digital Dan Pelayanan Publik Yang Baik. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.51878/academia.v4i1.2812
Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942–950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447
Syah, A. F. (2021). Digital Literature in Improving the Quality of Government Public Services. Civil Service, 15(2), 25–34.
Tuhuteru, H., Sumah, J., Etwiory, U. N., & Samusamu, R. (2024). PKM Literasi Digital Dan Implementasi Website. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol. 8, No. 5, 4729-4739 https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.25741
(5), 1–10.
Vaska, S., Massaro, M., Bagarotto, E. M., & Dal Mas, F. (2021). The Digital Transformation of Business Model Innovation: A Structured Literature Review. Frontiers in Psychology, 1-18 11(January). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.539363
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29244
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yunruth H. Marande, Karmila Akib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: